SEBARAN TEMPORAL FAKTOR KONDISI KEPITING BAKAU (Scylla serrata) DI PERAIRAN PANTAI MAYANGAN,KABUPATEN SUBANG, JAWA BARAT

https://doi.org/10.22146/jfs.3060

Agus A. Sentosa(1*), Amran R. Syam(2)

(1) Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Ikan
(2) Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Ikan
(*) Corresponding Author

Abstract


Scylla serrata merupakan salah satu jenis kepiting bakau yang dominan tertangkap di perairan Pantai Mayangan, Subang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran temporal kondisi kepiting bakau (S. serrata) di perairan Pantai Mayangan, Subang ditinjau dari hubungan lebar karapas-berat dan faktor kondisinya. Data lebar karapas dan berat kepiting bakau dikumpulkan melalui enumerator sejakJanuari hingga November 2009 dan survei lapang dilakukan pada bulan April, Juni, Agustus dan November 2009 untuk validasi data. Hasil menunjukkan nilai b antara kepiting jantan (2,219 – 2,835) dan betina (1,264-2,352) berbeda nyata (P<0,05). Keduanya memiliki pola pertumbuhan allometrik negatif dengan nilai b kepiting jantan cenderung lebih besar dibandingkan betina. Kisaran nilai K dan Kn kepiting jantan lebih lebar dibandingkan betina sehingga kepiting jantan cenderung lebih gemuk. Sebaran temporal faktor kondisi kepiting bakau diduga terkait dengan siklus reproduksinya. Nilai faktor kondisi meningkat sejak bulan Juni hingga puncaknya pada bulanOktober yang diduga pada saat tersebut merupakan puncak musim pemijahan kepiting bakau di perairan Pantai Mayangan.

Keywords


faktor kondisi, pantai mayangan, Scylla serrata, sebaran temporal

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.3060

Article Metrics

Abstract views : 2586 | views : 9917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats