Pengembangan Produk Wedang Uwuh Bunga Turi (Sesbania grandiflora) Sebagai Sarana Branding Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul
Abstrak
Desa wisata Kebonagung menawarkan berbagai wisata khas daerah mulai dari edukasi pertanian, tradisi, hingga kerajinan. Sebagai pelengkap, pengelola desa wisata menyediakan suguhan atau welcoming drink kepada wisatawan yang datang ke Desa Wisata Kebonagung. Namun, Desa Wisata Kebonangung belum memiliki welcoming drink dan oleh-oleh khas daerah. Sementara oleh-oleh merupakan salah satu aspek penting dalam branding desa wisata, bahkan sebagian dari wisatawan akan membeli oleh-oleh ketika berkunjung ke suatu destinasi wisata. Pengabdian bertujuan untuk menciptakan inovasi pengolahan produk dari sumber daya lokal. Maka dari itu Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM UGM) Unit Imogiri berinisiatif mengembangkan produk Wedang Uwuh Bunga Turi. Pengabdian ini diawali dengan survei pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan proses pengembangan produk wedang uwuh dengan metode pengeringan. Di akhir kegiatan pengabdian, dilakukan sosialisasi terkait proses produksi Wedang Uwuh Bunga Turi serta dilakukan survei melalui wawancara untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian. Pembuatan wedang uwuh bunga turi diawali dengan mencuci bersih bahan, menjemur bahan di bawah sinar matahari, mengeringkan bahan menggunakan oven dengan suhu 500C, lalu mengemas bahan kering dalam kantung teh untuk memudahkan konsumsi produk. Produk juga dikemas kembali dalam paper pouch dengan memperhatikan desain pengemasan produk sehingga dihasilkan prototype produk. Program pengembangan produk Wedang Uwuh Bunga Turi terbilang cukup berhasil. Hal ini dibuktikan hasil wawancara mengenai tingkat pemahaman peserta akan teknik pengolahan Wedang Uwuh Bunga Turi dan pembuatan desain kemasan. Komitmen bersama pelaku UMKM setempat juga mendukung tujuan dari pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Referensi
Agustina, R., Dwanoko, Y.S & Supriatno, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan Prosuk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Soliditas, 4(1), 69-76.
Andriana, A., Saputri, F.A & Ardiantoro, L. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pembuatan Logo dan Promosi Media Online UMKM Jamur Kebontunggul. SNP2M, 160-166. http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/427
Bettels, J., Haase, J.&Wiedmann, K.-P. (2020). Shaping consumer perception: effects of vertical and horizontal packaging alignment. Journal of Consumer Marketing, 37(4), 423-431.
Biksono, D. (2022). Teknik Pengeringan Dasar. Yogyakarta, Deepublish.
Erwansyah, E., Saragih, R., & Purba, T.O.H. (2022). Pendampingan Pemilihan Merek, Pentingnya Merek” dan Nilai yang Dihasilkan Melalui Merek Bagi Pelaku UMKM Di Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutilambaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Methabdi, 2(1), 26-31. https://doi.org/10.46880/methabdi.Vol2No1.pp26-31
Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain kemasan dalam meningkatkan brand awarness produk unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 212-220. https://doi.org/10.29244/jhi.9.2.122-130.
Kurniawati, E., Widowati, S.Y & Santoso, A. (2021). Sosialisasi pembuatan merek produk UMKM di Kelurahan Pedurungan Semarang. sJ-ABDIMAS, 8(1), 8-12. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v8i1.110
Lusianingrum, F.P.W., Purbohastuti, A.W & Hidayah, A.A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 624- 632. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4105
Pemerintah Kabupaten Bantul. (2022). Profil Kapaewon/ Kecamatan. Diakses dari https://bantulkab.go.id/kecamatan.html tanggal 20 Agustus 2023.
Pemerintah Kabupaten Bantul. (2023). Bantul Dukung UMKM Naik Kelas. Diakses dari https://bantulkab.go.id/berita/detail/5885/bantul-dukung-umkm-naik-kelas.html tanggal 20 Agustus 2023.
Pemerintah Kalurahan Kebonagung. (2018). Penanaman Pohon Turi Sebagai Ikon Desa Kebonagung. Diakses dari https://kebonagung-bantul.desa.id/first/artikel/325-PENANAMAN-POHON-TURI-SEBAGAI-IKON-DESA-KEBONAGUNG tanggal 20 Agustus 2023.
Pemerintah Kecamatan Imogiri. (2022). Profil. Diakses dari https://kec-imogiri.bantulkab.go.id/hal/profil-profil tanggal 20 Agustus 2023.
Radyanto, M.R. & Prihastono, E. (2020). Pengembangan sistem pendampingan usaha berkelanjutan bagi UMKM berbasis sistem manajemen kinerja. OPSI, 13(1), 17-24. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3467
Rizaty, A. (2022). Survei: Makanan, Oleh-oleh Favorit saat Liburan Akhir Tahun 2022. Diakses dari https://dataindonesia.id/varia/detail/survei-makanan-oleholeh-favorit-saat-liburan-akhir-tahun-2022
Rohmah, M., Rahmadi, A., & Amaliah, N. (2022). Program pendampingan UMKM. Mulawarman University Press. Samarinda.
Safirin, M. T. ., Samanhudi, D. ., Aryanny, E. ., & Pudji W, E. . (2023). Pemanfaatan Teknologi Packaging untuk Meningkatkan Kualitas dan Keamanan Produk Pangan Lokal. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.21
Setiawan, E. (2018). Kandungan Flavonoid dan Serat Sesbania grandiflora pada Berbagai Umur Bunga dan Polong. Jurnal Hortikultura Indonesia, 9(2), 122-130. https://doi.org/10.29244/jhi.9.2.122-130
Setyowati, N., Mulyo, J. H., & Yudhistira, B. (2023). The hidden treasure of wedang uwuh, an ethnic traditional drink from Java, Indonesia: Its benefits and innovations. International Journal of Gastronomy and Food Science, 31, 100688. https://doi.org/10.1016/j.ijgfs.2023.100688.
Sukmadewi, Y.D. (2018). "Kajian Legalitas Dan Manajemen Merek Pada Umkm Munaku Sulam Pita Semarang,". Jurnal Law Reform, 14(2), 275-290. https://doi.org/10.14710/lr.v14i2.20874
Ulya, H.N., & Agustin, R.P. (2022). Penguatan UMKM melalui pembuatan merek dagang dan label pada UMKM jajanan camilan di Desa Joresan Mlarak Ponorogo. Amaluna, 1(1), 58-70. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/amaluna/article/view/1069
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.