Evaluasi Karakter Kualitatif Cabai Hias Generasi F1 Hasil Persilangan Capsicum annuum × Capsicum frutescens

https://doi.org/10.22146/veg.6425

Adi Cahya Kurniawan, Aziz Purwantoro, dan Panjisakti Basunanda(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa jenis cabai dapat digunakan sebagai tanaman hias. Cabai hias secara morfologis sangat beragam dan dikagumi karena nilai keindahannya. Cabai hias tidak terbatas pada tanaman hias dalam pot. Keanekaragaman pada spesies Capsicum terdapat pada habitus tanaman, bentuk dan ukuran buah serta orientasinya. Keanekaragaman ini merupakan potensi yang sangat besar dalam pengembangan kultivar cabai hias baru. C. frutescens dan C. annuum berpotensi untuk dikembangkan sebagai cabai hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakter kualitatif cabai hias generasi F1 hasil persilangan Capsicum annuum × Capsicum frutescens seperti karakter habitus tanaman, orientasi bunga, warna mahkota bunga, orientasi buah, warna buah muda, dan bentuk buah. Dalam penelitian ini tanaman tetua yang digunakan adalah kultivar rawit lokal dari Karanganyar (A) (C. frutescens), ‘Red Cherry Pepper’ (RCP) (C. annuum), ‘Bolivian Rainbow’ (BR) (C. annuum), dan ‘Fish Pepper’ (FP) (C. annuum). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa persilangan A×RCP, A×BR, A×FP dan resiproknya mempunyai habitus tanaman dan orientasi bunga tegak, bentuk buah segitiga. Persilangan A×BR, A×FP dan resiproknya mempunyai mahkota bunga putih tepi ungu, orientasi buah tegak, warna buah muda ungu, sedangkan hasil persilangan A×RCP dan resiproknya mempunyai mahkota bunga putih, orientasi buah datar, warna buah muda hijau.

Kata kunci : cabai hias, Capsicum annuum, Capsicum frutescens, karakter kualitatif



References

Cayanti, R.E.O. 2006. Pengaruh Media Terhadap Kualitas Cabai Hias (Capsicum sp.) Dalam Pot. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Djarwaningsih, T. 2005. Capsicum spp. (cabai): asal, persebaran dan nilai ekonomi. Biodiversitas 6(4): 292-296

Peterson, P. A. 1959. Linkage Of Fruit Shape And Color Genes In Capsicum. Journal Paper No. J-3457 of the Iowa Agricultural and Home Economics Experiment Station, Ames, Iowa. Project No. 1335.

Stommel, J.R. dan R.J. Griesbach. 2004. Capsicum annuum L. ‘Tangerine Dream’. HortScience 39(2):448-449.

Stommel, J. R. dan R. J. Griesbach. 2005. Capsicum annuum L. ‘Black Pearl’. HortScience 40(5):1571-1573.

Wirasti, C.A. 2013. Pola Pewarisan Karakter Generatif dan Tipe Tumbuh Pada Cabai Hias. Universitas Gadjah Mada. Thesis



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.6425

Article Metrics

Abstract views : 2320 | views : 5895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats