Harapan Orang Tua terhadap Pendidikan dan Pekerjaan Anak: Kajian “Masyarakat Miskin“ di Kabupaten Lombok Barat

https://doi.org/10.22146/jp.12123

Soewartoyo Soewartoyo(1*)

(1) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The goal of national education programs in Indonesia is education for all. Itmeans that education should be available for all level of communities. To achieve that goal, the government established a a.policy of 20 percent for education budget in APBN, but some regions have not yet realised this policy. The question is how poor people responded to the policy. The paper will describe how poor people made the approachment for their child education since education is related to the occupation they will have after finishing school. Data is based on the study of PPKLIPI in Lombok Barat Regency, West Nusa Tenggara. The result shows that poor people have a high expectation towards education, but yet the education can not guarantee the occupation one will have in the future.

Tujuan program pendidikan nasional di Indonesia adalah pendidikan untuk semua. Ini artinya pendidikan seharusnya ditujukan untuk semua lapisan masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, pemerintah menetapkan anggaran 20 persen pada APBN untuk bidang pendidikan, tetapi di beberapa wilayah hal ini belum terealisasi. Pertanyaannya adalah bagaimana respons masyarakat lapisan bawah terhadap kebijakan itu. Tulisan ini menggambarkan bagaimana pendekatan penduduk miskin di perdesaan terhadap pendidikan anaknya karena menurut mereka, pendidikan berhubungan erat dengan lapangan pekerjaan yang akan didapatkan setelah lulus sekolah. Data diambil dari penelitian PPK-LIPI di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Hasilnya adalah penduduk miskin mempunyai harapan yang tinggi terhadap pendidikan, tetapi pendidikan ternyata tidak menjamin pekerjaan yang akan didapatkan oleh anak-anaknya di masa depan.


Keywords


pendidikan, lapangan pekerjaan, kemiskinan, anak

Full Text:

PDF


References

Drost, J. 2006. Dari KBK Sampai MBS, Esaiesai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Goldhorpe, J. Lewellyn, et.al. 1980. Social Mobility and Class Stucture in Modern Britain. Oxford:Clarendon Press.

Handayani, Titik, dkk. 2006. Partisipasi Pendidikan Dalam Perspektif Demografi, Ekonomi dan Sosial Budaya. Jakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Irwanto. 1998. “Perkiraan Pengaruh Krisis Moneter Dan Bencana Alam Kekeringan Terhadap Anak Dan Remaja Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus”, dalam Prihatin Lahir Batin: Dampak Krisis Moneter dan Bencana El Nino Terhadap masyarakat, Keluarga, Ibu dan Anak di Indonesia dan Pilihan Intervensi. Jakarta: PPK-LIPI bekerja sama dengan UNICEF.

Munandar, Utami. 1998. “Dampak jangka panjang dari kekurangan dalam Perawatan Anak bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia”, dalam Prihatin Lahir Batin: Dampak Krisis Moneter dan Bencana El Nino Terhadap Masyarakat, Keluarga, Ibu dan Anak di Indonesia dan Pilihan Intervensi. Jakarta: PPK-LIPI bekerja sama dengan UNICEF.

Scott, James C. 1976. The moral Economy of the Peasent: Rebellion and Subsistence in South East Asia. New Haven: Yale University Press.

Soewartoyo (ed.). 2002. Desentralisasi Pendidikan Dalam Perspektif Daerah. Jakarta: Pusat Penelitian Kependudukan – LIPI, CV Marinalon.

Suryadarma, Daniel; Suryahadi,Asep; Sumarto, Sudarno; Rogers, F. Halsey. 2006. “Improving Students Performance in Public Primary Schools in Developing Countries: Evidence from Indonesia”, Educations Economics, 14(4): 401-429.

Tirtosudarmo, Riwanto (ed.). 1994. Dinamika Pendidikan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Perkotaan Indonesia. Jakarta: PPT-LIPI bekerja sama dengan PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

--------. (ed.). 1996. Dinamika Sosial Pemuda di Perkotaan. Jakarta: PPT-LIPI bekerja sama dengan PT Pustaka Sinar Harapan. Todaro, Michael P. 1983. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga (Bagian I) . Diterjemahkan oleh Aminudin dan Mursid. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Toyamah, Nina dan Usman, Syaikhu. 2004. Alokasi Anggaran Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Implikasi Terhadap Pengelolaan Pendidikan Dasar. Jakarta: Lembaga Penelitian SMERU.



DOI: https://doi.org/10.22146/jp.12123

Article Metrics

Abstract views : 13862 | views : 15461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Populasi




Copyright of Jurnal Populasi ISSN 0853-6202 (PRINT), ISSN: 2476-941X (ONLINE).


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Populasi Indexed by:

  ROAD  

web
analytics View My Stats