Pemberdayaan UMKM melalui Optimalisasi Strategi dan Legalitas Usaha sebagai Upaya Akselerasi Ekonomi di Desa Wedung, Kabupaten Demak

  • Cahyo Wulandari Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Ulinnuha Corinna Azmi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Heni Prasetyaningrum Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Assyifa Zahra Namira Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Akselerasi ekonomi, Pemasaran digital, Pembukuan sederhana, Label produk, Katalog

Abstrak

Artikel ini membahas mengenai upaya pengembangan potensi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. UMKM di Desa Wedung memiliki komoditas unggulan yang beragam, antara lain produk olahan ikan dan udang. Komoditas ini didukung dengan kondisi alam yaitu kesesuaian letak Desa Wedung secara geografis serta mata pencaharian mayoritas penduduk sebagai nelayan. Akan tetapi, pelaku UMKM juga mengalami beberapa tantangan dalam beroperasi, antara lain keterbatasan atas teknologi dan infrastruktur. Keterbatasan tersebut membuat pelaku UMKM Desa Wedung masih mengadopsi strategi yang konvensional. Hal tersebut menimbulkan kesulitan bagi pelaku UMKM untuk melakukan efisiensi atas operasional dan memperluas jangkauan pasar. Tim KKN-PPM UGM JT-013 melaksanakan program pengabdian dengan tujuan untuk mengembangkan potensi melalui pembaharuan strategi. Pembaharuan ini dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran pelaku UMKM atas legalitas usaha serta meningkatkan keterampilan dalam mengelola keuangan, mengimplementasikan strategi promosi, dan melakukan pemasaran. Metode dalam penelitian ini terdiri atas pengambilan data yang dilakukan dengan melaksanakan survei dan pendataan untuk memahami kendala utama yang dialami pelaku UMKM, seperti pemasaran yang konvensional, fluktuasi harga bahan baku, dan kurangnya usaha yang telah dilegalisasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Program ini mencakup sosialisasi mengenai pemasaran digital dan pembukuan sederhana serta pendampingan dalam pendaftaran Nomor Izin Berusaha (NIB) dan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), pembuatan desain label produk, dan pembuatan katalog. Hasil dari program ini adalah peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan dan pemasaran serta penerbitan dokumen legalitas usaha bagi pelaku UMKM. Melalui program ini, diharapkan pelaku UMKM mampu mengatasi keterbatasan yang dihadapi, mengembangkan potensi yang telah dimiliki, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di Desa Wedung.

Referensi

Adeoye, O. (2023). Unveiling capital structure determinants, business characteristics and high-growth performance of small and medium-sized enterprises: Evidence from nigeria. Journal of Interdisciplinary Socio-Economic and Community Study, 3(2), 86-98. https://doi.org/10.21776/jiscos.03.2.05

Alenzy, M. (2018). Strategic approach of saudi small and medium-sized enterprises: more of emergent or deliberate? International Business Research, 11(3), 110. https://doi.org/10.5539/ibr.v11n3p110

Ali, R., Mohamad, R., Talib, Y., & Abdullah, A. (2022). The roles of top management and users in strategic is planning: A perspective of SMEs. International Journal of Information Systems and Project Management, 6(4), 61-80. https://doi.org/10.12821/ijispm060404

Alzahrani, M., Suleiman, E., & Jouda, A. (2023). The relationship between strategic planning, strategic flexibility and firm performance in smes of Saudi Arabia: Mediating role of strategic flexibility. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 12(2). https://doi.org/10.6007/ijarems/v12-i2/16280

Aurellia, A. (2022). Analisis SWOT adalah: Contoh, faktor, dan tujuannya. Detik.com. Diakses pada 5 September 2024 melalui https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6198162/analisis-swot-adalah-contoh-faktor-dan-tujuannya

Hadjinicolaou, N., Kader, M., & Abdallah, I. (2021). Strategic innovation, foresight and the deployment of project portfolio management under mid-range planning conditions in medium-sized firms. Sustainability, 14(1), 80. https://doi.org/10.3390/su14010080

Kafidi, E. T., & Kaulihowa, T. (2023). Investigating the effect of strategic planning on the financial performance of SMEs in Namibia. Journal of Economics and Business, 6(2). https://doi.org/10.31014/aior.1992.06.02.505

Kemenko PMK. (2024). Menko Airlangga: Pemerintah dukung bentuk kolaborasi baru agar UMKM Indonesia jadi bagian rantai pasok industri global - Kementerian Koordinator Bidang perekonomian Republik Indonesia. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 6 September 2024 melalui https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5885/menko-airlangga-pemerintah-dukung-bentuk-kolaborasi-baru-agar-umkm-indonesia-jadi-bagian-rantai-pasok-industri-global

Kompas Indonesia. (2024). Survei kegiatan usaha dan sentimen bisnis UMKM BRI 2024: Prospek UMKM masih bagus dan tetap ekspansif. KOMPAS.com. Diakses pada 6 September 2024 melalui https://biz.kompas.com/read/2024/02/06/120712428/survei-kegiatan-usaha-dan-sentimen-bisnis-umkm-bri-2024-prospek-umkm-masih-bagus

Madivoli, G. G., Bwisa, H. M., Gichuhi, A. W., & Senaji, T. A. (2019). Knowledge, time and strategic planning in small and medium enterprises in Kenya: The moderating effect of firm size. The Strategic Journal of Business & Change Management, 6(2), 925 – 935. https://doi.org/10.61426/sjbcm.v6i2.1144

Njoroge, L. (2015). The influence of strategic planning on performance of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Kenya. The Strategic Journal of Business & Change Management, 2(1). https://doi.org/10.61426/sjbcm.v2i1.97

Sandada, M., Pooe, D., & Dhurup, M. (2014a). A factorial analysis of strategic planning dimensions among small and medium enterprises and variations in terms of gender in a developing country. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(6), 131 – 139. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n6p131

Sandada, M., Pooe, D., & Dhurup, M. (2014b). Strategic planning and its relationship with business performance among small and medium enterprises in South Africa. International Business & Economics Research Journal (Iber), 13(3), 659. https://doi.org/10.19030/iber.v13i3.8602

Scheers, L. & Makhitha, K. (2016). Are small and medium enterprises (SMEs) planning for strategic marketing in South Africa? Foundations of Management, 8(1), 243-250. https://doi.org/10.1515/fman-2016-0019

Soehandoko, J. G. (2023). Bank Indonesia ungkap 4 masalah dan tantangan UMKM Indonesia. Bisnis.com. Diakses pada 5 September 2024 melalui https://ekonomi.bisnis.com/read/20230829/9/1689447/bank-indonesia-ungkap-4-masalah-dan-tantangan-umkm-indonesia

Diterbitkan
2025-05-27
Bagaimana cara mengutip
Wulandari, C., Azmi, U. C., Prasetyaningrum, H., & Namira, A. Z. (2025). Pemberdayaan UMKM melalui Optimalisasi Strategi dan Legalitas Usaha sebagai Upaya Akselerasi Ekonomi di Desa Wedung, Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 3(1), 215-228. https://doi.org/10.22146/parikesit.v3i1.17716
Bagian
Articles