Pengaruh Takaran Pupuk Nitrogen dan Silika terhadap Pertumbuhan Awal (Saccharum officinarum L.) pada Inceptisol

https://doi.org/10.22146/veg.5150

Risva Aprian Harjanti, Tohari, Sri Nuryani Hidayah Utami(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


INTISARI

Percobaan ini dilaksanakan pada bulan April  sampai  Agustus 2013 pada inceptisol di Kebun Percobaan Tridarma, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh takaran pupuk silika dan takaran pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan tebu. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah takaran urea yaitu sebagai sumber unsur nitrogen terdiri dari 0 kg/ha, 150 kg/ha, 300 kg/ha, dan 450 kg/ha. Faktor kedua adalah takaran Si-PlusHS sebagai sumber unsur silika terdiri dari 0 kg/ha, 250 kg/ha, dan 500 kg/ha. Varietas yang digunakan dalam percobaan ini adalah Bululawang yang ditanam pada media inceptisol menggunakan polibag. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, kehijauan daun, diameter batang, jumlah ruas, jumlah anakan, volume akar, panjang akar, berat segar tajuk, berat segar akar, berat segar total, berat kering tajuk, berat kering akar, berat kering total. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara nitrogen dengan silika yang diaplikasikan dan pada takaran 150 kg/ha urea dengan 250 kg/ha Si-PlusHS menunjukkan hasil yang baik pada variabel pertumbuhan tanaman yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, jumlah ruas, panjang akar, volume akar, berat segar tajuk, berat segar akar, berat segar total, berat kering tajuk, berat kering akar, berat kering total.

Kata kunci : silika, tebu, urea




References

Brandy, N. C. 2003. Ilmu Tanah. Penerbit Bhratara Karya Aksara. Jakarta.

Elawad, S. H., L. H. Allen Jr., G. J. Gascho. 1982. Response of sugarcane to silicate source and rate: I. Growth and yield. II. Leaf freckling and nutrition. Agronomy Journal 74 : 481-484.

Epstein, E. 1999. Silicon. Annu Rev. Plat. Physiol Plant. Mol. Biol., 50: 641-664.

Harjowigeno, S. 1993. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akademika Presindo. Jakarta.

Martin, J.P. 1961. The Anatomy of the Sugar Cane Plant. Sugarcane Disease of the World Vol. I. Elsevier Publishing Company. New York.

Risza, S., 1994. Kelapa Sawit, Upaya Peningkatan Produktivitas. Kanisius. Yokyakarta.

Suriatna, S. 1988. Pupuk dan Pemupukan. Mediatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Sutardjo, E. 1999. Budidaya Tanaman Tebu. Bumi Aksara. Jakarta.

Tjokrodirjo, H.S. 1982. Cuplikan penting budidaya tebu di lahan kering. Oxford University Press. Kualalumpur.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.5150

Article Metrics

Abstract views : 7935 | views : 28692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats