Keragaman Morfologi dan Analisis Kekerabatan Anggrek Phaleonopsis Spesies dan Hybrid

https://doi.org/10.22146/veg.44997

Lita Rahmadani(1), Aziz Purwantoro(2*)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Perakitan varietas baru anggrek dari Phaleonopsis memerlukan tetua dengan sifat tertentu yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Keberhasilan perakitan varietas baru ditentukan oleh hubungan kekerabatan antar anggrek yang digunakan sebagai tetua sehingga diperlukan karakterisasi. Karakterisasi morfologi anggrek hybrid juga diperlukan untuk menentukan dan membedakan penampakan morfologi antar anggrek. Tujuan penelitian yaitu untuk menentukan keragaman morfologi anggrek Phaleonopsis spesies dan hybrid berdasarkan nilai Indeks Shanon dan menentukan hubungan kekerabatan berdasarkan nilai similaritasnya. Penelitian dilakukan di tiga kebun anggrek yang ada di Yogyakarta yaitu Kebun Anggrek Balelawang, Titi Orchids, dan Kebun Anggrek Mas Jogja. Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif yaitu pengamatan langsung di lapangan terhadap lima belas anggrek Phaleonopsis berdasarkan Panduan Karakterisasi Anggrek dari Balai Tanaman Hias. Hasil pengamatan morfologi tanaman dan bentuk bunga anggrek diubah menjadi data biner. Penentuan keragaman diketahui melalui perhitungan Indeks Shanon dan hubungan kekerabatanya diketahui menggunakan software Numerical Taxonomy and Multivariate Analysis System (NTYSYS) Spc 21. Berdasarkan karakter morfologinya menunjukkan nilai Indeks Shanon sebesar 2,70 yang diklasifikasikan dalam keragaman sedang. Hubungan kekerabatan Phaleonopsis spesies dan hybrid membentuk dua kelompok dengan nilai similiaritasnya 0,48.

Keywords


Hybrid, indeks shanon, karakterisasi, phaleonopsis, spesies

Full Text:

PDF


References

Ambarwati, E. 2014. Pengantar Genetika Kuantitatif. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Balithi (Balai Penelitian Tanaman Hias). 2007. Panduan Karakterisasi Tanaman Anggrek. Pusat penelitian dan pengembangan hortikultura, Badan penelitian dan pengembangan pertanian, Jakarta.

Dwiatmini, K., Mattjik, N.A. Aswidinnoor, dan N.L.T. Matius. 2003. Analisis pengelompokan dan hubungan kekerabatan spesies anggrek Phalaenopsis berdasarkan kunci determinasi fenotipik dan marka molekuler RAPD. Jurnal Holtikultura 13: 16-27.

Fachrul, M. F. 2008. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara, Jakarta.

Hardiyanto, E. Mujiarto, dan E.S. Sulasmi. 2007. Kekerabatan genetic beberapa spesies jeruk berdasarkan taksonometri. Journal Hortikultura 17: 203-216.

Hartati, S dan L. Darsana. 2015. Karakterisasi anggrek alam secara morfologi dalam rangka pelestarian plasma nutfah. J. Agron. Indonesia 43: 133 – 139.

Kartikaningrum, S., N. Hermiati, A. Baihaki. 2002. Kekerabatan antar genus anggrek berdasarkan data fenotip. Zuriat 13: 1-10.

Niknejad, A., M.A. Kadir, S.B. Kadzimin, N.A.P. Abdullah, dan K. Sorkheh. 2009. Moleculer characterization and phylogenetic relationship among and within species of Phalaenopsis (Epdendroideae: Orchidaceae) base on RAPD analysis. Afr. J. Biotech 8: 5225-5240.

Pangestu, F., S. A. Aziz, dan D. Sukma. 2014. Karakterisasi Morfologi Anggrek Phalaenopsis. J. Hort. Indonesia 5: 29-35.

Parnata, A. S. 2005. Panduan Budi Daya dan Perawatan Anggrek. Argo Media Pustaka, Jakarta.

Purwantoro, A., E. Ambarwati, dan F. Setyaningsih. 2005. Kekerabatan antar anggrek spesies berdasarkan sifat morfologi tanaman dan bunga. Ilmu Pertanian.12: 1-11.

Syukur, M., S. Sujiprihati, dan R. Yunianti. 2012. Teknik Pemuliaan Tanaman. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tang, C.Y., dan W.H., Chen. 2007. Breeding and Development of New Varieties in Phalaenopsis. In WH Chen and HH Chen. Orchid Biotechnology. World Scientific Pub 1: 1-15



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.44997

Article Metrics

Abstract views : 3457 | views : 4883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats