Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan Pesisir bagi Siswa SMPN 2 dan SMPN 3 Wedung Guna Membentuk Generasi Muda yang Cinta Lingkungan
Abstrak
Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pendidikan Bagi Pembangunan Berkelanjutan (PKM PBPB) yang bertemakan peningkatan pemahaman generasi muda mengenai lingkungan pesisir dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan di Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Terdapat beberapa permasalahan lingkungan sekaligus potensi di daerah tersebut, antara lain sampah dan limbah padat, ekosistem mangrove, eutrofikasi eceng gondok di badan air, serta kebutuhan air tawar untuk konsumsi sehari-hari. Pengabdian masyarakat difokuskan pada generasi muda, yaitu siswa SMPN 2 dan SMPN 3 Wedung. Metode yang digunakan berupa pengenalan awal mengenai lingkungan pesisir, asesmen awal, sosialisasi, edukasi, praktik lapangan, serta evaluasi dan asesmen di akhir kegiatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan lingkungan pesisir bagi pelajar. Sosialisasi materi dan praktik yang telah dilakukan yaitu, a) desalinasi air, b) teknologi pemanenan air hujan berupa lubang resapan biopori, c) pengenalan tanaman mangrove, d) pemanfaatan tanaman eceng gondok, e) pemilahan sampah dan penerapan zero waste, f) edukasi mengenai kesehatan masyarakat lingkungan pesisir, serta g) mitigasi bencana untuk masyarakat pesisir. Setelah dilakukan asesmen di awal dan akhir program, terdapat peningkatan pengetahuan siswa sejumlah 9% di SMPN 2 Wedung dan 14% di SMPN 3 Wedung. Dapat disimpulkan bahwa program yang dilaksanakan di kedua sekolah tersebut memberikan dampak terhadap pemahaman mengenai lingkungan pesisir bagi para siswa.
Referensi
Arfani, L. (2016, Oktober). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, XI(2), 81-97.
Arifin, Z., Tjahjana, D. D., Rachmanto, R. A., Suyitno, Prasetyo, S. D., & Hadi, S. (2020). Penerapan Teknologi Biopori untuk Meningkatkan Ketersediaan Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik di Desa Puron Sukoharjo. Jurnal SEMAR, 9(2), 53-63.
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2021). Peta Jalan SDGs Indonesia Menuju 2030. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2021/02/Roadmap_Bahasa-Indonesia_File-Upload.pdf.
Basri, H. (2020, November). Pengelolaan, Pengawasan Kawasan Pesisir dan Laut di Indonesia. Jurnal Ilmu Hukum Reusam, VIII(2), 1-27.
Kutananda, A. M. (2022). Kajian Desalinasi Air Laut Menggunakan Sistem Reverse Osmosis sebagai Pemenuhan Kebutuhan Air Tawar Kampung Wisata Apung, Malahing, Kota Bontang dan SDGs Poin 6. Jurnal Teknik ITS, 11(3), 107-112.
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145-6154.
Riyandari, R. (2017, Juni). Peran Mangrove dalam Melindungi Daerah Pesisir terhadap Gelombang Tsunami. Jurnal Sains dan Teknologi Mitigasi Bencana, 12(1), 74-80.
Susanti, R., Rifardi, & Kadarisman, Y. (2021). Peran Masyarakat dalam Pencapaian Target Sustainable Development Goals Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1253-1263.
Waluyo, F. A., & Wardhani, M. K. (2021). Perencanaan Wilayah Pesisir Berbasis Mitigasi Bencana Tsunami Studi Kasus di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Juvenil, 2(3), 226-235.
Yistiarani, W. D. (2020). Kehidupan Masyarakat Pesisir di Indonesia. Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia, 2(1), 7-12
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.