Rancang bangun sistem pengajuan ethical clearance pada komisi etik penelitian

https://doi.org/10.22146/bkm.44340

Theresia Puspitawati(1*), Hamzah Hamzah(2)

(1) Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Ygyakarta
(2) Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Respati Ygyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Setiap penelitian yang melibatkan manusia diwajibkan telah memperoleh ethical clearance. Ethical clearance ini diperlukan untuk memastikan bahwa penelitian telah memenuhi prinsip menghormati harkat dan martabat manusia (respect for person), prinsip berbuat baik yang bermanfaat (benefience) dan tidak merugikan (nonmalbenefience) serta prinsip keadilan (justice). UU Kesehatan No 36 Tahun 2009 Bab  V Pasal 44 menyebutkan bahwa uji coba harus bersifat tidak merugikan dan seizin yang diuji coba. Pasal ini juga menggarisbawahi pentingnya menjaga kelestarian bila penelitian melibatkan hewan. Penelitian juga bukan hanya menyangkut metodologi, namun juga harus mempertimbangkan aspek norma. Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FIKES UNRIYO telah berkembang pesat. Untuk itu perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk meningkatkan pelayanan, maka perlu direncanakan sebuah sistem yang terintegrasi dan mudah diakses. Tujuan: merancang bangun sistem informasi pengajuan ethical clearance dengan pemanfaatan teknologi informasi khususnya teknologi internet dalam proses pengusulan sampai dengan rekomendasi ethical clearance oleh peneliti mahasiswa dan dosen yang dapat dilakukan secara online. Metode: rancang bangun sistem informasi usulan ethical clearance menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode waterfall dalam proses pengembangan sistem dengan tahapan identifikasi awal (mengidentifikasi permasalahan pada proses bisnis), analisa (melakukan analisa kebutuhan dan kelayakan sistem yang akan dikembangkan), perancangan (melakukan rancangan arsitektur sistem, model proses, model data dan antarmuka sistem), coding (melakukan pembuatan aplikasi ) dan implementasi (menerapkan aplikasi dan melakukan uji coba fungsional sistem). Hasil: Hasil penelitian berupa sistem informasi berbasis web yang dapat diakses secara online oleh peneliti (dosen dan mahasiswa) untuk melakukan proses layanan pengusulan sampai dengan rekomendasi ethical clearance dengan media online (paperless). Simpulan: Hasil dari rancang bangun sistem dapat memudahkan para peneliti dalam proses usulan sampai mendapatkan rekomendasi dapat dilakukan dan dilayani secara online dan bagi reviewer dapat melakukan waktu penilaian penelitian tanpa kedala dalam keterbatasan waktu kerja.


Keywords


rancang bangun; sistem; ethical clearance



References

  1. Anonim. (2018). Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Pada MAsyarakat. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPPM) Universitas Respati Yogyakarta.
  2. Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: Andi.
  3. Fathansyah. (2012). Sistem Basis Data. Bandung: Informatika.
  4. Hananto Ardi Nugroho. (2013, Mei). Sistem Penilaian Proposal Penelitian Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto Berbasis Web Service dengan Android. JUITA, Vol. II No. 3, 206-2015.
  5. Kadir, A. (2008). Dasar Perancangan & Implementasi Database Relational. Yogyakarta: Andi.
  6. Komisi Etik Penelitian Universitas Respati Yogyakarta. (2018). Alur proses pengajuan ethical clearance.
  7. Komisi Etik Penelitian Kesehatan (2013). Buku Ajar Penelitian Etik Kesehatan. Cetakan Kedua. Universitas Brawijaya Press.
  8. Tohari, H. (2013). Astah Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Andi.
  9. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tentang Kesehatan.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.44340

Article Metrics

Abstract views : 28330 | views : 10461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter