Perkembangan Lanskap Spiritual Masyarakat Pondok Tinggi, Sungai Penuh

  • Rofi Surya Aryanto Departemen Arkeologi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Keywords: Pondok Tinggi, Transformation, Sacred, Landscape, Transformasi, Sakral, Lanskap

Abstract

Pondok Tinggi, situated in the center of Sungai Penuh, was once the capital of Kerinci Regency. Nowadays, Pondok Tinggi has evolved into a center of government, resulting in significant changes to the community's life. The flow of modernization brings along interactions with diverse cultures, which influence the development and transformation of the community's sacred space. Therefore, it is necessary to explore aspects that influence the development of the spiritual landscape of the Pondok Tinggi community—the research method employed interviews and literature studies, utilizing an ethnohistorical and collective memory approach. The results indicate that the community's sacred space in the Pondok Tinggi area has transformed during the pre-Islamic period, the early Islamic period, and the present day. This can be seen from the location of the Kenduri Sko event and the community's treatment of artifacts. Furthermore, the Pondok Tinggi community still believes that areas located in the highlands are considered sacred.

===

Pondok Tinggi, suatu area yang berada di tengah Kota Sungai Penuh, pada masa lalu merupakan ibukota Kabupaten Kerinci. Saat ini, Pondok Tinggi telah berkembang sebagai pusat pemerintahan, sehingga masyarakat di sana juga mengalami perubahan. Arus modernisasi membawa serta interaksi dengan berbagai kebudayaan luar, yang mempengaruhi perkembangan dan perubahan ruang sakral masyarakat. Oleh karena itu, aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan lanskap spiritual masyarakat Pondok Tinggi dirasa perlu untuk ditelusuri. Metode penelitian menggunakan wawancara dan studi pustaka dengan pendekatan etnosejarah dan memori kolektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi transformasi ruang sakral masyarakat di wilayah Pondok Tinggi pada masa pra-Islam, masa awal Islam, dan masa sekarang. Hal ini dapat dilihat dari lokasi pelaksanaan acara Kenduri Sko dan perlakuan masyarakat terhadap artefak. Selain itu, masyarakat Pondok Tinggi masih meyakini bahwa area yang berada di dataran tinggi merupakan area yang sakral.

References

Adi, A. M. W., Mahanani, N., Soedewo, E., & Faisal, G. (2023). Spiritual Landscape Characterization of Muara Takus Temple Compound and Surroundings Area. SPAFA,7. https://doi.org/SpiritualLandscapeCharacterizationofMuaraTakusTempleCompoundandSurroundingsArea

Afni Sya, N., & Rahardjo Wahyudi, W. (2024). Lanskap Permukiman Tradisional Masyarakat Kerinci dalam Kajian Memori Kolektif Sejarah Artikel. Satwika, 8(1), 205. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.31951

Ajisman, R. (2015). Minangkabau dan Kerinci : Hubungan Budaya dan Sistem Kekerabatan (i). Jakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Alsia, A., & Suardana, I. W. (2023). Interpretation of the Ornaments of the Masjid Agung Pondok Tinggi, Sungai Penuh using Charles Sanders Pierce’s Semiotic Approach. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(11), 107. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i11.5245

Anonim. (2004). Kerinci dalam Angka 2004. Kerinci.

Anschuetz, K., & Wilshusen, R. H. (2001). An Archaeology of Landscapes: Perspectives and Directions. Article in Journal of Archaeological Research, 9, 157–211. https://doi.org/10.1023/A:1016621326415

Arzam. (2012). Gelar Adat di Kerinci Ditinjauh dari Ilmu Sosial. Alqisthu, 8, 66–6.

Ashmore, W. (2016). Vision of The Cosmos : Ceremonial Landscape and Civic Plan. In Handbook of Landscape Archaeology (2nd ed., p. 259). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315427737

Asnan, G. (2007). Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera. Yogyakarta: Ombak.

Auliahadi, A., & Safmal, Y. (2022). Sejarah Perkembangan Budaya Suku Kerinci. Thullab, 2, 96.

Aziz, F. A. (2010). Potensi Situs Arkeologi Kawasan Kerinci, Jambi : Ikon Budaya Austronesia. AMERTA, 28, 17–44.

Azizah, W., Erawati, M., & Junaidi, K. (2023). Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Kerinci dari Sungai Penuh ke Siulak dan Perkembangannya (2007-2022). Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 449–460. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7299

Barnett, H. G., Broom, L., Siegel, Bernard. J., Vogt, E. Z., & Watson, J. B. (1954). Acculturation: An Exploratory Formulation The Social Science Research Council Summer Seminar on Acculturation, 1953. Seminar Alphabetical, 947. America: Wiley. https://doi.org/https://www.jstor.org/stable/pdf/664755.pdf

Bilbillah, S., & Khalid, A. (2022). Kebudayaan Kenduri Sko dalam Tradisi Perizinan Adat (Ngajon Arah) di Kerinci. Krinok, 1(3), 107–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i1.15087

Bonatz, D. (2012). A Highland Perspective on The Archaeology and Settlement History of Sumatra. Archipel, 84, 35–81.

Bonatz, D. (2019). Megalithic Landscape in The Highlands of Sumatra. In J. Muller, M. Hinz, & M. Wunderlich (Eds.), Megaliths societies landscapes : early monumentality and social differentiation in neolithic Europe (pp. 407–428). Germany: Verlag Dr. Rudolf Habelt GmbH, in Kommission.

Bonatz, D., Neidel, J. D., & Bonatz, M. L. T. (2006). The Megalithic Complex of highland Jambi : An Archaeological Perspective. Land-en Volkenkunde, 162(4), 490–522.

Brown, A. R. R. (1952). A. R. Radcliffe-Brown - Structure and Function in Primitive Society_ Essays and Addresses (1952) (1) (1st ed.). Oxford: The University Press Aberden.

Brumann, C., & Gfeller, A. É. (2022). Cultural landscapes and the UNESCO World Heritage List: perpetuating European dominance. International Journal of Heritage Studies, 28(2), 147–162. https://doi.org/10.1080/13527258.2021.1941197

Budisantosa, T. M. S. (2009). Kompleks Megalitik Dataran Tinggi Jambi : Sebaran Motif Relief Dalam Konteks Sosial. Siddhayatra, 14(1), 1–14.

Budisantosa, T. M. S. (2015). Megalit dan Kubur Tempayan Dataran Tinggi Jambi dalam Pandangan Arkeologi dan Etnosejarah. Berkala, 35, 22. https://doi.org/http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/9840

Cleere, & Centre, W. H. (2008). Operational Guidelines for the Implementation of the World Heritage Convention. USA. Retrieved from http://whc.unesco.org/en/guidelines

Crumley, C. L. (1999). Sacred Landscape : Constructed and Conceptualized. In Archaeologie of Landscape : Contemporary Perspective (1st ed., pp. 271–276). Oxford: Blackwell.

Danuri, M. (2019). Perkembangan Teknologi dan Transformasi Digital. INFOKAM, 15(2), 116–123.

Dyke, R. M. Van. (2016). Memory, Place, and The Memorialization of Landscape. In Handbook of Landscape Archaeology (2nd ed., p. 441). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315427737

Eliade, M. (1956). The Sacred and The Profane : The Nature of Religion (1st ed.; W. R. Trask, Trans.). New York: A Harvest Book.

Ernanda. (2015). Phrasal Alternation in The Pondok Tinggi Dialect of Kerinci. Wacana, 16(2), 355–382.

Fadhlan S, M. (2016). Dataran Tinggi Jambi :Tektonik Dan Situs. In N. Rangkuti (Ed.), Kerincimu Kerinciku : Dataran Tinggi Jambi dalam Perspektif Arkeologi (p. 24). Palembang: Ombak.

Foucault, M. (1978). Foucault Michel Discipline and Punishment (2nd ed.; A. Sheridan, Trans.). USA: Vintage Book.

Hadi Sunliensyar, H. (2016). Ritual Asyeik Sebagai Akulturasi Antara Kebudayaan Islam dengan Kebudayaan Pra-Islam Suku Kerinci. Shidayatra, 21.

Hamilton, S., Arellano, S. N., Richards, C., & Francisco, T. H. (2016). Quarried Away: Thinking About Landscapes of Megalithic Construction on Rapa Nui (Easter Island). In Handbook of Landscape Archaeology (p. 275). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315427737

Hasibuan, Mohammad Sanjiva Refi. (2014a). Penilaian Lanskap Budaya Rumah Larik Di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi (Tesis). Institut Petanian Bogor, Bogor.

Hasibuan, Mohammad Sanjiva Refi. (2014b). Penilaian Lanskap Budaya Rumah Larik di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi (Tesis). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hasibuan, Muhammad Sanjiva Refi, Nurhayati, & Kaswanto. (2014). Karakter Lanskap Budaya Rumah Larik di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Lanskap Indonesia, 6(2), 13–0.

Helida, A., Zuhud, E. A., Hardjanto, Purwanto, Y., & Hikmat, A. (2016). Retensi Dan Perubahan Pengetahuan Etnobotani Masyarakat Kerinci di Taman Nasional Kerinci Seblat. Buletin Kebun Raya, 19(2), 105–116.

Helida, A., Zuhud, E. A., Purwanto, Y., & Hikmat, A. (2016). Perhelatan kenduri sko sebagai sebuah pesan kebudayaan masyarakat Kerinci di taman nasional Kerinci Seblat. Masyarakat, Kebudayaan dan Pilitik, 29, 34–43.

Hodder, I. (1988). Reading the Past: Current Approaches to Interpretation in Archaeology. American Antiquity, 53(4), 875–876. https://doi.org/10.2307/281130

Husna, M. N. (2022). Pola Sebaran Situs Megalitik di Lembah Kerinci Musykilah Nasyiatul Husna I1C118034 Program Studi Arkeologi (Skripsi). Universitas Jambi.

Iskandar Zakaria. (1985). Tambo Sakti Alam Kerinci. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jayawardana, M., Rosa, S., & Anwar, K. (2021). Tragedi dalam Kunaung Kerinci. BASINDO, 6(2), 303–323. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo

Johnson, M. H. (2012). Phenomenological Approaches in Landscape Archaeology. Source: Annual Review of Anthropology, 41, 269–284. https://doi.org/10.1146/annurev-anthro-092611

Kamboj, VishalSharma., Amit Kumar, & Kamboj, N. (2020). A Review on General Characteristics, Classification and Degradation of River Systems. Environmental Degradation: Causes and Remediation Strategies, 1, 47–62. https://doi.org/10.26832/aesa-2020-edcrs-04

Knapp, A., & Ashmore, W. (1999). Archaeological Landscapes: Constructed, Conceptualized, Ideational.

Kohn, E. (2013). How Forests Think : Toward An Antrhopology Beyond The Human. California: University of California Press.

Korff, R. (2003). Local Enclosures of Globalization. The Power of Locality. Dialectical Anthropology, 27(1), 1–18. https://doi.org/https://www.jstor.org/stable/29790669

Kozok, U. (2012). Manuskrip Melayu Abad Ke 14 dari Kerinci (Rhomayda Alfa Aimah, Trans.). Terjemahan Alam dan Tamadun Melayu, 3(2).

Lane, P. J. (2016). The Use of Ethnography in Landscape Archaeology. In Handbook of landscape Archaeology (2nd ed., p. 375). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315427737

Lennon, J., Mathews, S., Richardson, C., Avis, L., Bowden, M., Grindbergs, A., … Mckay, J. (1996). Cultural Landscape Management. Australia: Australian Alps National Park.

Mardi, S. N., & Zulqayyim, N. (2022a). Hegemoni Politik-Ekonomi di Kerinci pada Masa Hindia-Belanda 1903-1942. HISTORIA, 5(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/historia.v5i2.50229

Mardi, S. N., & Zulqayyim, N. (2022b). Hegemoni Politik-Ekonomi di Kerinci pada Masa Hindia-Belanda 1903-1942. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 5(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/historia.v5i2.50229

Monica Asmara, D., Erlinda, & Martion. (2021). Ritus Ayoa dalam Tari Aseak Beubat Kerinci. Titian, 5(2), 280. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22437/titian.v5i2.14351

Mulviana, N., Astrilianda, V., Wati, L., & Mulia, E. R. (2020). Update Data Cagar Budaya dan Dugaan Cagar Budaya Kota Sungai Penuh. Jambi.

Novita, A. (1998). Aristektur Masjid-Masjid Kuno Di Kabupaten Kerinci : Wujud Adaptasi Manusia Terhadap Lingkungannyaa. Kalpataru, 1(1), 1–19.

Nurdin, F., Supian, S., & Defrianti, D. (2021). Makna Tradisi Butale Haji di Tigo Luhah Semurup Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 989. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1616

O’Malley, Brendan. (2009). World Heritage Cultural Landscape (C. Delsol, Ed.). Netherland: UNESCO. https://doi.org/chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://whc.unesco.org/documents/publi_wh_papers_26_en.pdf

Papantoniou, G., Vionis, A. K., & Morris, C. E. (2022). Religious and Insular Identities in Context: An Introduction. In Unlocking Sacred Landscape : Religious and Insular Identities in Context (1st ed., Vol. 1, pp. 1–7). Ireland: MDPI. https://doi.org/10.3390/rel13100903

Pemberton, H. E. (1936). The Curve of Culture Diffusion Rate. Source, 1(4), 547–556. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2084831

Poerwanto, H. (1999). Asimilasi, Akulturasi, dan Integrasi Nasional. Humaniora, 12, 32.

Prastyanto, Y., & Yuwono, J. S. E. (2023). Kawasan Perbukitan Gunung Wungkal di Kabupaten Sleman: Kajian Arkeologi Lanskap. JANUS, 1(2), 102–122. https://doi.org/10.22146/janus.9844

Purwanti, R. (2016). Kerinci pada Masa Klasik. In N. Rangkuti (Ed.), Kerincimu Kerinciku (Vol. 1, p. 117). Palembang: Ombak.

Ramadani, Y., Nurlizawati, Salamah, & Yelnim. (2020). Ritual Tarei Asyeik Pada Masyarakat Kelurahan Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Fikri, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.818

Resta, I. L., Apriliyani, D. P., Nasri, M. Z., Juventa, & Dewi, I. K. (2021). Deterministic seismic hazard analysis for assessing earthquake hazard in Sungai Penuh and Kerinci Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). Canada: IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012016

Safitri, L. E. (2021). Lanskap Arkeologi Situs Gosari-Gresik dalam Perspektif Prosesual dan Pasca-Prosesual. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 23–33. https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.1.23-33

Safitri, Y., Julianti, P. E., & Sinurat, J. Y. (2024a). Perkembangan Kebudayaan Masyarakat Kerinci Masa Kolonial (1904-1906). Prabayaksa, 4(2), 84–89. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/pby.v4i2.12539

Safitri, Y., Julianti, P. E., & Sinurat, J. Y. (2024b). Perkembangan Kebudayaan Masyarakat Kerinci Masa Kolonial (1904-1906). Journal of History Education, 4(2), 84–89.

Sari, A. M. (2019). Tradisi Tale dalam Kehidupan Masyarakat Kerinci. Gelar, 44(1), 44–52.

Saunders, C., Rutkowski, A. F., Van Genuchten, M., Vogel, D., & Orrego, J. M. (2011). Virtual space and place: Theory and test. MIS Quarterly: Management Information Systems, 35(4), 1079–1098. https://doi.org/10.2307/41409974

Schülke, A. (2016). Refining Landscape Archaeology - A Study Of The Social Relations Between Humans and Their Surroundings As Embedded In Megalithic Tombs. Prahistorische Zeitschrift, 91(2), 317–352. https://doi.org/10.1515/pz-2016-0028

Seamon, D., & Sowers, J. (2008). Place and Placelessness, Edward Relph. Human Geography, 43–51.

Sepdwiko, D. (2016). Upacara Adat Kenduhai Sko Pada Masyarakat Kerinci Provinsi Jambi. Besaung, 1, 49.

Sepdwiko, D., & Hanefi, N. D. (2013). Eksistensi Gong Bambu dalam Kenduhai Sko Di Kota Sungai Penuh, Kerinci. Padang Panjang.

Shinde, K. (2010). Sacred Landscape, Sacred Performances: Connection and Cacophony.

Soelistyowati, E. (2022). Pemukiman Larik Sungai Penuh: Kajian Awal Arkeologi. Depok.

Strang, veronica. (2016). Uncommon Ground : Landscape As Social Geography. In B. David & J. Thomas (Eds.), Handbook of Landscape Archaeology (2nd ed., p. 65). New York: Routledge. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2458/v5i1.21400

Sunliensyar, H. H. (2019). Lanskap Arkeologi dalam Perspektif Prosesual dan Pasca-Prosesual: Studi Kasus Kompleks Megalitik di Dataran Tinggi Jambi. Berkala Arkeologi, 38, 111. https://doi.org/https://doi.org/10.30883/jba.v38i2.267

Sunliensyar, H. H. (2021). Padi dalam Kehidupan Orang Kerinci (1st ed., Vol. 1; rudi Hernanda, Ed.). Jakarta: Perpusnas Press.

Sya’adah, N. A. (2024). Ornamen pada Rumah Larik Kerinci : Kajian Memori Kolektif (Tesis, Universitas Indonesia). Universitas Indonesia, Depok. Retrieved from https://bit.ly/ujikemiripan

Syah, H. (2013). Urbanisasi dan Modernisasi (Studi Tentang Perubahan Sistem Nilai Budaya Masyarakat Urban di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan). Toleransi, 5(1), 1–12.

Syaputra, D. (2019). Ritus dan Manuskrip: (Analisis Korelasi Naskah dengan Kenduri Sko di Kerinci). HADHARAH, 13, 82. https://doi.org/10.15548/hadharah

Tacon, P. S. C. (2000). Identyfying Ancient Sacred Landscape in Australia : From Physical to Social. In Archaeologies of Landscape (2nd ed., p. 34). USA: Blackwell.

Tanudirjo, D. A., Yuwono, J. S. E., & Wardoyo Adi, A. M. (2019). Lanskap Spiritual Situs Liyangan. Berkala Arkeologi, 39(2), 97–120. https://doi.org/10.30883/jba.v39i2.474

Taylor, K. R. (2012). Sacred Places and Sacred Landscapes. In The Oxford Handbook of Mesoamerican Archaeology (pp. 752–763). UK: Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195390933.013.0056

Tilley, C., & Bennett, W. (2004). The Materiality of Stone : Explorations in Landscape Phenomenology. New York: BERG.

Tim. (2012). Senarai Sejarah Peradaban Kerinci. In Sejarah Kebudayaan Alam Kerinci (1st ed., p. 9). Kerinci: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kerinci.

Tuan, Y.-F. (1974). Topophilia : A Study of Enviromental Perception, Attitudes, and Values (3rd ed., Vol. 1). New York: Columbia University Press.

Usman, A. H. (1985). Kamus Umum Kerinci-Indonesia (1st ed.). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudi, J. (2017). Perlawanan Depati Parbo di Mata Kolonialis Belanda di Kerinci : Suatu Kajian Sejarah Lokal. Tamaddun, 5(1), 121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/tamaddun.v5i1.1996.g1253

Wehelmina, Berlianti F, L., & Elloisa J, V. S. (2019). Space to Place : Perubahan Ruang Berdasarkan Teori Sense of Place pada Studi Kasus Kampung Prawirotoama, Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial, 290. Yogyakarta: Universitas Pelita Harapan.

Wertsch, J. V., & Roediger, H. L. (2008). Collective memory: Conceptual foundations and theoretical approaches. Memory, 16(3), 318–326. https://doi.org/10.1080/09658210701801434

Wulandari, Sofia, & Bahar, M. (2020). Ungkapan Tradisional Masyarakat Kerinci Sebagai Seni Bertutur. Parafrase, 20(2), 147–159. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/parafrase.v20i2.4248

Wulandari, Sovia, & Bahar, M. (2020). Ungkapan Tradisional Masyarakat Kerinci Sebagai Seni Bertutur. Parafrase, 20(2), 147–159.

Yusuf, M, & Effendi, G. N. (2021). Eksistensi Pemangku Adat dalam Pengambilan Keputusan Desa di Kerinci. Tanah Pilih, 1(1), 11–19.

Yusuf, Muh, Saprin, & Ondeng, S. (2024). Pergeseran Nilai dalam Kehidupan Sosial Budaya dan Pendidikan. JIP (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2(2), 427–440.

Yuwono, J. S. E. (2007). Kontribusi Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Berbagai Skala Kajian Arkeologi Lansekap. Berkala Arkeologi, 27(2), 81–102. https://doi.org/10.30883/jba.v27i2.954

Zahara, M. (2019). Nilai Karakter dalam Parno Adat Pernikahan Di Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Nazharat, 24(01), 22–36.

Zahara, S. (2016). Menguak Tabir Sejarah Kebudayaan Islam di Kerinci Lewat Rekonstruksi Benda Cagar Budaya Dan Bersejarah. Islamika, 16(1), 33–49.

Zahara, S. (2017). Menguak Tabir Sejarah Kebudayaan Islam di Kerinci Lewat Rekonstruksi Benda Cagar Budaya dan Bersejarah. Islamika, 16(1), 33–49. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/islamika.v16i1.115

Published
2025-06-18
How to Cite
Aryanto, R. S. (2025). Perkembangan Lanskap Spiritual Masyarakat Pondok Tinggi, Sungai Penuh. JANUS, 3(1), 49-78. https://doi.org/10.22146/janus.18953
Section
Articles