Penerapan Algoritma Genetika Untuk Menyelesaikan Permasalahan Penjadwalan Perawat Dengan Fuzzy Fitness Function

https://doi.org/10.22146/ijccs.2148

Desak Made Dwi Utami Putra(1*), Subanar Subanar(2)

(1) Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Badung-Bali-Indonesia, telp: (0361)701954
(2) FMIPA UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penjadwalan perawat merupakan suatu permasalahan yang sangat kompleks dan memerlukan banyak waktu dalam proses pembuatannya. Terdapat dua bentuk batasan yang harus dipenuhi dalam penjadwalan perawat yaitu batasan keras (hard constraint) dan batasan lunak (soft constraint), oleh karena itu permasalahan penjadwalan perawat sangat sulit untuk dikerjakan dengan cara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan algoritma genetika dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan perawat yang dapat memkuenuhi seluruh batasan keras dan meminimalkan pelanggaran terhadap batasan lunak yang telah ditentukan sehingga penjadwalan yang dihasilkan tidak hanya dapat memenuhi aturan yang ditetapkan saja namun juga dapat memenuhi preferensi dari masing-masing perawat terhadap jadwal yang dihasilkan.

Algoritma genetika digunakan dalam penelitian ini untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan perawat pada RS. BaliMed Denpasar. Dimana kromosom yang dihasilkan merupakan representasi solusi dari penjadwalan perawat yang berupa jadwal mingguan dari masing-masing perawat.Himpunan fuzzy dalam penjadwalan perawat ini digunakan untuk menentukan nilai fitness dari kromosom yang dihasilkan.Sebuah nilai fungsi keanggotaan yang tinggi menggambarkan tingkat keidealan yang lebih tinggi dari solusi yang dihasilkan.

 

Kata Kuncipenjadwalan perawat, algoritma genetika, fuzzy fitness function.

 

Abstract

Nurse scheduling is one of the problems that need more attentions to handle.  This scheduling problem is complex with some constraints involved.  There are two general constraints in the problem named, the hard constraints and the soft constraint.  This research goal is to study the application of genetic algorithm for solving the nurse scheduling problem.  However, this solving problem should satisfy all the hard constraints, and minimize the violation of the soft constraints. The good scheduling is not only satisfies the hard constraints defined, but also the preferences of each nurse.

The genetic algorithm used in this research solved the nurse scheduling problem faced at BaliMed Hospital, Denpasar.  The chromosome is the representation of the weekly scheduling of each nurse.  This scheduling utilized fuzzy set to determine the fitness values of the chromosome.  High member value represents high ideal level of solution.

The result of this research is that the lower penalty value achieved from a solution, the more ideal scheduling got according to the membership degree in fuzzy set.  Hopefully, this scheduling method can be an alternative solution for arranging a nurse scheduling.

 

Keywordnurse scheduling, genetic algorithms, fuzzy fitness function.

Keywords


nurse scheduling; genetic algorithms; fuzzy fitness function

Full Text:

PDF


References

[1] Sivanandam, S.N.,Depaa, S.N.(2008), Introduction to Genetic Algorithms, Springer.

[2] Klir,G.J, Yuan,B., 1994 Fuzzy Sets and Fuzzy Logic Theory and Aplications, Prentice-Hall International,Inc.

[3] Brno, 2008, Nurse Rostering, Thesis, Masaryk University, Faculty of Informatics.

[4] Allard, D.M, 2007, A Multi-objective Genetic Algorithm To Solve Single Machine Scheduling Problems Using A Fuzzy Fitness Function, Thesis, College of Engineering and Technology of Ohio University.

[5] Wartana,I.M, Mustikawati,M, 2006, Optimasi Penempatan Kapasitor Pada Saluran Distribusi 20 kV Dengan Menggunakan Metode Kombinasi Fuzzy dan Algoritma Genetika, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (2006), Yogyakarta, 17 Juni 2006, ISSN: 1907 – 5022.

[6] Arifudin, 2010, Penjadwalan Proyek dengan Pemerataan Sumber Daya Menggunakan Algoritma Genetika, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijccs.2148

Article Metrics

Abstract views : 5717 | views : 4314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 IJCCS - Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of :
IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems)
ISSN 1978-1520 (print); ISSN 2460-7258 (online)
is a scientific journal the results of Computing
and Cybernetics Systems
A publication of IndoCEISS.
Gedung S1 Ruang 416 FMIPA UGM, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Fax: +62274 555133
email:ijccs.mipa@ugm.ac.id | http://jurnal.ugm.ac.id/ijccs



View My Stats1
View My Stats2