[PHSS] MENINGKATKAN PROMOSI KESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS

https://doi.org/10.22146/bkm.45195

Putri Raisah(1*)

(1) Universitas Gadja Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Purpose : adanya perubahan perilaku dari masyarakat kearah perilaku sehat sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Isi : Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk itu peranan puskesmas hendaknya tidak lagi menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabilitatif saja tetapi juga lebih ditingkatkan pada upaya promotif dan preventif. Oleh karena itu promosi kesehatan gigi menjadi salah satu upaya wajib di puskesmas. Salah satu promosi kesehatan gigi di puskesmas adalah menyelenggarakan penyuluhan. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut adalah usaha terencana dan terarah untuk menciptakan suasana agar seseorang atau kelompok masyarakat mau mengubah perilaku lama yang kurang menguntungkan untuk kesehatan gigi, menjadi lebih menguntungkan untuk kesehatan giginya. 

Lesson Learned : Hasil yang diharapkan dari penyuluhan kesehatan gigi dalam jangka pendek adalah tercapainya perubahan pengetahuan dari masyarakat. Dalam tujuan jangka menengah, hasil yang diharapkan adalah adanya peningkatan pengertian, sikap, dan keterampilan yang akan mengubah perilaku masyarakat kearah perilaku sehat. Tujuan jangka panjang adalah masyarakat dapat menjalankan perilaku sehat dalm kehidupan sehari-harinya.


Keywords


promosi kesehatan; tenaga kesehatan; puskesmas

Full Text:

Untitled


References

Bantul, Dinas Kesehatan Pemkab. “PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS.” Dinas Kesehatan News, dinkes.bantulkab.go.id/berita/304-promosi-kesehatan-di-puskesmas.


Pengertian Dan Tujuan Penyuluhan Kesehatan Gigi.” Education Articles, prasko17.blogspot.com/2011/08/pengertian-dan-tujuan-penyuluhan.html.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45195

Article Metrics

Abstract views : 54 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter