Digitalisasi Pemasaran UMKM Desa Puntukdoro Berbasis Web dan Geotagging untuk Penguatan Ekonomi Lokal
Abstrak
Desa Puntukdoro merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis, desa ini terletak di kaki Gunung Lawu dan dekat dengan Telaga Sarangan sehingga wilayah ini memiliki potensi dan kunjungan wisata yang tinggi. Selain potensi wisata, Desa Puntukdoro memiliki sekitar 28 UMKM yang tersebar di berbagai sektor dengan potensi terbesar di sentra anyaman bambu di Dusun Ngelo dan produksi pentol di Dukuh Klaten. Namun, potensi UMKM tersebut belum maksimal karena pemasaran produk UMKM masih dilakukan secara tradisional, misalnya dengan penjualan langsung di pinggir jalan atau di pasar tanpa menggunakan platform digital. Padahal, di era sekarang ini platform digital telah menjadi sarana pokok persebaran informasi yang dapat membuka peluang besar bagi produk UMKM tersebut guna memperluas jangkauan pasar. Berangkat dari hal tersebut, kegiatan pembelajaran dan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan tantangan yang dihadapi bisnis lokal melalui metode wawancara dan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) untuk merumuskan strategi pengembangan aplikasi web dan penerapan geotagging. Hasil yang didapat dari analisis tersebut berupa peningkatan jangkauan pasar, kehadiran bisnis online, dan pemahaman teknologi pelaku UMKM. Penggunaan platform digital seperti aplikasi web dan geotagging menunjukkan dampak positif setelah dilihat dari hasil analisis tersebut. Evaluasi pengembangan dan peningkatan juga terus dilakukan guna meningkatkan dampak, efektivitas, dan efisiensi platform digital.
Referensi
Alfin, A. B. (2021). Peranan UMKM dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Jalan Sawo, Kelurahan Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri]. Electronic Theses of IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/16863/1/210715131_ACHMAD B. ALFIN.pdf
Badan Pusat Statistik. (2018). Data geografis dan ekonomi Desa Puntukdoro. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2018/07/03/5a963c1ea9b0fed6497d0845/statistik-indonesia-2018.html
Fadilah, N. & Weriantoni, W. (2019). Analisis potensi agrowisata Nagari Batuhampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 4(1), 29—41.
Fadilla, D. O., Kurniawan, R. A., Hariwicaksana, I. B. A., Rashida, F. A., Nurrul, P. H. M., & Maulana, M. H. A. (2023). Pemanfaatan aplikasi Google Maps sebagai upaya branding UMKM di Desa Kebondalem oleh Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 130—135.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2020). Laporan Tahunan UMKM 2020. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.
Merdeka, R. M. (2022). Ketahui pengertian, fungsi, hingga pentingnya teknologi geotagging. Great Day HR. https://greatdayhr.com/id-id/blog/geotagging-adalah/
Natika, L. & Ambarwati, D. (2020). Pengelolaan produk tabungan pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Pamanukan Kabupaten Subang. The World of Financial Administration Journal, 2(1), 22–36.
Nur’aini, F. (2016). Teknik analisis SWOT. Penerbit Anak Hebat Indonesia.
Pambudi, M. S., Wiska, M., Purwanto, K., & Gusteti, Y. (2023). Analisis pemanfaatan Google Maps sebagai sarana promosi terhadap penjualan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Nagari Koto Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1562—1571. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5024
Pargaonkar, S. (2023). A comprehensive research analysis of software development life cycle (SDLC) agile & waterfall model advantages, disadvantages, and application suitability in software quality engineering. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 13(8), 120—124. http://dx.doi.org/10.29322/IJSRP.13.08.2023.p14015
Sasoko, D. M. & Mahrudi, I. (2023). Teknik analisis SWOT dalam sebuah perencanaan kegiatan. Jurnal Perspektif-Jayabaya Journal of Public Administration, 22(1), 8—19.
Setyawan, D. H., Cahyati, A. D., & Putra, P. (2024). Upaya peningkatan bisnis dengan digital branding pembuatan lokasi UMKM melalui Aplikasi Google Maps di Desa Sirnajaya. Jurnal An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 3, 67—74.
Sinha, A. & Das, P. (2021). Agile methodology vs traditional waterfall SDLC: A case study on quality assurance process in software industry. 5th international conference on electronics, materials engineering & nano-technology (IEMENTech). https://doi.org/10.1109/iementech53263.2021.9614779
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.