Custom split dowel core pada gigi posterior pasca perawatan saluran akar

https://doi.org/10.22146/mkgk.65721

Elvina Dewi(1), Wignyo Hadriyanto(2*)

(1) Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Konservasi Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perawatan saluran akar bukan sekedar melakukan perawatan untuk menyelamatkan gigi yang rusak namun mempertimbangkan juga bagaimana agar setelah dirawat gigi tersebut dapat bertahan lama menjalankan fungsinya didalam rongga mulut. Pada gigi pasca perawatan saluran akar dengan kerusakan yang luas diperlukan pemasangan pasak untuk memperkuat struktur gigi yang tersisa. Laporan kasus ini bertujuan untuk mengevaluasi gigi dengan kerusakan yang luas dan anatomi saluran akar distal yang lebar, pasca perawatan saluran akar dan crown lengthening dengan restorasi mahkota porselin fusi metal dan custom split dowel core. Seorang wanita berusia 22 tahun datang ke klinik Konservasi Gigi RSGM UGM Prof. Soedomo untuk memeriksakan gigi geraham bawah kirinya yang sudah ditambal sejak sekitar 2 tahun yang lalu. Satu tahun setelah ditambal, gigi tersebut kadang muncul rasa sakit jika digunakan untuk mengunyah makanan dan merasa kurang nyaman ketika minum minuman yang hangat. Diagnosis gigi #37 adalah karies profunda dengan nekrosis pulpa. Perawatan yang dipilih pada kasus ini adalah perawatan saluran akar dan crown lengthening dilanjutkan dengan restorasi mahkota porselin fusi metal dengan custom split dowel core. Hasil pemeriksaan pada kontrol 1 bulan, menunjukkan hasil restorasi yang baik, pasien tidak menunjukkan adanya keluhan. Kesimpulan perawatan ini adalah penggunaan custom split dowel core efektif memperkuat gigi karena pasak tersebut mampu mengisi sesuai bentuk saluran akar yang ada serta menyediakan ferrule yang cukup untuk restorasi akhirnya nanti.

Keywords


crown lengthening; custom split dowel core; mahkota porselin fusi metal; perawatan saluran akar

Full Text:

PDF


References

Kumar L, Jurel SK, Mishra N, Yadav A, Gupta DS. Split post and core: A systematic approach to restore grossly decayed teeth. IJMDS. 2013; 2(2): 224-228.

Estrela C, Holland R, Estrela CRA, Alencar AHG, Sousa-Neto MD, Pecora JD. Characterization of successful root canal treatment. Brazilian Dental Journal. 2014. 25(1): 3-11.

Eliyas S, Jalili J. Martin N. Restoration of the root canal treated tooth. British Dental Journal 2015; 218: 53-62.

Klugh DO. Principles of equine dentistry. CRC press. Taylor and Francis Group. 2010. 211

McComb D. Restoration of the endodontically treated tooth. Ensuring Continued Trust. DISPATCH. 2008. 2-20.

Bansal R, Mehrotra N, Chowdhary P, Gurtu A. Management of grossly decayed mandibular molar with different designs of split cast post and core. Case reports in dentistry. Hindawi publishing corporation. 2016. 1-6.

Uniya S, Aeran H, Kwatra B, Nautiya A, Case reports: Post & core: an easy and effective treatment modality for severely damaged teeth. International Journal of Oral Health Dentistry. 2015; 1(2): 99-104.

Juloski J, Radovic I, Goracci C. Vulicevic ZR, Ferrari M. Ferrule effect: A literature review. JOE. 2012; 38(1): 11-19.

Gogna R, Jagadish S, Shashikala K, Prasad K. Case reports: Restoration of badly broken, endodontically treated posterior teeth. J Conserv Dent. 2009; 12(3): 123-128.



DOI: https://doi.org/10.22146/mkgk.65721

Article Metrics

Abstract views : 1509 | views : 2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 MKGK (Majalah Kedokteran Gigi Klinik) (Clinical Dental Journal) UGM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently, Majalah Kedokteran Gigi Klinik indexed by:


View my stats

site
stats