Permasalahan Klasik Surveilans Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi: Evaluasi di Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

https://doi.org/10.22146/bkm.37610

cahyadin cahyadin(1*)

(1) Student at Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang. Surveilans merupakan salah satu ujung tombak dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Dalam pelaksanaannya, surveilans penyakit masih memiliki permasalahan pada beberapa persoalan klasik tertentu. Penelitian ini merupakan studi evaluatif terhadap pelaksanaan surveilans penyakit di Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Metode. Evaluasi dilakukan pada surveilans PD3I. Data dikumpulkan pada 26 petugas surveilans puskesmas dan satu orang petugas surveilans Dinas Kesehatan Blora menggunakan kuesioner terstruktur dan lembar observasi. Evaluasi dilakukan pada bulan November 2016 sampai Januari 2017.

Hasil. Surveilans memberikan laporan tentang jumlah kasus dan tidak tersedia data populasi sebagai denominator dalam menghitung prevalensi atau insidensi penyakit. Surveilans hanya fokus pada pusat pelayanan kesehatan. Petugas yang melakukan analisis dan interpretasi data hanya 36,5%. Ketepatan laporan surveilans; mingguan (74,0%) dan bulanan (69,2%) sedangkan kelengkapan laporan; mingguan (92,0%) dan bulanan (84,9%). Integrasi pelaporan penyakit dengan pelayanan swasta belum dilakukan. Jumlah SDM yang terbatas sehingga semua petugas bertanggungjawab pada beberapa program kesehatan lainnya dan 61,5% diantanya bertanggungjawab pada 3 - 4 program kesehatan. Petugas yang mendapatkan pelatihan hanya sebesar 23,1%. Sedangkan supervisi, feedback dan diseminasi informasi belum dilaksanakan secara rutin.

Kesimpulan. Pelaksanaan surveilans pada tingkat puskesmas membutuhkan pembenahan terutama tugas pokok surveilans; pengumpulan, analisis dan interpretasi data serta diseminasi informasi. Petugas surveilans sebaiknya tenaga terlatih dan fokus pada pelaksanaan surveilans sehingga dapat maksimal pada semua komponennya.


Keywords


evaluasi; surveilans; PD3I




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.37610

Article Metrics

Abstract views : 1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter