Aplikasi Mobile WEB Map Service Pada Mobile Device Dengan SVGT

https://doi.org/10.22146/ijccs.2001

Sigit Priyanta(1*), Ghulam Imanuddin(2), Suci Karunia Prilistya(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract— Teknologi informasi geografi berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini. Sekarang ini, WMS (Web Map Services) tidak hanya dapat menghasilkan gambar raster tetapi juga gambar vektor. Contohnya adalah SVGT (Scalable Vector Graphics Tiny) yang merupakan bagian dari SVG (Scalable Vector Graphics) yang digunakan pada piranti mobile device. Mahalnya biaya komunikasi antara handheld device dengan jaringan internet melalui GPRS (Global Pocket Radio System) menimbulkan sebuah masalah dalam penerapan aplikasi mobile mapping. Untuk mengeliminasi masalah tersebut, harus dibuat sebuah aplikasi mobile mapping yang dapat mentransfer data sekecil mungkin.

Didalam penelitian ini, dicoba untuk dibuat sebuah server pemetaan yang memanfaatkan teknologi SVGT dan XML. Kedua format data tersebut digunakan untuk menghasilkan data sekecil mungkin agar dapat menghemat biaya komunikasi antara klien dan server. Pada akhirnya, aplikasi yang dibangun akan menjadi sebuah server yang memiliki klien berupa handheld / mobile device.

Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan memanfaatkan database PostgreSQL beserta ekstensi PostGIS-nya pada sisi server dan J2ME (Java 2 Micro Edition) pada sisi mobile client. Aplikasi yang telah dibangun mampu untuk menampung peta jalan dari sebuah daerah, menampilkannya dalam format SVGT kepada klien, serta mencari rute terpendek antara dua buah jalan dengan menggunakan algoritma Floyd-Warshall. Mobile device sebagai client mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu download map dengan format SVGT dari server, menyimpan map ke dalam record store, menampilkan map dan juga melakukan fungsi pan dan zoom terhadap map. Fungsi lainnya adalah searching atau mencari  titik tertentu pada map sesuai dengan permintaan user, request path ke server untuk mendapatkan jalur terpendek antara dua titik, dan set mark atau menyimpan titik-titik pada peta yang telah diberi tanda oleh user.

Keywords SVG, SVGT, Mobile Mapping, Web Map Services, J2ME, Java 2 Micro Editon.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/ijccs.2001

Article Metrics

Abstract views : 1178 | views : 1263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 IJCCS - Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of :
IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems)
ISSN 1978-1520 (print); ISSN 2460-7258 (online)
is a scientific journal the results of Computing
and Cybernetics Systems
A publication of IndoCEISS.
Gedung S1 Ruang 416 FMIPA UGM, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Fax: +62274 555133
email:ijccs.mipa@ugm.ac.id | http://jurnal.ugm.ac.id/ijccs



View My Stats1
View My Stats2