Gambaran sikap atlet mengenai gizi seimbang dan pemenuhan kebutuhan cairan

https://doi.org/10.22146/bkm.39879

Siska Puspita Sari(1*), Yuni Afriani(2), Desty Ervira Puspaningtyas(3), Nurul Mukarromah(4)

(1) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta
(4) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Edukasi mengenai pentingnya pemenuhan kebutuhan cairan atlet diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan atlet mengenai jumlah, jenis, dan waktu penting pemenuhan kebutuhan cairan. Selain itu, edukasi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran atlet akan pentingnya mengganti cairan yang hilang selama proses latihan dan atau bertanding sehingga berperan sebagai langkah awal perubahan perilaku konsumsi cairan pada atlet. Isi: Atlet merupakan olahragawan yang terlatih kekuatan, ketangkasan dan kecepatan untuk diikursertakan dalam pertandingan. Oleh karenanya diperlukan pengetahuan yang baik mengenai gizi seimbang untuk atlet. Untuk menghasilkan pemain sepak bola yang handal, tidak hanya dibutuhkan strategi dan taktik namun juga stamina dan status gizi yang baik. Penerapan gizi seimbang disertai dengan pemenuhan kebutuhan cairan pada atlet berperan dalam mendukung pencapaian performa atlet. Akan tetapi, tidak semua atlet memahami pentingnya gizi seimbang dan pemenuhan kebutuhan cairan dalam peningkatan performa atlet. Edukasi gizi merupakan upaya yang dapat meningkatkan pengetahuan atlet mengenai pentingnya gizi seimbang dan pemenuhan kebutuhan cairan. Dengan pengetahuan yang baik mengenai gizi seimbang dan pemenuhan cairan, sikap atlet terhadap pemilihan menu makanan menjadi baik. Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah edukasi gizi mengenai gizi seimbang dan pemenuhan kebutuhan cairan atlet. Pengabdian masyarakat dilakukan kepada 21 atlet sepak bola di Sekolah Sepak Bola (SSB) Real Madrid pada tanggal 08 Mei 2018 di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta. Secara keseluruhan, atlet sepakbola SSB Real Madrid mempunyai sikap yang baik terhadap pemilihan menu sehari berdasarkan gizi seimbang. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini dikarenakan kemungkinan siswa yang berbeda di setiap tahunnya. Selain edukasi kepada siswa, kegiatan pengabdian ini diharapkan dilakukan tidak hanya kepada siswa SSB Real Madrid, melainkan kepada orang tua siswa dan juga pelatih atlet sepak bola di SSB tersebut.


Keywords


edukasi gizi; gizi seimbang; kebutuhan cairan; sikap; sepak bola



References

  1. Bukhori, I, 2010, Psikologi dan Status Gizi Atlet Sepakbola, Surabaya.
  2. Brown, JE, et al, 2005, Nutrition Through the Lif Cycle (2nd ed), Wadsworth USA.
  3. Hidayanti, H, 2003, Studi Pola Konsumsi dan Status Gizi Atlet DayungPusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Kendari Sulawesi Tenggara, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makasar.
  4. Husaini, 2000, Kebutuhan Protein Untuk Berprestasi Optimal, Puslitbang Gizi Departemen Kesehatan Bogor, Jawa Barat.
  5. Irawan, MA, 2008, nutrisi, Energi & Performa Olahraga. Jurnal Vol 01.
  6. Irianto DP. (2007). Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta: PT Andi Offset.
  7. Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Gizi Olahraga Prestasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  8. Kurniasih, 2010. Sehat&Bugar Gizi Seimbang. Jakarta: PT Gramedia.
  9. Notoatmodjo, 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta.
  10. Okezone, (2018). Kapan Prestasi Terbaik Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16? Diakses dari https://bola.okezone.com pada tanggal 17 November 2018 Pukul 08.20 WIB.
  11. Pikiran-rakyat, (2018). Catat Sejarah, Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16. Diakses dari http://www.pikiran-rakyat.com pada tanggal 17 November 2018 Pukul 08.15 WIB.
  12. Tim Penulis PDSKO, 2014. Buku Petunjuk Pemenuhan Kebutuhan Cairan dalam Latihan Fisik. Jakarta: PDSKO (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga).
  13. Williams, J.M. (1993). Applied Sport Psychology Personal Growth to Peak Performance. California: Mayfield Publishing Company.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.39879

Article Metrics

Abstract views : 4357 | views : 3102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter