Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Editorial

Vol 16 No 1 (2022): Volume 16, Number 1, 2022

Perayaan 15 tahun Jurnal Rekayasa Proses

  • Wiratni Budhijanto
DOI
https://doi.org/10.22146/jrekpros.76441
Submitted
November 20, 2023
Published
June 30, 2022

Abstract

Tahun 2022 ini Jurnal Rekayasa Proses merayakan hari jadi lima belas tahun sejak penerbitan Volume 1 di tahun 2007. Lima belas tahun adalah masa yang sangat panjang untuk belajar mengelola sebuah jurnal ilmiah dan membangun jati diri yang menjadi ciri khas jurnal ini.

Sejak penerbitan pertamanya, Jurnal Rekayasa Proses diharapkan menjadi forum komunikasi antara akademisi dan praktisi industri dalam format publikasi ilmiah. Jurnal Rekayasa Proses mengambil peranan sebagai penghubung untuk memberikan informasi kepada pihak industri tentang inovasi terbaru dari kalangan akademisi, dan di lain pihak juga memberikan pencerahan kepada para peneliti di perguruan tinggi dan lembaga riset tentang problem riil yang dihadapi industri.

Oleh karena itu, di tengah hiruk-pikuk jurnal-jurnal yang mengejar status kualitas jurnal melalui indeksasi di berbagai lembaga indeksasi terkemuka di dunia, Jurnal Rekayasa Proses berpegang pada visinya sebagai wahana komunikasi industri-akademisi dalam membangun teknologi merah-putih Indoneisa. Persyaratan yang dituntut oleh lembaga pengindeks internasional, terutama yang terkait dengan jumlah negara asing asal penulis dan hal-hal lain, menjadi tidak relevan dengan visi domestik Jurnal Rekpros sehingga saat ini Jurnal Rekayasa Proses mengukuhkan kualitas terbitannya melalui sistem akreditasi jurnal nasional Indonesia, dengan status terakreditasi Sinta 2. Pencapaian ini tidak lepas dari perjuangan para pemimpin redaksi dan pelaksana redaksi sejak tahun 2007, Prof. Hary Sulistyo, Almarhumah Dr. Siti Syamsiah, Dr. Sholeh Ma’mun, Dr. Indra Perdana, Dr. Teguh Ariyanto, dan Dr. Himawan Tri Bayu Murti Petrus, dukungan para Ketua Departemen Prof. I Made Bendiyasa, Prof. Suryo Purwono, dan Dr. Moh. Fahrurrozi, serta para anggota Dewan Redaksi yang merupakan sahabat-sahabat kami dari berbagai universitas dan lembaga riset di Indonesia. Kami juga sangat berterima kasih kepada Fakultas Teknik dan Badan Penerbit dan Publikasi UGM dengan berbagai dukungan dan fasilitasi untuk peningkatan kualitas Jurnal Rekayasa Proses selama lima belas tahun ini.

Sebagai penanda hari jadi ke-15 tahun, Jurnal Rekpros melakukan perubahan besar dalam beberapa aspek. Tahapan pembaharuan pertama dalam Edisi 1 Volume 16 ini adalah perubahan tampilan jurnal dengan format yang lebih nyaman dibaca. Kami juga memodifikasi pilihan tema warna dengan memasukkan unsur kehijauan sebagai simbol era keberlanjutan di segala bidang, termasuk bidang rekayasa proses. Warna jingga tetap dipertahankan dalam warna tema jurnal karena warna ini merepresentasikan semangat Jurnal Rekayasa dengan tepat: hangat, bersemangat, optimis, percaya diri, dan ramah dalam membangun jejaring persahabatan.Secara bertahap akan terus dilakukan modifikasi Jurnal Rekayasa Proses untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para pembaca dan perkembangan inovasi industri yang sangat cepat.

Secara khusus kami sangat berterima kasih kepada Ibu Siti Nurleily Marliana (Lely) dan Bapak Joaquim Baeta (Alex), yang mendampingi proses pembaharuan jurnal ini selama dua tahun terakhir, mulai dari proses diskusi merumuskan tema, merancang template LaTeX, sampai eksekusi transformasi tampilan terbaru yang pertama keli terbit dalam edisi ulang tahun ke lima belas ini. Di atas semua hal teknis tersebut, penghargaan tertinggi kami kepada Ibu Lely dan Bapak Alex karena telah menginspirasi kami untuk mengelola sebuah jurnal ilmiah dengan sepenuh hati untuk satu tujuan yaitu kesempurnaan dokumentasi dan penyajian ilmu pengetahuan.

Akhir kata, selamat menikmati Edisi Ulang Tahun ke Lima Belas Jurnal Rekayasa Proses. Semoga Jurnal Rekayasa Proses semakin baik memfasilitasi pertukaran ilmiah antara akademisi dan praktisi industri demi mewujudkan Indonesia yang inovatif dan mandiri dalam segala hal.

References

Editorial