Inovasi Pembelajaran Geografi Untuk Materi Penginderaan Jauh di Sekolah Menengah Atas

https://doi.org/10.22146/mgi.64988

Ahmad Nubli Gadeng(1*), Faiz Urfan(2), Shafira Himayah(3), Muhammad Hafizul Furqan(4), Mirza Desfandi(5), Daska Azis(6)

(1) Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala, , Darussalam, Banda Aceh
(2) Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Samudra
(3) Departemen Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
(5) Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
(6) Universitas Syiah Kuala
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan solusi yang dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran geografi di SMA/MA, sehingga mampu menjawab berbagai permasalahan yang sama terjadi di seluruh Indonesia, pada saat proses pembelajaran materi penginderaan jauh. Artikel ini merupakan tinjauan literatur dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian yaitu pembelajaran penginderaan jauh di tingkat SMA/MA memerlukan suatu inovasi sehingga mempermudah guru dalam menyampaikan materi, terdapat dua cara yang disarankan yaitu pertama, cara tradisional terdiri dari field trip/outdoor study dan proyek interpretasi citra. Kedua, cara modern yaitu dapat menggunakan software, dan dapat menggunakan drone (Unmanned Aerial Vehicle/UAV). Intinya, guru dituntut kreatif, melek teknologi dan mampu memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Kedua inovasi di atas memfasilitasi guru untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif, sehingga meningkatkan minat peserta didik dan memperbaiki kualitas pembelajaran dalam materi penginderaan jauh pada mata pelajaran geografi SMA/MA.

 

Abstract The purpose of this study is to provide solutions that can be done by geography subject teachers in SMA/MA, so that they are able to answer the same problems that occur throughout Indonesia, during the learning process of remote sensing material. This article is a literature review from various scientific sources. The result of the study is that remote sensing learning at the SMA/MA level requires an innovation to make it easier for teachers to deliver the material, there are two suggested ways: first, the conventional method consists of a field trip/outdoor study and an image interpretation project. Second, the modern way is to be able to use software, and can use drone (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) (Unmanned Aerial Vehicle/UAV). In essence, teachers are required to be creative, technologically literate and able to utilize the environment as a learning resource. The two innovations above facilitate teachers to carry out learning using interactive media, thereby increasing student interest and improving the quality of learning in remote sensing material in high school/MA geography subjects.

 

 

 


Keywords


Inovasi Pembelajaran, Geografi, Penginderaan Jauh

Full Text:

PDF


References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Andrasmoro, Dony. Ratri, Ajeng Dyah. (2010). Kendala Guru Geografi Dalam Pengembangan Pembelajaran Pengindraan Jauh (Remote Sensing) Dan SIG (Sistem Informasi Geografis ) Di Lingkungan SMA Kelas XII Kabupaten Sragen. Seminar Nasional‐PJ Dan SIG I Tahun 2010.

Ardyodyantoro, Gatty. (2014). Pemanfaatan Google Earth Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Widya Kutoarjo. (Skripsi). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Bakosurtanal. (2015). Diakses dari http://www.bakosurtanal.go.id. Pada Hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 Pukul 22.00.

Bhan, S.K. (1997). Training and Education in Remote Sensing. Journal of the Indian Society of Remote Sensing, Dehradun: 25(1), 1-18.

Firdaus, Asep. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi (Materi Penginderaan Jauh) Berbasis Autoplay dan google Maps Dalam Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Furqan, M. Hafizul, Dkk. (2020). Analisis Konten Nilai Cinta Tanah Air (Nasionalisme) dalam Maeri Mata Pelajaran Kurikulum Geografi. Jurnal Serambi Ilmu. Vol 21 No 1.

Gadeng, Nubli Ahmad. Ningrum, Epon. Desfandi, Mirza. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Spasial Melalui Model Pembelajaran Games Memorization Tournaments. Prosiding Seminar Nasional Geografi Tahun 2016 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Padang, 19 November 2016.

Gadeng, Nubli Ahmad. Ningrum, Epon. Abdi, Wahab Abdul. Aziz, Daska. Desfandi, Mirza. (2020). Kontribusi Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Semangat Bela Negara Siswa Sma Di Provinsi Aceh. Jurnal Geografi Gea, Volume 20, Nomor 1, April 2020. Hal. 71-83. e-ISSN 2549-7529 | p-ISSN 1412-0313. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea.

Harahap, F. S., & Suasti, Y. (2018). Pengembangan Modul Geografi Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) pada Materi Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh dan SIG di Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Buana, 2(2), 706–716. https://doi.org/10.24036/student.v2i2.125

Hastuti, K. P., Arisanty, D., Muhaimin, M., & Setiawan, F. A. (2019). Pembinaan dan Pelatihan Strategi Pembelajaran pada Materi Penginderaan Jauh untuk Guru-Guru SMA Se-Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1808.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kemendikbud. Pada Hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 Pukul 22.00.

Naumann S, Siegmund A, Ditter R, Haspel M, Jahn M, Siegmund A. (2013). Remote Sensing in School – Theoretical Concept and Practical Implementation, www.ph-heidelberg.de/satbild.

Ningsih, Aulia Nisa. Suwarni, Nani. Kurnia, Rahma. (2015). Kendala Guru Mengajar Penginderaan Jauh Di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2014-2015. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Partosohadi. (2016). Diakses dari http://www.partosohadi.com/2016/03/13/pembelajaran-geografi-berbasis-keverdasan-visual-spasial/. Pada Hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 Pukul 22.00.

Prasetya, Perdana Sukma. Zein, Mardiani Ita. (2017). Implementasi Pembelajaran Penginderaan Jauh. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 555-562. ISSN: 2598-3237 (media cetak) ISSN: 2598-2796 (media online).

Rochaeni, Een. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Geografi Drone Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Penginderaan Jauh (Studi Di Kelas XII SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya). Metaedukasi. Vol. 1, No. 2, 2019. ISSN: 2714-7851.

Simanungkalit, K., Damanik, M. R. S., & Lubis, D. P. (2019). Optimalisasi Foto Udara Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Sebagai Media Pembelajaran Penginderaan Jauh. Tunas Geografi, 8(1), 45–58. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i1.15507

Susilawati, Azizah Siti. Sunarhadi, Amin Muhammad. (2010). Implementasi Model Peta (Pembelajaran Kompetensi Spasial) Dalam Mata Pelajaran Geografi Bagi Guru SMA Di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. WARTA LPM, Vol. 20, No. 2, September 2017: 123-132. P ISSN: 1410-9344, E ISSN: 2549-5631.

Wardana, F., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Media Penginderaan Jauh Berbasis Android dalam Pembelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 863–868. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12615

Warsita, B. (2017). Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90.

Yani, Ahmad. Ruhimat, Mamat. (2018). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.



DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.64988

Article Metrics

Abstract views : 7964 | views : 6152

Refbacks





Copyright (c) 2022 Ahmad Nubli Gadeng, Faiz Urfan, Shafira Himayah, Muhammad Hafizul Furqan, Mirza Desfandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 164/E/KPT/2021

Volume 35 No 2 the Year 2021 for Volume 39 No 1 the Year 2025

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI