GDSS Penentuan Lokasi Shelter Baru Transjogja Menggunakan Metode Brown-Gibson dan Borda
Bhakti Susilo(1*), Azhari SN(2)
(1) 
(2) Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan didirikannya armada bus Transjogja adalah untuk mengurai permasalahan kemacetan, polusi dan transportasi umum yang memadai. Untuk memberikan layanan yang terbaik, salah satu hal yang diusahakan adalah menempatkan shelter pada posisi yang tepat. Dinas perhubungan bekerja sama dengan instansi lain dalam pengumpulan aspirasi eksekutif untuk penentuan lokasi shelter baru.
Kombinasi Metode Brown-Gibson dan Borda memungkinkan digunakan untuk pemilihan lokasi secara kelompok. Metode ini digunakan untuk memilih alternatif lokasi berdasarkan ukuran preferensi tertentu (preference measurement) dengan mempertimbangkan faktor obyektif dan faktor subyektifnya. Faktor obyektif berupa efektifitas biaya yaitu jumlah total biaya yang dikeluarkan untuk satu alternatif lokasi. Faktor subyektif berupa pembobotan para pengambil keputusan terhadap kriteria-kriteria yang disyaratkan dalam penentuan lokasi shelter baru. Kriteria tersebut antara lain lahan, posisi, akses ruang, persaingan, transportasi dan keamanan. Dalam penilaian faktor subyektif menggunakan model AHP.
Hasil dari penelitian ini adalah GDSS dengan menggunakan metode Brown-Gibson dan borda terbukti dapat mengakomodasi preferensi dari banyak pembuat keputusan. Dengan keluaran berupa nilai preferensi lokasi dan rangking memudahkan DM menentukan pemilihan lokasi. Lokasi yang paling banyak memiliki rangking tertinggi lebih berpotensi sebagai lokasi shelter baru.
Kata kunci— Lokasi, Brown-Gibson, Borda
Abstract
The purpose of establishment of the Transjogja bus fleet is to solve the problems of congestion, pollution and adequate public transport. To provide the best service, one thing is to place the shelter afforded in the right position. Department of Communication, cooperate with other agencies in the collection of executive aspirations, for the determination of the location of the new shelter.
The combinations of Brown-Gibson and Borda methods, possible used for site selection as a group. This method is used to select an alternative location based on the size of a particular preference (preference measurement) taking into account the objective factors and subjective factors. Objective factor in the form of cost effectiveness is the total amount of expenses incurred for an alternative location. Subjective weighting factor of the decision makers of the criteria required in determining the location of the new shelter. These criteria include land, position, and access to space, competition, transportation and security. In the assessment of subjective factors is using the AHP model.
The result of this study is to GDSS using the Brown-Gibson method and Borda shown to accommodate the preferences of many decision makers. With the output of the value location preference and rankings, it facilitated DM to determine new location. Location that has the highest ranking is more potent as a location for a new shelter.
Keywords— Location, Brown-Gibson, Borda
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Brown, P. A., and Gibson D. F., (1972). A Quantified Model for Facility Site Selection-Application to a Multiplant Location Problem, IIE Transanctions, Vol. 4
[2] Miarsa,SC.,2007, Penentuan Lokasi Pabrik Kertas Paperline dengan menggunakan Metode Brown Gibson,Tesis, Program Magister Teknik Elektro, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
[3] Tarida,E.,2007, Penentuan Lokasi Cabang Baru berdasarkan Metode Brown Gibson(Studi Kasus: Lembaga Bahasa Inggris ILP,Jakarta),Tesis,Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
[4] Wahyuni,2003, Analisa Pemilihan Lokasi Garasi Bus dengan Metode Brown Gibson pada Perusahaan Jasa Angkutan PO. Akas Jawa Timur,Tesis, Magister Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
[5] Ismawati, N.,2010, Sistem pendukung keputusan pemilihan lokasi menggunakan methode Brown Gibson (Studi Kasus: Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri, Jakarta).Tesis. Program Magister Ilmu Komputer, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
[6] Mekuria, M., C.,2009, Bus stop spacing optimization on a realistic street network, Desertasi,Irish northeastern University, Boston, Massachusetts.
DOI: https://doi.org/10.22146/ijccs.2153
Article Metrics
Abstract views : 5558 | views : 4821Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 IJCCS - Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats1