Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Family Folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara

https://doi.org/10.22146/jkesvo.27474

Eka Mardyawati(1*), Akhmadi Akhmadi(2)

(1) Program Studi Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Bagian Ilmu Keperawatan FK Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Ketersediaan berkas secara cepat dan tepat pada saat dibutuhkan akan sangat membantu mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Pelaksanaan pengambilan berkas rekam medis pasien di Puskesmas Bayan Lombok Utara tidak menggunakan tracer mengakibatkan berkas rekam medis sulit ditemukan serta berkas rekam medis disimpan tidak rapi sehingga sering terjadi berkas yang tidak ditemukan (missfile).
Tujuan: Mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penyimpanan rekam medis family folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitataif dan rancangan fenomenologis. Pengambilan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subyek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh petugas rekam medis di Puskesmas Bayan Lombok Utara.
Hasil: Pengambilan dan pengembalian rekam medis tidak menggunakan tracer, lokasi penyimpanan rekam medis tersentralisasi dengan sistem penyimpanan family folder. Belum terdapat prosedut tetap yang mengatur pelaksanaan sistem penyimpanan. Terdapat lima orang petugas penyimpanan rekam medis dan belum pernah mengikuti pelatihan serta bukan termasuk lulusan rekam medis. Map belum terdapat kolom untuk tempat menuliskan tahun kunjungan terakhir pasien melakukan pemeriksaan atau berobat. Map juga mudah sobek dan bentuk map tidak mempermudah petugas dalam pencarian berkas rekam medis. Rak penyimpanan berkas rekam medis di Puskesmas Bayan Lombok Utara berbentuk seperti rak sortir, sehingga dalam hal ini tidak sesuai dengan bentuk rak penyimpanan rekam medis pada umumnya. Hambatan yang ditemukan diantaranya pencarian berkas rekam medis lama, nomor rekam medis ganda, berkas rekam medis tidak ditemukan, dan kurangnya rak penyimpanan.


Keywords


Evaluasi; pelaksanaan; sistem penyimpanan; family folder

Full Text:

PDF


References

Budi, Savitri C. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Budiman. (2011). Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Personal Folder di Puskesmas Lendah II Kabupaten Kulon Progo. Karya Tulis Ilmiah (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Prodi D3 Rekam Medis.

Depkes RI. (1997). Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis Rumah Sakit Indonesia. www.depkes.go.id. pada tanggal 15 Desember 2015.

Depkes RI. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. www.depkes.go.id. pada tanggal 12 April 2016.

Depkes RI. (2009). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 875/Menkes/SK/IX/2009 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Kesehatan di Puskesmas. www.depkes.go.id. pada tanggal 12 Desember 2015.

Huffman, E. K. (1994). Health Information Management. Physician Record. Company.Illinois.

Menkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perekam Medis. www.depkes.go.id. pada tanggal 30 Desember 2015.

Presiden RI. (1996). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan. www.depkes.go.id. pada tanggal 15 Maret 2015.

Rustiyanto, E. dan Rahayu, W.A. (2011). Manajemen Filing Dokumen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Politeknik Kesehatan Permata Indonesia.

Umaera. (2011). Tinjauan Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Kebumen. Karya Tulis Ilmiah (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Prodi D3 Rekam Medis.

WHO. (2006). Medical Record Manual: A Guide for Developing Countries Geneva: WHO. www.wpro.who.int/publications/docs/MedicalRecordManual.pdf. pada tanggal 25 Maret 2016



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.27474

Article Metrics

Abstract views : 11277 | views : 48897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats