Optimalisasi Penggunaan Media Sosial oleh Kelompok Informasi Masyarakat untuk Desa Wisata Budaya Beji, Gunungkidul

  • Muhamad Muhamad Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Adila Rafa Callysta Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Audrey Nevtasha Bianca Putri Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Fikar Ilya Rahman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Lucky Arif Darmawan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Teofilo Vincent Fernando Setiawan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Fikri Danang Himawan Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Media sosial, Desa Beji

Abstrak

Media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam menyebarkan informasi kepada komunitas lokal. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Beji, Gunungkidul, berfungsi untuk mengelola dan mendistribusikan informasi penting kepada masyarakat setempat, dengan tujuan meningkatkan partisipasi warga dalam pembangunan desa. Meskipun demikian, pemahaman masyarakat mengenai KIM masih terbatas, termasuk terkait dengan tugas dan fungsinya. Untuk mengoptimalkan peran KIM, Tim KKN-PPM UGM Periode I/2024 Sub-Unit Desa Beji mengadakan intervensi melalui pembuatan akun media sosial untuk masing-masing padukuhan dan sosialisasi mengenai pengelolaan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara untuk mengukur efektivitas sosialisasi dan implementasi media sosial di KIM Desa Beji. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anggota KIM tentang tugas, fungsi, serta strategi pengelolaan media sosial yang efektif. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik mengenai KIM, diharapkan informasi kebudayaan dan kegiatan desa dapat lebih mudah diakses dan disebarluaskan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program-program desa.

Referensi

Agung, N. F. A., & Darma, G. S. (2019). Opportunities and challenges of Instagram algorithm in improving competitive advantage. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(1), 743-747.
Britannica, T. Editors of Encyclopaedia. (2024). social media. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/topic/social-media
Budhirianto, S. (2015). Pola Komunikasi untuk Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat dalam Menyukseskan Program Swasembada Pangan. Jurnal Pekomnas, vol. 18(2): 127-138. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1180206/250
Chandra, A. (2022). Menuju Desa Komunikatif melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, vol. 1(1): 66-86. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.161
Chtouki, Y., Harroud, H., Khalidi, M., & Bennani, S. (2012, June). The impact of YouTube videos on the student's learning. In 2012 international conference on information technology based higher education and training (ITHET) (pp. 1-4). IEEE. https://doi.org/10.1109/ithet.2012.6246045
Creswell, J.W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications. https://www.ucg.ac.me/skladiste/blog_609332/objava_105202/fajlovi/Creswell.pdf
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul. (2024). Sosialisasi pembentukan dan persiapan pengukuhan kelompok informasi masyarakat (KIM) padukuhan se-kapanewon di wilayah kabupaten gunungkidul. Dinas Kominfo Gunungkidul. https://docs.google.com/presentation/d/1iH95gJ2Hssi9q7fV_InFUxPH6A_fILJA/edit?usp=sharing&ouid=115853995318277539441&rtpof=true&sd=true
Muslih, M. J. (2019). Studi Komparatif Transportasi Online dan Transportasi Konvensional Ditinjau dari Ekonomi Transportasi (Biaya dan Waktu). (Studi Kasus Transportasi Online dan Transportasi Konvensional Di Kota Mojokerto). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit Mojokerto).
Rahim, IRA & Aziz, NAA. (2023). Use of Social Media for Advertising and Its Effectiveness. Proceedings of the International Conference on Communication and Media (i-COME 2022), 205-215. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-098-5_19
Sangadji, E. M. & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi
Slingerland, G., Kooijman, J., Lukosch, S., Comes, T., & Brazier, F. (2021). The power of stories: A framework to orchestrate reflection in urban storytelling to form stronger communities. Community Development, 54(1), 18–37. https://doi.org/10.1080/15575330.2021.1998169
Thorson, K., Medeiros, M., Cotter, K., Chen, Y., Rodgers, K., Bae, A., & Baykaldi, S. (2020). Platform civics: Facebook in the local information infrastructure. Digital Journalism, 8(10), 1231-1257. https://doi.org/10.1080/21670811.2020.1842776
Wibawa, R. & Khaatimah, H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2 Nomor 2 Edisi Oktober 2017. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.596
Diterbitkan
2024-11-30
Bagaimana cara mengutip
Muhamad Muhamad, Adila Rafa Callysta, Audrey Nevtasha Bianca Putri, Fikar Ilya Rahman, Lucky Arif Darmawan, Teofilo Vincent Fernando Setiawan, & Fikri Danang Himawan. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial oleh Kelompok Informasi Masyarakat untuk Desa Wisata Budaya Beji, Gunungkidul. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 2(2), 429-437. https://doi.org/10.22146/parikesit.v2i2.14052
Bagian
Articles