Pengembangan Daya Saing UMKM melalui Pendampingan Pemasaran Digital di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri

  • Purwanta Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Anirotun Nisa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Ari Susanti Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Defa Rizky Pratama Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Lestari Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Raisma Nadhifa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Daya saing, UMKM, Pemasaran digital

Abstrak

Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan alam melimpah. Potensi tersebut telah dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai mata pencaharian, salah satunya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa home industry. Adapun jenis UMKM yang terdapat di wilayah ini adalah produksi jamu, industri genteng, anyaman, berbagai macam olahan snack, tempe, sangkar burung, tekstil, dan lain sebagainya. Banyaknya potensi UMKM tersebut memerlukan adanya optimalisasi di bidang pemasaran guna memaksimalkan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM melalui pelatihan dan pendampingan proses pemasaran produk. Metode dalam penelitian ini terdiri atas pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta pencatatan kemudian pengambilan sampel dengan purposive sampling, sedangkan menganalisis data dengan teknik analisis data deskripsi kualitatif. Program pelatihan dan pendampingan pemasaran digital dihadirkan untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan pelaku UMKM di desa setempat. Melalui program ini, keberadaan UMKM dapat diketahui oleh masyarakat luas melalui informasi di Google Maps dan katalog menu yang dapat dibagikan di media sosial. Bagi internal UMKM, pemaparan informasi terkait kontrak kerja sama dan strategi pemasaran mampu menjadi bahan pertimbangan dalam mengelola keuangan UMKM. Adapun sosialisasi mengenai strategi pemasaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terkait langkah-langkah strategi pemasaran serta dapat mengimplementasikan langkah-langkah strategi pemasaran tersebut sehingga produk dapat dipasarkan secara lebih optimal. Melalui program ini, pelaku UMKM dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh, memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan pemasaran produk, serta mampu mengelola pemasaran produk secara digital sehingga produk dapat dipasarkan secara lebih optimal.

Referensi

Assila, P. A., Muhammad, I. H., & Muhammad, H. (2022). Meningkatkan penjualan UMKM dengan strategi partnership. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pemasaran/meningkatkan-penjualan-umkm-dengan-strategi-partnership

CNBC Indonesia, (2023). Jumlah UMKM capai 8,71 juta, bisa jadi 'tameng' resesi? https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi

Hardiyanto, D., Sholeh, M., & Rachmawati, R. Y. (2020, March). Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro, small, and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency, Indonesia. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 807(1), 012010. IOP Publishing.

Margareth, A. M. (2023). Tren digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan peluang. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi

Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of Academy of Marketing Science, 47(1), 4-29.

Pakaya, M. R., Musa, O., Karim, J., & Abdussamad, S. (2020). SIG lokasi UMKM berbasis android. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 2(2), 52-59.

Saputro, Y., Pramudyo, C. S., & Jupriyanto. (2022). Analisis 5M (Man, Material, Machine, Money, & Methode) dalam pengembangan teknologi pertanian di Indonesia (Studi kasus: PT Len Industri). Prosiding Seminar Aplikasi Sains & Teknologi, 96-103. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

United Nations Development Programme (UNDP). (2021). Impact of COVID-19 pandemic on MSMEs in Indonesia. https://www.undp.org/indonesia/publications/impact-covid-19-panAdemic-msmes-indonesia#:~:text=Nine%20out%20of%20ten%20micro,and%20Social%20Research%20(LPEM)

Widjaya. (2017). Analisis segmenting, targeting, positioning, and marketing mix pada PT Murni Jaya. AGORA, 5(1).

Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip
Purwanta, Anirotun Nisa, Ari Susanti, Defa Rizky Pratama, Lestari, & Raisma Nadhifa. (2024). Pengembangan Daya Saing UMKM melalui Pendampingan Pemasaran Digital di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 2(1), 178-187. https://doi.org/10.22146/parikesit.v2i1.9560
Bagian
Articles