Implementasi Buku Harian Anak Terhebat (BHAT) Sebagai Upaya Meningkatkan Strata Tatanan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah Dasar di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

https://doi.org/10.22146/bkm.37043

Riesa Daeyani(1*), Yuditha Nindya Rizqi(2)

(1) Dinas Kesehatan Kab. Lumajang
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang:

Masalah kesehatan pada anak sekolah banyak disebabkan kurangnya kebiasaan PHBS oleh anak usia sekolah. Strata tatanan PHBS sekolah dasar di Kabupaten Lumajang belum mencapai target. Permasalahan tersebut menginisiasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mengimplementasikan program inovasi Buku Harian Anak Terhebat (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat) pada anak sekolah dasar sebagai proses pembiasaan PHBS.

 

 Tujuan:

Mendeskripsikan implementasi BHAT di beberapa sekolah dasar/sederajat sebagai upaya meningkatkan strata tatanan PHBS sekolah dasar di Kabupaten Lumajang.

 

Metode:

Penelitian ini merupakan case report dari implementasi BHAT di Kabupaten Lumajang, menggunakan data sekunder dari laporan pelaksanaan program BHAT dan PHBS sekolah dasar.

 

Hasil:

BHAT adalah modifikasi penerapan indikator PHBS di sekolah dan rumah oleh anak sekolah dasar. Penerapan tersebut harus dipantau oleh guru dan orang tua, melalui pengisian BHAT secara harian dan mingguan. Monitoring I terhadap hasil pemantauan pelaksanaan BHAT dilakukan oleh guru, sedangkan monitoring II dan evaluasi dilakukan oleh Puskesmas.

Pengembangan BHAT diawali pada bulan Februari 2016, melibatkan beberapa lintas sektor di Kabupaten Lumajang, yaitu Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Badan Perencana Pembangunan Daerah, Tim Penggerak PKK dan Dewan Pendidikan. Implementasi BHAT dimulai bulan Agustus 2016 pada 125 sekolah dasar/sederajat di Kabupaten Lumajang, dengan sasaran siswa kelas 4 dan 5. Rekapitulasi pemantauan pelaksanaan BHAT pada bulan September dan November 2016 serta Januari dan Maret 2017, menunjukkan peningkatan capaian indikator sehat pada PHBS anak di rumah (harian dan mingguan) serta di sekolah. Capaian tersebut berkontribusi pada peningkatan strata IV (sehat)  tatanan PHBS sekolah dasar, dari 25.26% pada tahun 2015 menjadi 28.24% pada tahun 2016.

 

Kesimpulan:

Implementasi BHAT pada beberapa sekolah dasar/sederajat terbukti mampu meningkatkan strata tatanan PHBS sekolah dasar, sehingga sasarannya perlu diperluas. Strategi pengembangan BHAT untuk sustainabilitas program, yaitu adanya regulasi daerah yang memperkuat implementasi BHAT di seluruh sekolah dasar di wilayah Kabupaten Lumajang.

 

 

Kata kunci: Buku Harian Anak Terhebat, Strata Tatanan PHBS sekolah dasar, indikator PHBS


Keywords


Buku Harian Anak Terhebat, Strata Tatanan PHBS sekolah dasar, indikator PHBS




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.37043

Article Metrics

Abstract views : 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter