Edukasi Pentingnya Nutrisi terhadap Ibu Hamil sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Desa Lemahbang
Abstrak
Prevalensi stunting di Kabupaten Wonogiri tergolong cukup tinggi. Periode 1000 hari pertama kehidupan (HPK) adalah periode emas sebagai penentu kehidupan anak ke depannya. Pengetahuan terkait pentingnya nutrisi pada 1000 HPK dinilai sangat penting dalam pencegahan stunting. Program edukasi 1000 HPK memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai kebutuhan gizi, kesehatan pada masa kehamilan, kebersihan, dan kondisi lingkungan. Pada program ini dilakukan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain pra-eksperimen serta model desain yang diterapkan yaitu one-group pretest-posttest design dengan teknik analisis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari program edukasi 1000 HPK terhadap pengetahuan ibu hamil di Desa Lemahbang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil pretest dan posttest yang telah dilaksanakan. Pada penelitian ini diperoleh nilai p sebesar 0.003 atau <(0.005). Program edukasi ini penting untuk dilaksanakan secara berkesinambungan guna meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait pentingnya nutrisi pada 1000 HPK sebagai upaya pencegahan stunting.
Referensi
Ayu, D. I., Azam, M., Cahyati. W. H. (2022). Kejadian stunting anak usia 1-2 tahun di Puskesmas Purwantoro 1, Kabupaten Wonogiri. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 6(4), 216-226.
Dewi, R., Evrianasari, N., & Yuviska, I. A. (2020). Kadar Hb, LILA, dan berat badan ibu saat hamil berisiko terhadap kejadian stunting pada anak usia 1-3 tahun. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(1), 57–64.
Gunardi, H. (2021). Optimalisasi 1000 hari pertama kehidupan: Nutrisi, kasih sayang, stimulasi, dan imunisasi merupakan langkah awal mewujudkan generasi penerus yang unggul. eJOurnal Kedokteran Indonesia, 9(1), 1-6.
Hanindita, M. (2018). MOMMYCLOPEDIA tanya-jawab tentang nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan anak, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayati, D., Yulastini, F., & Fajriani, E. (2022). Pengaruh edukasi 1000 hari pertama kehidupan (hpk) terhadap pengetahuan dan sikap wanita usia subur (WUS). Journal of Holistic Nursing and Health Science, 5(2), 169-177. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/hnhs
Iskandar, M., & Baroroh, A. (2022). Pemberdayaan kader posyandu dalam menjawab tantangan zero stunting. Hikmayo: Jurnal Pengabdian Masyarakat Amayo, 1(2), 12-22.
Sabarudin, Mahmudah, R., Ruslin, Aba, L., Nggawu, L. O. (2020). Efektivitas pemberian edukasi secara online melalui media video dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan pencegahan covid-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika, 6(2):309-318.
Setiani, D. Y., dan Warsini. (2020). Efektivitas promosi kesehatan menggunakan media video dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan tentang pencegahan osteoporosis. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2): 55-67.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. (2021). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat dan pemberian sembako era pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarkat, 3(3): 521-526.
Widyanto, Agus Mika. (2013). Statistika terapan konsep dan aplikasi dalam penelitian bidang pendidikan psikologi dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zulaeha, A., Fitriati S., A. (2021). Edukasi tentang 1000 hari pertama kehidupan terhadap pengetahuan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tamalate Makassar. Jurnal Media Kesehatan, 16(1), 29-36.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.