Pojok konseling remaja di puskesmas sebagai sarana penyuluhan aktif dan promosi kesehatan

https://doi.org/10.22146/bkm.45156

Rini Setiawaty(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi dari anak ke dewasa. Pada usia ini remaja sering menghadapi masalah yang kompleks yang sulit untuk ditanggulangi sendiri. Pemerintah memiliki program yang disebut Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang berbasis di sekolah. Pelaksanaan program PKPR belum optimal dikarenakan beberapa keterbatasan, diantaranya adalah  penyuluhan hanya dilakukan di sekolah, dengan frekuensi hanya beberapa kali setahun, penyuluhan bersifat himbauan saja,dan terbatas bagi remaja yang bersekolah. Di beberapa daerah yang telah memberikan layanan konseling kesehatan remaja cukup memberikan hasil yang baik dibandingkan dengan sekedar layanan penyuluhan di sekolah, misalnya kegiatan konseling disisipkan pada kegiatan karang taruna, namun metode ini memerlukan pengembangan, olehnya itu pojok konseling  remaja pada puskesmas merupakan pengembangan dari metode konseling remaja sebelumnya, dimana pojok konseling pada puskesmas ini sistem konselingnya bersifat interaktif  dan  dilayani oleh tenaga kesehatan yang ada di puskesmas yang bila memungkinkan perekrutan tenaga konselor yang telah mendapat pelatihan dan memiliki modul konseling yang terstandarisasi. Pojok konseling ini menjangkau remaja yang di sekolah maupun  di luar sekolah. Puskesmas bekerjasama dengan pihak kelurahan dalam sosialisasi program ini. Fokus  konsultasi yang dilakukan adalah bahaya merokok terhadap kesehatan, pengetahuan tentang organ reproduksi dan dampak seks bebas dalam kehidupan remaja. Pojok konseling remaja tidak hanya memberikan penyuluhan tetapi juga aktif mengikuti perkembangan dan memberikan pendampingan pada remaja yang telah menggunakan layanan tersebut dan diikuti dengan evaluasi sehingga program ini tidak sebatas menyuluh dan memberi konseling namun diharapkan mampu memberikan perubahan sikap dan cara pandang remaja terhadap masalah kesehatan mereka


Keywords


remaja; kesehatan; konseling



References

  1. Afrianti,N., Mudatsir, Tahlil,T., (2017) Analisis implementasi program pelayanan kesehatan peduli remaja, Jurnal ilmu keperawatan 5:2.
  2. Sarweni,K., Hargono,R., (2017) Demand vs supply program kesehatan remaja di puskesmas tanah kalikedinding Surabaya, Jurnal Promkes Vol.5 (1).
  3. Situmorang, A., (2011), Pelayanan kesehatan reproduksi remaja di puskesmas:isu dan tantangan, Jurnal kependudukan Indosnesia Vol.VI(2)



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45156

Article Metrics

Abstract views : 73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter