Perkembangan Kualitas Sumberdaya Manusia Indonesia : Antara Harapan dan Kenyataan

https://doi.org/10.22146/mgi.6755

Alip Sontosudarmo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu ciri pokok keadaan penduduk Indonesia adalah jumlah, yang cukup besar dengan laju pertumbuhan masih tinggi. Meskipun telah terjadi penurunan fertilitas dan mortalitas akan tetapi ketika hal ini belum berpengaruh terhadap perubahan struktur penduduk secara menyeluruh. Perubahan struktur dentografi yang ada Baru tramp& jelas pada kelompak untur 0 - 9 tahun. Pada saat mendatang jumlah pendudduk masih cukup besar dengan pertumbuhan penduduk masih tetap tinggi, meskipun tidak setinggi saat ini.
Jumlah penduduk yang besar akan menguntungkan bila diikuti dengan kualitas yang memadai. Artinya aspek kualitas penduduk menjadi sangat penting agar jundah yang bcsarjidak menimbulkan nmsalah. Kualitas penduduk dapat dilihat dari berbagai aspek seperti pendidikan, pekerjaan, kesehatan, pendapatan dan pengeluaran. Dililrat dari pendidikan, sebagian besar penduduk masih berpendidikan rendah, kentudian dilihat dari lapangan, Janis dan status pekerjaan, sebagian besar pew-India yang bekerja produktivitasnya midair. Di bidang kesehatait, nu:skip:or tefah berhasil mengatasi berbagai kids pcnyakit yang ada, nannin scgcra muncid Janis pen yakit barer yang lebilt Relit dintasi. Tingkat pendapatan midair dan sebagian besar pcugeluaran untuk kebutuhan balms tnakan.
Kualitas sumberdaya manusia Indonesia, dilihat dari indek mutu hidup maupun indek pembangunan manusia relatif masih rendah bila dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara. Terdapat perbedaan yang cukup berarti kualitas sumberdaya manusia menurut propinsi dan tempat tinggal desa-kota. Wilayah dengan jumlah penduduk besar, kepadatan penduduk tinggi dan pertumbuhan penduduk rendah, perkembangan kualitas sumberdaya manusianya relatif lambat. Dilihat menurut lokasi, kualitas sumberdaya Indonesia Bagian Timur jauh lebih rendah dari pada Indonesia Bagian Barat.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.6755

Article Metrics

Abstract views : 658 | views : 1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 30e/KPT/2018

Volume 31 No 2 the Year 2017 for Volume 35 No 2 the Year 2021

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI