PEMBERIAN ASI PADA IBU PEKERJA DI KOTA: IMPLIKASI TERHADAP PENYEDIAAN RUANG LAKTASI DAN TAMAN PENITIPAN ANAK

https://doi.org/10.22146/bkm.37422

Monica Dara Delia Suja(1*), Mubasysyir Hasanbasri(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara status pekerjaan ibu dan pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada ibu bekerja yang tinggal di wilayah perkotaan.

 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional menggunakan data Indonesia Family Life Survey 5. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu berusia 15-49 yang bekerja, memiliki anak berusia 2 tahun dan tinggal di perkotaan. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 340 responden. Status pekerjaan dibagi menjadi wirausaha, pegawai pemerintah, pegawai swasta dan pekerja bebas, sedangkan pemberian ASI dibagi menjadi kurang dari 2 tahun dan selama 2 tahun. Analisis menggunakan chi-square dan regresi logistik dengan tingkat kemaknaan 95%.

 

Hasil: Pada ibu bekerja yang tinggal di perkotaan, persentase ibu yang memberikan ASI kurang dari 2 tahun sebesar 68,82% sedangkan ibu yang memberikan ASI selama 2 tahun sebesar 31,18%. Status pekerjaan ibu yang tinggal di perkotaan paling banyak yaitu sebagai pegawai swasta (42,06%) dan wirausaha (34,41%). Status pekerjaan yang memiliki persentase pemberian ASI kurang dari 2 tahun adalah pegawai pemerintah (77,78%) dan pegawai swasta (75,52%). Terdapat hubungan antara status pekerjaan ibu dan pemberian ASI pada ibu bekerja yang tinggal di wilayah perkotaan. Ibu yang memiliki status pekerjaan sebagai wirausaha memiliki kemungkinan lebih besar 1,85 kali untuk memberikan ASI selama 2 tahun dibandingkan dengan ibu bekerja sebagai pegawai swasta.

 

Kesimpulan: Ibu pegawai swasta memiliki kemungkinan untuk memberikan ASI selama 2 tahun yang rendah. Hak menyusui bagi pekerja wanita harus dilindungi dengan menyediakan ruang laktasi atau tempat penitipan anak.


Keywords


menyusui; pekerjaan; perkotaan; laktasi; daycare




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.37422

Article Metrics

Abstract views : 107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter