Pengaruh Jenis Pupuk Kandang dan Konsentrasi Paklobutrazol terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.)

https://doi.org/10.22146/veg.45908

Mohammad Denis F(1), Sri Muhartini(2*)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kombinasi jenis pupuk kandang dan konsentrasi paklobutrazol yang sesuai untuk pertumbuhan dan hasil kacang tanah sebagai upaya mensubtitusi penggunaan pupuk kimia. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Tridharma, Banguntapan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada pada bulan September-Desember 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari 2 faktor. Jenis pupuk kandang sebagai faktor pertama yang terdiri atas 3 aras yaitu tanpa pemberian pupuk kandang, pemberian pupuk kandang sapi 10 ton/ha, pemberian pupuk kandang ayam 10 ton/ha. Sedangkan konsentrasi paklobutrazol sebagai faktor kedua yang terdiri dari 3 aras yaitu tanpa pemberian paklobutazol (konsentrasi 0 ppm), pemberian konsentrasi paklobutrazol 200 ppm, pemberian konsentrasi paklobutrazol 400 ppm. Data pengamatan yang diperoleh dilakukan pengujian asumsi menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dengan tingkat kepercayaan 95% dan apabila terdapat interaksi antara kedua faktor maka dilakukan uji pengaruh sederhana LSD dengan alfa 5%. Apabila tidak terdapat interaksi antara dosis paklobutrazol dan jenis pupuk kandang maka untuk mengetahui dosis paklobutrazol yang optimal dapat dilakukan pengujian regresi polynomial kuadratik, sedangkan untuk mengetahui jenis pupuk kandang yang sesuai menggunakan LSD Fisher dengan alfa 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya interaksi antara jenis pupuk kandang dan konsentrasi paklobutrazol yang digunakan terhadap variabel jumlah bunga per tanaman, bobot 100 biji dan produktivitas tanaman. Kombinasi antara jenis pupuk kandang  ayam 10 ton/ha dan konsentrasi paklobutrazol 200 ppm memberikan produktivitas tertinggi sebesar 1,37 ton/ha.


Keywords


Kacang tanah; paklobutrazol; pupuk kandang ayam; pupuk kandang sapi; produktivitas

Full Text:

PDF


References

Arinong, A.R., E. Nilawati dan Santosa. 2006. Peningkatan produksi kacang tanah (Arachis hypogaea. L) dengan pemberian jerami padi dan pupuk kandang. Jurnal Agrisistem, 2(2): 70-73.

Direktorat Jendral Tanaman Pangan. 2012. Pengelolaan Produksi Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Tahun 2012. Direktorat Jendral Tanaman Pangan, Jakarta.

Haridi, M. dan R. Zulhidiani. 2009. Komponen hasil dan kandungan k empat kultivar kacang tanah pada empat taraf pemupukan k di lahan ledak. Agroscientiae, 2(16): 99-106.

Kurniawan, R.M., Purnawati, H. dan Wahyu, Y.E.K., 2017. Respon Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) terhadap sistem tanam alur dan pemberian jenis pupuk. Buletin Agrohorti, 5(3): 342-350.

Moningka, E.F., F. Samuel, D. Runtuwutu dan M. Paulus. 2012. Respon pertumbuhan tinggi dan produksi tanaman cengkeh terhadap pemberian paklobutrazol. Eugeina, 18(2).

Sitepu, D.S.B., Ginting, J. dan Mariati. 2014. Respons pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.) terhadap pemberian paklobutrazol dan pupuk kalium. Jurnal Online Agroteknologi, 2(4):1545- 1551.

Sunanjaya dan E. Resnianai. 2013. Pengaruh dosis pupuk kandang sapi dan biourin terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah. Prosiding Seminar Hasil Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, 34-38.

Suprapto, A., Sugito, Y., Sitompul, S.M., and Sudaryono. 2013. Study of growth, yield and radiation energy conversion efficiency on varieties and different plant population of peanut. Procedian Environmental Science, 17: 37-45.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.45908

Article Metrics

Abstract views : 2188 | views : 2136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats