Kepuasan Perawat Bagian Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Tk.II 04.05.01 Dr. Soedjono Magelang

https://doi.org/10.22146/jkesvo.27571

Ahmad Farizaan(1*), Rawi Miharti(2)

(1) Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Berkas rekam medis dituntut tersedia tepat waktu untuk digunakan oleh dokter dan perawat. Dokter dan perawat berkolaborasi sebagai pembuat informasi kesehatan yang nantinya akan didokumentasikan didalam rekam medis sebagai bukti pelayanan. Berdasarkan observasi, petugas rekam medis dalam memberikan pelayanan rekam medis rawat jalan dinilai belum maksimal, dan terdapat beberapa masalah, seperti proses pelayanan yang lama sehingga mengalami keterlambatan penyediaan rekam medis ke poliklinik.
Tujuan penelitian: mengetahui tingkat kepuasan perawat poliklinik terhadap pelayanan rekam medis rawat jalan Mengetahui gambaran kualitas pelayanan rekam medis rawat jalan. Mengetahui atribut yang perlu diperbaiki terkait pelayanan rekam medis rawat jalan
Metode: Kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional, populasi pada penelitian ini adalah perawat bagian poliklinik, sampel penelitian ini seluruh perawat bagian poliklinik yaitu 45 orang, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index, dan Importance performance analysis.
Hasil: Tingkat kepuasan perawat poliklinik terhadap pelayanan berkas rekam medis rawat jalan adalah 79,02%, dapat diartikan puas. Kualitas Pelayanan rekam medis rawat jalan berdasarkan dimensi reliability memiliki nilai rata-rata 3,09, responsiveness adalah 3,18, assurance adalah 3,13, emphaty adalah 3,22, dan tangible adalah 3,23. Atribut yang perlu diperbaiki terkait pelayanan rekam medis rawat jalan adalah ketepatan waktu, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan.
Kesimpulan: Perawat puas terhadap pelayanan rekam medis rawat jalan. Nilai rata-rata kualitas pelayanan tertinggi pada dimensi tangible, sedangkan nilai rata-rata yang terendah pada dimensi reliability. Atribut yang perlu diperbaiki terkait pelayanan rekam medis rawat jalan adalah ketepatan waktu, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan.


Keywords


Kepuasan Perawat; Pelayanan Rekam Medis; Customer Satisfaction Index; Importance performance analysis

Full Text:

PDF


References

Antikasari. (2006). Waktu Pendistribusian Berkas Rekam Medis Pasien Lama Ke Poliklinik Bedah RS Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta (Tidak dipublikasikan). Tugas Akhir. Yogyakarta: Diploma III Rekam Medis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

Depkes RI. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.269/Menkes/Per/III/2008 tentang Rekam Medis. www.hukor.depkes.go.id. Diakses tanggal 15 Desember 2015.

Fatimah, N. (2015). Analisis Kemampuan Petugas Filing dalam Menyediakan Rekam Medis Rawat Jalan klinik Interna di RST dr. Soedjono Magelang (tidak dipublikasikan). Tugas Akhir. Yogyakarta: Diploma III Rekam Medis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan.Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Tjiptono, F. (2005). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 1. Yogyakarta: Andi.Umar,

Pohandry, A., Sidarto., Winarni. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance performance analysis Serta Service Quality. Jurnal REKAVASI. 1 (1): 21-29.

Susan, E.F. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadapa Kepuasan Pelanggan Air MInum Tahun 2013 (Studi Pada PDAM Sleman) (tidak dipublikasikan). Skripsi. Yogyakarta: S2 Magister Ekonomi Pembangunan, Universitas Gadjah Mada.

Pangastuti, N.Y. (2007). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Yang Meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assuranse, dan Empaty Pada Kepuasan Konsumen (Tidak dipublikasikan). Tesis. Yogyakarta: Program Magister Manajemen, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.27571

Article Metrics

Abstract views : 890 | views : 1445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats