Pemanfaatan Potensi Obyek Wisatawilayah Tujuan Wisata Pantai Pangandaran Untuk Pengembangan Wilayah Di Daerah Kabupaten Dati Ii Ciamis Propinsi Jawa Barat

https://doi.org/10.22146/mgi.5308

Sujali .(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sektor kepariwisataan merupakan salah satu sektor yang sedang mendapatknn perhatian dari penwrintah. Sala), satu falctor nzendorong dalam pengentbangan kepariwisataan di bcrbagai daeral; tuialtzlz program taltun lcunjungan wisata 91 (Visit Indonesian Year 91), kcntudian direncanalcan tahun kunjungan ASEAN. Selain dorongan tersebut adanya kellijaksanaan Menteri Parpostel yakni Sapta Pesona. Dengan dasar ini apakah dapat dimungkinkan obyek wisata Pantai Pangandaran dan potettsi yang ada dapat diangkat ntenjadi salah satu paket obyek wisata tingkat internasional atnu untuk wisatawan mnncanegara. Obyek wisata Pantai Pangandaran tnerupaan salnh satu obyek wisata di wilayah Kahnpaten Dati II Ciamis Propinsi Jawa Barat yang mempunyai lokasi yang sangat bra yakni di pantai selatan Pulnu Jawa dan memiliki pantai yang landai.
Penelitian memputryai beberapa tujuan antara lain; mengetahui potensi obyck wisata, mengetahui samtra dan prasarana obyck wisata sebagai dasar dasar untuk pengembangan kawasan wisata Panattjung Pangandaran, dan mengetalrui kentungkinan pengembangan obyek wisata dimastz mendatang.
Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi jasa yang memiliki prospek ccrah, nanturt hingga dewasa ini helm memperlihatkan peratum yang sesuai dengan ;tampon di claim), proses pornbnngunan di Indonesia. Untuk mettingkatIcatt peran kepariwisataan dalam pernbangunan telah digariskan dalam PELITA IV bahwa sektor pariwisata memperoleh prioritas yang utama di samping sektor lainnya.
Data Italian analisis diperolelt dari data sekander yang dihimpun dari petranggung jmvab obyek wisata Pantai Pangandaran yang berlokasi di Pananjung Pangandaran. Sebagai balm' untuk melengkapi laporan dilakukan pengamatan/observasi di lapangan. Teknik analisis akan menyesuaikannya yakni dengan analisis yang sifatnya analisis deskriptif.
Obyek wisata dikawasan Pananjung Pangandaran memiliki dua jenis obyek wisata, yaitu: Pantai Indah Pangandaran dan Cagar Alam /Taman Wisata Pananjung. Kawasan wisata tersebut memiliki kekayaan obyek wisata natural , kultural dan buatan manusia, dengan demikian kawasan tersebut akan memberikan dukungan untuk dilaksanakan pengembangan dan juga adanya tahun kunjungan wisata 1991 dan tahun kunjungan ASEAN.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.5308

Article Metrics

Abstract views : 2957 | views : 1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 30e/KPT/2018

Volume 31 No 2 the Year 2017 for Volume 35 No 2 the Year 2021

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI