Pengembangan Strategi Gamifikasi sebagai Media Edukasi Perlindungan Data Pribadi bagi Mahasiswa

Gamification Strategies to Enhance Students Understanding of Personal Data Protection

  • Gilis Fadhil Hisyam
  • Muhammad Afdan Rojabi Bina Nusantara University
  • Septiani Aulya Putri
Keywords: Gamifikasi, Perlindungan Data Pribadi, Research and Development, kesadaran mahasiswa

Abstract

Peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai perlindungan data pribadi menjadi tantangan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas gamifikasi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) No. 27 Tahun 2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap awal, pendekatan kualitatif diterapkan dalam pengembangan prototipe gamifikasi, sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan metode reliabilitas split-half dengan rumus Pearson product-moment dan Spearman-Brown Prophecy untuk mengukur validitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap UU PDP, dengan mayoritas peserta memberikan tanggapan positif terhadap navigasi, keterlibatan, dan relevansi materi. Namun, beberapa aspek seperti keterbacaan pasal hukum, responsivitas tombol, dan tampilan evaluasi perlu ditingkatkan. Dengan demikian, gamifikasi dapat menjadi strategi edukasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap perlindungan data pribadi serta memberikan wawasan bagi pengembang dalam menyempurnakan platform pembelajaran interaktif.

Published
2025-06-30