Pengaruh Berbagai Konsentrasi Giberelin (GA3) terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium L.) di Dataran Medium

https://doi.org/10.22146/veg.47856

Elsi Kris Dayanti Sembiring(1*), Endang Sulistyaningsih(2), Herni Shintiavira(3)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Balai Penelitian Tanaman Hias, Cipanas, Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanaman krisan merupakan tanaman sub tropis yang apabila dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia membutuhkan lingkungan tumbuh yang tepat. Intensitas yang tinggi, suhu udara yang tinggi serta kelembaban yang rendah tentu dapat menurunkan kualitas hasil bunga krisan. Oleh karena itu pemberian giberelin diharapkan mampu memperbaiki kualias hasil bunga krisan potong seperti diameter bunga. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan konsentrasi Giberelin (GA3) yang lebih efisien untuk pertumbuhan dan kualitas hasil bunga krisan. Penelitian ini dilakukan di desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY tepatnya 485 m dpl (dataran medium) pada bulan September 2018-Januari 2019. Bahan utama yang digunakan yaitu bunga krisan tipe spray varietas Yastayuki yang ditanam pada rumah plastik dan giberelin. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan empat perlakuan konsentrasi giberelin yang terdiri dari 200 ppm, 400 ppm dan 600 ppm serta aquades sebagai kontrol. Perlakuan giberelin diaplikasikan dengan penyemprotan selama tiga kali berturut- turut, pada umur 8, 9 dan 10 minggu setelah tanam. Pemberian giberelin dengan konsentrasi 400 ppm sudah mampu meningkatkan panjang tangkai bunga dan lama kesegaran bunga (vase life), namun tinggi tanaman dan kelas mutu bunga grade AA terlihat signifikan ketika pemberian giberelin konsentrasi 600 ppm. Pada umur panen bunga, perbedaan yang signifikan telah terlihat pada pemberian konsentrasi terendah yaitu 200 ppm, semakin tinggi konsentrasi giberelin yang diberikan maka semakin cepat umur panen bunga yang dihasilkan.


Keywords


dataran medium; giberelin; krisan; pembungaan; yastayuki

Full Text:

Elsi.PDF


References

Abidin, Z. 1990. Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Zat Pengatur Tumbuh. Angkasa, Bandung.

Farida, dan J.S. Hamdani, 2001. Pertumbuhan dan hasil bunga gladiol pada dosis pupuk organik bokashi dan dosis pupuk nitrogen yang berbeda. Jurnal Nionatura 2(1):68-76.

Gardner, F.P., R.B. Pearce, dan R.L. Mitchell. 1991. Physiology of crop plant. Alih bahasa. Susilo, H. 1991. UI Press, Jakarta.

Krishnamoorthy. 1991. Plant Growth Substance. Mc Grow Hill Publishing Company Limited, New Delhi.

Kusumo. 1984. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. Penerbit CV Yasaguna, Jakarta.

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nasihin, Y. dan L. Qodriyah. 2008. Teknik perlakuan periode hari panjang dan pemberian GA3 terhadap produksi bunga potong krisan. Buletin Teknik Pertanian 13 (2).

Priambodo, V., A. Yunus, dan D. Harjoko. 2014. Pengaruh interval pemberian nutrisi dan penambahan giberelin pada pertumbuhan dan pembungaan krisan. J. Agro Res 3(2):1-6.

Salisbury, F. B. and C. W. Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan. ITB Bandung, Bandung.

Santoso, A. 2006. Prospek Agribisnis Berbasis Tanaman Hias Usaha Bunga Sedap Malam dan Anggrek Van Douglas (Tinjauan Khusus Usahatani, Harga dan Permintaan). Vol XXI nil. Uns Press, Surakarta.

Sitanggang, A., Islan, S.I. Saputra. 2015. Pengaruh pemberian pupuk kandang ayam dan zat pengatur tumbuh giberelin terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika (Coffea arabica L.). JOM Faperta 2(1).

Supriyadi. 2006. Pengaruh Konsentrasi dan waktu Aplikasi Giberelin Gibgro 10 Sp terhadap Pertumbuhan, Hasil dan Mutu Fisik Hasil Padi sawah (Oriza sativa L.). Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Warnita, E. Sulistiawati., Muhsanati, Reflin, dan Z. Resti, 2015, Pengaruh Komposisi Media Tanam terhadap Pertumbuhan Tanaman Hias Amarylis, Prosiding pada Seminar Nasional dan Rapat Tahun 2016 Semirata, BKS Barat di Palangkaraya 20-21 Agustus 2016.

Wiraatmaja, I.W., I.N.G. Astawa., dan N.N. Deviantri. 2007. Memperpanjang kesegaran bunga krisan (Dendranthema grandiflora tzvelev.) dengan larutan perendam sukrosa dan asam sitrat. Agritop 26(3):129-135.

Wuryaningsih, S., R. Kartapradja dan M.M. Tiwar, 1995, ‘Pengaruh jumlah batang utama dan giberelin terhadap pertumbuh-an dan hasil mawar kultivar Cherry brandy, J. Hort 5(4):76-81.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.47856

Article Metrics

Abstract views : 1785 | views : 3867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats