Optimalisasi Potensi UMKM Melalui Legalisasi dan Digitalisasi untuk Meningkatkan Kualitas Usaha di Desa Wedung, Wedung, Demak, Jawa Tengah

  • Cahyo Wulandari Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Abdurrahman Al Kholili Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Anawinta Choirunnisa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Mukhlas Cahyadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: UMKM, Legalitas usaha, Sertifikasi halal, Pemasaran digital, Bisnis berkelanjutan

Abstrak

Artikel ini membahas tentang upaya optimalisasi potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah pedesaan melalui serangkaian strategi yang mencakup pendataan, pendaftaran izin usaha, sertifikasi produk, serta pengembangan UMKM melalui aspek pengemasan, branding, dan pemasaran digital. Fokus program pemberdayaan ini terletak pada Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas usaha UMKM di daerah tersebut melalui langkah-langkah konkret. Pendataan dan pendaftaran izin usaha menjadi langkah awal dalam memberikan dasar hukum dan legalitas bagi UMKM. Sertifikasi produk diarahkan untuk meningkatkan standar kualitas produk UMKM, sehingga dapat mengakses pasar yang lebih luas. Selain itu, pengembangan UMKM melalui upaya pengemasan yang menarik dan branding yang kuat akan membantu membedakan produk dari pesaing dan membangun citra positif di mata konsumen. Pemasaran digital dianggap sebagai alat yang efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan mencapai pelanggan potensial melalui platform online. Melalui pendekatan ini, artikel ini mengeksplorasi upaya konkret untuk memperkuat UMKM di lingkungan pedesaan, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi disparitas ekonomi antarwilayah. Dengan mengintegrasikan pendataan, izin usaha, sertifikasi produk, serta pengembangan melalui aspek packaging, branding, dan pemasaran digital, artikel ini memberikan pandangan holistik tentang bagaimana UMKM di Desa Wedung dapat mengoptimalkan potensi mereka dan meningkatkan kualitas usaha secara berkelanjutan.

Referensi

BFI Finance. (2023). NIB Adalah: Definisi, Manfaat, Syarat dan Cara Membuatnya. bfi.co.id. https://www.bfi.co.id/id/blog/nib-adalah-definisi-syarat-dan-cara-membuatnya

BPS Kabupaten Demak. (2022). Kecamatan Wedung Dalam Angka 2022. https://satudata.demakkab.go.id/dda/71

Dinkop UMKM Jateng. (2023.). PeRSADA - Portal Satu Data - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. PeRSADA - Portal Satu Data - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota

Gunawan, S., Darmawan, R., Juwari, J., Qadariyah, L., Wirawasista, H., Firmansyah, A. R., Hikam, M. A., Purwaningsih, I., & Ardhilla, M. F. (2020). Pendampingan Produk UMKM di Sukolilo menuju Sertifikasi Halalan Thayyiban. Sewagati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14. , 4(1), 14. https://doi.org/10.12962/j26139960.v4i1.6446

Kemenag. (2023). Produk Ini Harus Bersertifikat Halal di 2024, Kemenag: Ada Sanksi Bagi yang Belum! Kemenag RI. https://kemenag.go.id/pers-rilis/produk-ini-harus-bersertifikat-halal-di-2024-kemenag-ada-sanksi-bagi-yang-belum-hdyhh9

Kemenko Perekonomian. (2023). Tingkatkan Inklusi Keuangan bagi UMKM melalui Pemanfaatan Teknologi Digital, Pemerintah Luncurkan Program PROMISE II Impact. Kemenko Perekonomian. Retrieved August 19, 2023, from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4980/tingkatkan-inklusi-keuangan-bagi-umkm-melalui-pemanfaatan-teknologi-digital-pemerintah-luncurkan-program-promise-ii-impact

Oktaniar, F. (2020). The Effect of Halal Labeling, Advertisement Creativity and Lifestyle on Purchase Decisions of Wardah Products (Case Study of Students of Universitas Malahayati. KnE Social Sciences, 692-700. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7926

Pemerintah Desa Wedung. (2023). Geografis Desa Website Desa Wedung. wedung.desa.id. http://www.wedung.desa.id/geografis

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008). https://ojk.go.id/waspada-investasi/id/regulasi/Documents/UU_20_Tahun_2008_Usaha_ Mikro_Kecil_dan_Menengah.pdf

Pratiwi, F. S. (2023). Angka Konsumsi Ikan RI Naik Jadi 56,48 Kg/Kapita pada 2022. Data Indonesia. Retrieved August 21, 2023, from https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022

Putri, A. M. H. (2023). Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi 'Tameng' Resesi? CNBC Indonesia. Retrieved August 22, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi

Samsuri & Warto. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Sasongko, D. (2022). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Retrieved August 19, 2023, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. (2022, October 26). Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101-110. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39

Diterbitkan
2023-11-30
Bagaimana cara mengutip
Cahyo Wulandari, Abdurrahman Al Kholili, Anawinta Choirunnisa, & Muhammad Mukhlas Cahyadi. (2023). Optimalisasi Potensi UMKM Melalui Legalisasi dan Digitalisasi untuk Meningkatkan Kualitas Usaha di Desa Wedung, Wedung, Demak, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 1(2), 71-80. https://doi.org/10.22146/parikesit.v1i2.9561
Bagian
Articles