Implementasi Paradigma Pendidikan Vokasional pada Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Gadjah Mada

https://doi.org/10.22146/jkesvo.30325

M. Syairaji(1*), Nur Rokhman(2), Nuryati Nuryati(3)

(1) Program Studi D-3 Rekam Medis Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Program Studi D-3 Rekam Medis Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Program Studi D-3 Rekam Medis Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Pendidikan dan pelatihan vokasional merupakan hal yang penting dalam perkembangan pengetahuan, teknologi dan sosial-ekonomi di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Pada bidang sosial-ekonomi, pendidikan vokasional menyediakan akses untuk peningkatan keahlian serta pintu gerbang menuju dunia kerja. Pendidikan vokasional juga dapat dikatakan sebagai jembatan antara pendidikan umum dengan dunia kerja. Rekam medis sebagai salah satu pendidian vokasional seharusnya memiliki tujuan dan paradigma yang sama dengan pendidikan vokasional.
Tujuan: Membandingkan pelaksanaan pendidikan DIII Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM dengan konsep/paradigma pendidikan vokasional berdasarkan teori dan referensi.
Metode: Metode penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan referensi dari jurnal, UNESCO dan peraturan perundang-undangan.
Hasil: Pelaksanaan pendidikan DIII Rekam Medis telah sesuai dengan paradigma pendidikan vokasional menurut Zarifis, Kotsiki, UNESCO, Permenristek Dikti No.44 tahun 2015 dan No.32 tahun 2016 serta SK Menkes No.377 tahun 2007
Kesimpulan: Secara umum program studi rekam medis UGM telah memiliki kesesuaian dengan tujuan pendidikan vokasional dan sebagai sebuah sistem pendidikan, program studi ini fokus pada mempersiapkan peserta didik menghadapi dunia kerja dengan bekal kompetensi, pengetahuan, sikap yang baik.


Keywords


Vokasional; edukasi; rekam medis UGM

Full Text:

PDF


References

Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi UGM. (2017). Buku Panduan Akademik 2017/2018 Program Studi Diploma Rekam Medis. UGM: Yogyakarta.

Efstratoglou, A., Nikopulou, B., (2011). Vocational Training as Educational Policy and as Policy for Employment and Labor Market. Vocational Education and Training. Cyprus: Open University of Cyprus.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2015). Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2015. Jakarta.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Permenristekdikti No. 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Prodi dan PT. Lembaran Negara RI Tahun 2016. Jakarta.

Kotsikis, V. (2007). Educational Administration and Policy. Athens :Ellin.

Lettmayr, C. F., (2011). The Benefit of Vocational Education and Training. European Centre for the Development of Vocational Training. Luxembourg: Publication Office of the Europian Union.

Pavlova. M., (2009). Technology and Vocational Education for Sustainable Development.: Netherlands: Springer Netherlands.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 1992. Jakarta.

Sofyan, H, Pardjono, Djatmiko, I. W., Sudira, P. (2012). Paradigma Baru Pendidikan Vokasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization, 2001. Revised Recommendation Concerning Technical and Vocational Education and Training. Paris, UNESCO.

Zarifis, G. (2000). Vocational Education and Training Policy Development for Young Adults In The European Union: a Thematic Analysis of the EU Trend of Convergence Towards Integration, Drown From the VET Policies Adopted In Three Member States. Research in Post-Compulsory Education, 5 Sofyan et al, 2012: 91-113.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30325

Article Metrics

Abstract views : 744 | views : 1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats