REKAYASA MIKROORGANISME INISIATOR PERIFITON PADA KOLAM BUDIDAYA IKAN TILAPIA DENGAN PEMBERIAN KONSORSIA MIKROORGANISME UNGGUL

https://doi.org/10.22146/jfs.3045

Ngesti Yuhana(1), Agus Irianto(2*), Hendro Pramono(3)

(1) Program Studi Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Program Studi Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Program Studi Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract


Budidaya dapat memberikan masalah kepada lingkungan karena limbah dari sisa pakan dan kotoran serta bahan kimia yang digunakan dalam prosesnya. Pakan alami telah diterapkan sebagai alternatif untuk mengurangi dampak budidaya dan menjaga keseimbangan ekosistem. Alternatif tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kolam berbasis perifiton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan komposisi mikroalga pada perifiton setelah dilakukan inisiasi menggunakan enam mikroorganisme unggulan, mengetahui bagaimana enam mikroorganisme tersebut mempengaruhi kualitas air, daya hidup enam mikroorganisme inisiator dalam memanipulasi perifiton dan kemampuan antibakteri perifiton terhadap Aeromonas hydrophila dan Streptococcus iniae. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan semua data dianalisis secara deskriptif-komparatif dengan membandingkan kontrol dengan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua spesies ditemukan di kolam perawatan yang tidak ditemukan dalam kontrol kolam, yaitu Fragillaria sp. dan Eunotia sp. Coleochaete sp. juga ditemukan berlimpah dalam kolam perlakuan dengan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kolam kontrol. Hasil pengujian kualitas air menunjukkan kualitas air kolam perlakuan sama baiknya dengan kolam kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian enam mikroorganisme inisiator tidak meningkatkan kualitas air. Keenam mikroorganisme yang direisolasi dari perifiton menunjukkan jumlah koloni yang beragam. Hasil ini menunjukkan bahwa mikroorganisme tersebut dapat bertahan dan bersaing dengan mikroorganisme alami di perifiton. Hasil pengujian ekstrak kasar perifiton menunjukkan adanya aktivitas antibakteri terhadap A. hydrophila dan S. iniae.

Keywords


manipulasi, mikroalga, mikroorganisme, perifiton

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.3045

Article Metrics

Abstract views : 4248 | views : 48669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats