Respon kebijakan kehamilan tidak diinginkan pada remaja: refleksi dari Malaysia

https://doi.org/10.22146/bkm.45082

Rizka Aziza Darwis(1*)

(1) Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Menggugah peran LSM perempuan Islam di Indonesia untuk menjawab isu Kehamilan Tidak Diinginkan pada Remaja. Isi: Pillsbury and Mayer (2005) mengungkapkan keberhasilan LSM perempuan dalam memberikan akses kesehatan dan hak atas informasi pada wanita dan remaja di Zimbabwe dan Uganda. LSM perempuan memiliki keunggulan yaitu  kredibilitas dan akar rumput yang kuat di komunitas. Di Indonesia, LSM perempuan Islam berperan penting dalam isu kesehatan reproduksi. Dukungan muslimat NU dan ‘Aisyiyah Muhammadiyah terhadap pelaksanaan program KB di Indonesia merupakan salah satu contohnya. Namun hingga saat ini LSM Islam dan institusinya belum memberikan perubahan signifikan dalam masalah kehamilan remaja. Malaysia membuka sekolah untuk  remaja hamil bernama “Sekolah Harapan Rumah Harapan (SHRH)”  yang terletak di Jasin, Melaka. Sekolah ini merupakan inisiatif Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Mohd Ali Rustam, dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kehamilan remaja dan pembuangan bayi di Malaysia. Sekolah Harapan berada di bawah naungan Jabatan Agama Islam Melaka (JAIM), dibina dan dibiayai sepenuhnya oleh Kerajaan Negeri Melaka.  SHRH yang mengusung “konsep taubat” sebagai platform-nya menerima remaja hamil akibat seks pranikah serta korban kekerasaan seksual seperti perkosaan dan incest.  Kurikulum pendidikan mengikuti silabus pelajaran sekolah formal ditambah dengan keterampilan menjahit, mengurus diri dan keluarga. Sejak didirikan hingga November 2015 terdapat 261 bayi yang telah dilahirkan di sekolah ini. Sebanyak 232 bayi diserahkan kembali kepada pihak keluarga, 28 bayi diadopsi dan 1 orang bayi meninggal dunia.Kehadiran SHRH telah menyelamatkan bayi-bayi yang tidak berdosa serta menyelamatkan masa depan ibu lewat pendidikan. Lesson learned: Berkaca dari apa yang telah dilakukan di Malaysia, LSM Perempuan Islam seperti ‘Aisyiyah Muhammadiyah, Muslimat NU, Wanita Al Irsyad, Salimah PKS, dll, sepatutnya mampu melakukan aksi serupa untuk menyelamatkan masa depan remaja yang mengalami kehamilan tidak diinginkan.


Keywords


sekolah harapan melaka; kehamilan remaja; LSM perempuan Islam



References

  1. Arnez M. Empowering Women Through Islam: Fatayat NU Between Tradition and Change. Journal of Islamic Studies. 2009;21(1):59–88.
  2. Lentz B. Book review: Global governance and NGO participation: Shaping the information society in the United Nations. Global Media and Communication. 2014;10(2):223–5.
  3. Mstar. 261 Bayi Dilahirkan Di Sekolah Harapan Melaka Sejak 2010 - Semasa [Internet]. mStar. 2015. Available from: https://www.mstar.com.my/lokal/semasa/2015/11/19/261-bayi-sekolah-harapan-melaka NU Online. Ikhtiar Muslimat NU untuk Perempuan dari Masa ke Masa [Internet].
  4. NU Online. Available from: http://www.nu.or.id/post/read/58512/ikhtiar-muslimat-nu-untuk-perempuan-dari-masa-ke-masa Program Unggulan Dan Pemberdayaan Berbasis Komunitas | 'Aisyiyah [Internet]. http://www.aisyiyah.or.id. Available from: http://www.aisyiyah.or.id/id/page/program-kerja.html.
  5. Pillsbury B, Mayer D. Women Connect!Strengthening Communications to Meet Sexual and Reproductive Health Challenges. Journal of Health Communication. 2005;10(4):361–71.
  6. Ramli, M. A. & Rasyidah, N. (2017) Penubuhan Sekolah Harapan Rumah Harapan di Melaka: Penilaian dari Perspektif Islam AL-BASIRAH.
  7. Suharto T. Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman. 2015;9(1):81.
  8. Suhendra A. Rekonstruksi Peran Dan Hak Perempuan Dalam Organisasi Masyarakat Islam. Musãwa Jurnal Studi Gender dan Islam. 2012;11(1):47.
  9. TITLE [Internet]. Hidayatullah.com. -1. Available from: https://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2010/09/19/44839/malaysia-buka-sekolah-remaja-hamil.html



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45082

Article Metrics

Abstract views : 1703 | views : 1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter