Manajemen Konflik dalam Penerimaan Kebijakan dan Kunci Menciptakan Iklim Kerja yang Harmonis

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i1.59614

Tri Betawihana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan baru pada suatu perusahaan dapat menimbulkan berbagai konflik baik itu secara vertikal maupun horizontal. Konflik tersebut menjadi wajar karena setiap manusia memiliki sifat, sikap, pikiran, dan sudut pandangnya tersendiri terhadap suatu hal. Adanya konflik dapat diminimalisir keberadaannya dengan memperhatikan suatu peraturan terhadap masalah tersebut atau disebut manajemen konflik. Pada lingkup terkecil seperti lingkup ruang kerja pada klinik dapat diciptakan beberapa hal untuk memanajemen suatu masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Konflik yang dipilih oleh Klinik Jalur Farma untuk menciptakan iklim kerja yang harmonis dan sesuai tujuan perusahaan dari setiap kebijakan yang ada. Penelitian dilakukan di Klinik Jalur Farma Sukabumi dengan metode penelitian observasi dan wawancara serta Manajemen Klinik serta personal karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi adalah salah satu faktor terbesar penyumbang konflik dalam suatu perusahaan. Rantai jaringan komunikasi di perusahaan harus disusun dengan efektif dan baik yaitu memastikan sistem tersebut berjalan tanpa ada satu jaringan yang terhambat atau putus dari jaringan. Setelah setiap orang di perusahaan mengetahui apa yang harus dikomunikasikan, kapan mengkomunikasikan, dan kepada siapa mereka harus berkomunikasi mengenai masalah-masalah pekerjaannya. Semakin jelas dan efisien alur komunikasi, semakin sempit pula celah dari konflik untuk terjadi.

Kata kunci: Manajemen Konflik, kebijakan organisasi, iklim kerja




References

. Ramdhani A, Ramdhani MA. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. J Publik. 2017;1–12. [2]. Mada UG. Gadiah mada. 2017;20172018. [3]. Atro Fardians. Gaya Manajemen Konflik. Jenis-jenis Konflik dan Manaj Konflik [Internet]. 2014;8(1):38–47. Available from: http://atrofardians.blogspot.com/2014/12/jenis-jenis-konflik-dan-manajemen_9.html [4]. Muspawi M. Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi. J Penelit Univ Jambi Seri Hum bereaksi. 2014;16:41–6. [5]. Salim NA, Haruna J, Saraka. Analisis Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Efektivitas Pengelolaan SD di Kab. Kutai Kartanegara (Studi Kausal Berdasarkan Persepsi Guru Pada Kec. Samboja, Muara Jawa dan Samboja). J Pendas Mahakam. 2017;2(3):250–60. Meningkatkan [6]. Wartini S. Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan. J Manaj dan Organ. 2016;6(1):64.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i1.59614

Article Metrics

Abstract views : 1770 | views : 7237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

Jurnal ini diterbitkan oleh:

Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada

69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Dengan dukungan dari:

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia