Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan website perpustakaan di masa pandemi COVID-19

  • Anisa Sri Restanti Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman
  • Munjiati Munjiati Pusat Informasi Ilmiah, Universitas Jenderal Soedirman
  • Utik Nur Wijayanti Pusat Informasi Ilmiah, Universitas Jenderal Soedirman
  • Uswatun Auliyani Pusat Informasi Ilmiah, Universitas Jenderal Soedirman
  • Saefudin Saefudin Pusat Informasi Ilmiah, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: user satisfaction, webqual, web library, COVID-19, service library

Abstract

Introduction: Government policies in suppressing the spread of the COVID-19 pandemic creates a bigger challenge to provide better library services. Library websites become one important service in social distance. This study aims to find out the level of user satisfaction in the utilization of library websites during the COVID-19 pandemic.

Data Collecttion Methods: The paper used a quantitative approach with surveys. Questionnaires are managed  based on webqual variables.

Data analysis: The survey data analysis used descriptive statistics with mean value. The mean value is based on the interpretation guidelines.

Results and discussion: Library web statements showed the highest score while library web appearance showed the lowest. The average score of user satisfaction on the utilization of library websites is at a satisfactory level. The highest score is 28,04 on the information quality variable. The lowest score of 18,76 on the usability quality variable and interaction quality showed a score of 23,74.

Conclusions: Based on the results of data analysis on the webqual variable, the level of user satisfaction in the utilization of library website during the COVID-19 pandemic is found in the satisfactory level.

References

Abas, W. (2013). Analisa kepuasan mahasiswa terhadap website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang, 1, 1–6.

Agarina, M., Sutedi, S., & Karim, A. S. (2019). Evaluasi user interface desain menggunakan metode heuristics pada website sistem informasi manajemen. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Institut Bisnis dan Informatika Darmajaya Bandar Lampung, 1, 192–200.

Barus, E. E., Suprapto, & Herlambang, A. D. (2018). Analisis kualitas website tribunnews.com menggunakan metode webqual dan imporance performance analysis. Jurnal Pengembangan Teknomogi Informasi dan Komputer, 2(4), 1483–1491.

Darmawan, D., & Permana, D. H. (2016). Desain dan pemrogaman website. Remaja Rosdakarya.

Hardan, D., Kristianto, A. P., & Mahmudi, H. (2018). Analisis usabilitas sistem informasi driver PT. Gojek Indonesia berdasarkan pendekatan evaluasi usability heuristik. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 6(1), 1–8.

Kemenkes RI. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan nomor hk.01.07/menkes/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi. Kementerian Kesehatan.

Kotler, P., & Kellen, K. L. (2014). Manajemen pemasaran. In Edisi Millenium, Jilid 1 (Vol. 1, Issue 2). Indeks.

Machmud, R. (2018). Kepuasan pengguna system informasi studi kasus pada t3-online. Ideas.

Maisonah, M. (2020). Auto whatsapp sebagai alternatif layanan perpustakaan pada masa pandemi COVID-19 di IAIN Curup. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 195–210. https://doi.org/10.29240/tik.v4i2.1988

Monalisa, S. (2016). Analisis kualitas layanan website terhadap kepuasan mahasiswa dengan penerapan metode webqual (studi kasus : UIN Suska Riau). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 13(2), 181–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v13i2.1604

Nazirah, U., & Utami, S. (2017). Pengaruh kualitas desain website terhadap niat pembelian dimediasi oleh persepsi kualitas produk pada lazada.co.id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3), 55–69. https://doi.org/10.24815/JIMEN.V2I3.3504

Pemerintah RI. (2020). Peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Indonesia.

Perpustakaan Nasional RI. (2015). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 11 Tahun 2015 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Pratama, R. D., Suyadi, I., & Susilo, H. (2014). Persepsi user terhadap desain website ecommerce (Studi pada pengguna website JKM Store). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 1–6.

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan sistem informasi perpustakaan digital berbasis website untuk para penulis. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijse.v1i1.592

Rosiyan, N. R., & Maha, R. N. (2020). Layanan perpustakaan di era pandemi sebagai implementasi industri 4.0 : Studi kasus PDDI LIPI. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 5(2), 118–131. https://doi.org/10.30829/jipi.v5i2.8366

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran kualitas layanan website Kementerian Kominfo dengan menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 14(1), 1–14. www.kominfo.go.id

Sinuraya, J. (2019). Pengukuran kualitas website dengan metode webqual 4.0 (Studi kasus website Politeknik Negeri Medan). Jurnal Teknik dan Inovasi, 6(2), 51–59.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Suharti, A. (2020). Layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–63.

Sukiman. (2012). Pengembangan sistem evaluasi. Insan Madani.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2021). Dampak pembatasan sosial berskala besar dalam layanan dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan layanan perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 6(2), 397–404.

Universitas Jenderal Soedirman. (2020). Surat edaran no.: 184/un23.1/hm.01.10/2020 kesiapsiagaan dan tindakan antisipasi pencegahan penyebaran infeksi COVID-19 di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Universitas Jenderal Soedirman.

Wantoro. (2013). Penggunaan warna biru pada desain website: Studi kasus website facebook, Unikom & Barack Obama. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 188–193.

Winarni, A., & Riska, W. (2020). Analisis kualitas website dan kepuasan nasabah terhadap website PT. Bank Sinarmas Tbk menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Bangkit Indonesia, 9(1), 6–12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v9i1.106

Yois, N. P., & Marlini. (2020). Sumber daya akses perpustakaan digital pada masa pandemi corona. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 218–222.

Published
2023-06-02
How to Cite
Restanti, A. S., Munjiati, M., Wijayanti, U. N., Auliyani, U., & Saefudin, S. (2023). Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan website perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 19(1), 126-138. https://doi.org/10.22146/bip.v19i1.4398
Section
Articles