Pengenalan Emosi Dasar dan Anti-Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Berempati dalam Masyarakat
Abstrak
Bullying dalam lingkup sekolah menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan oleh berbagai pihak. Bullying yang terjadi pada anak dapat berdampak buruk bagi masa depan pelaku maupun korban. Anak dapat tumbuh dalam kondisi emosional yang tidak stabil dan memiliki empati yang rendah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan emosi dasar dan anti-bullying sebagai upaya meningkatkan kesadaran berempati dalam masyarakat untuk mencegah terjadinya bullying di SD Negeri Tanjungrejo 1, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan berupa metode studi komparatif perspektif dengan pendekatan observasi dan wawancara kepada siswa, guru, dan juga orang tua. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan perilaku yang mengindikasi adanya bullying pada lingkup sekolah. Selain itu, ditemukan pula siswa yang memiliki empati dan pengelolaan emosi yang kurang baik. Kegiatan pengenalan emosi dasar dan perilaku anti-bullying ini menggunakan media poster, mini games, dan penempelan stiker. Kegiatan ini ditargetkan untuk siswa kelas 5 SD dengan latar belakang bahwa siswa kelas 5 sudah mulai mengenal emosi yang dirasakan dalam dirinya dan dapat menjadi contoh bagi siswa kelas lain. Siswa, guru, dan orang tua yang diwawancarai menyatakan bahwa kegiatan pengenalan emosi dan anti-bullying ini sangat bagus dan berdampak positif bagi perkembangan emosi anak. Siswa semakin memahami arti emosi dasar dan anti-bullying, mengenal emosi diri, mengetahui cara mengungkapkan emosi, meningkatkan rasa empati, serta terciptanya lingkungan sekolah yang lebih nyaman.
Referensi
Abdurohman, I. (2023, June 20). Awas! Ini Daftar Kasus Bullying Anak di Sekolah Indonesia 2023. Tirto.ID. Retrieved August 31, 2023, from https://tirto.id/awas-ini-daftar-kasus-bullying-anak-di-sekolah-indonesia-2023-gMdf
Adila, D. R., & Kurniawan, A. (2020). Proses kematangan emosi pada individu dewasa awal yang dibesarkan dengan pola asuh orang tua permisif. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 5(1), 21-34. 10.20473/jpkm.v5i1
Adriansyah, A. (2023, August 5). Federasi Serikat Guru Akui Perundungan di Pendidikan Masih Marak. VOA Indonesia. Retrieved August 31, 2023, from https://www.voaindonesia.com/a/federasi-serikat-guru-akui-perundungan-di-satuan-pendidikan-masih-marak/7212413.html
Arif, Y., Sarfika, R. (2021). Pelatihan manajemen emosi sebagai upaya pencegahan perilaku kekerasan pada anak usia sekolah, Jurnal Masyarakat Mandiri, 5, 114-124
Badan Pusat Statistik. (2021, April 20). Data Sensus Sekolah Dasar di Kabupaten Madiun 2021. https://madiunkab.bps.go.id/statictable/2021/04/20/2084/jumlah-desa-kelurahan-yang-memiliki-fasilitas-sekolah-menurut-kecamatan-dan-tingkat-pendidikan-di-kabupaten-madiun-2014-2019-1-.html
Bougie, R., & Sekaran, U. (2020). Research Methods for Business: A Skill-building Approach. Wiley.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press.
Indra P, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish.
Irsyadi, F. Y. A., Annas, R., Kurniawan,Y. I. (2019). Game edukasi pembelajaran bahasa inggris untuk pengenalan benda-benda di rumah bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Informasi, 9(2),78-92.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Data Peserta Didik Semester 2023/2024 Ganjil. Data Peserta Didik Nasional - Dapodikdasmen. Retrieved August 31, 2023, from https://dapo.kemdikbud.go.id/pd
KPAI. (2022, August 24). Data Kasus Perlindungan Anak 2021. BANK DATA KPAI. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Ramdhan, S., Tullah R., dan Jannah, S.N. 2019. Iklan animasi stop bullying pada SD Negeri Cibadak II berbasis multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2), 6-13.
Santosa, D. H. (2020). Pemberdayaan masyarakat berkonsep pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Gadjah Mada di masa pandemi COVID-19. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 2, 11–19. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.317-324
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045-4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Sudirman, Umar, R., Habibi ,M. M. (2022). Model habituasi sikap anti bullying bagi sekolah dasar melalui permainan menyenangkan. Jurnal Parkis dan Dedikasi (JPDS), 5(2), 110-118.
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157-166. 10.30998/ocim.v1i2.5888
Widiyanto, H., Hikmah, R., Habibah, F. Q., & Fauzi, I. (2023). Sinergitas orang tua dan guru untuk menghindari perilaku bullying di MI/SD. PROMOTOR: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6(1), 11-15.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.