Kajian Literatur Penerapan Lean Management pada Distribusi Obat di Rumah Sakit

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v21i1.98350

Feliciane Mojau(1*), Satibi Satibi(2), Endang Yuniarti(3)

(1) Program Studi Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Distribusi obat kepada pasien oleh instalasi farmasi menjadi salah satu element pendukung kesuksesan kinerja rumah sakit. Oleh sebab itu, meningkatkan kualitas pelayanan distribusi obat harus senantiasa dilakukan dan salah satu konsep yang telah terbukti kesuksesan dalam meningkatkan kualitas pelayanan adalah lean management. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur penerapan lean management dalam distribusi obat kepada pasien di instalasi farmasi rumah sakit di Indonesia. Penelusuran literatur dilakukan dengan menggunakan data base Google Scholar dengan batasan artikel yang terpublikasi 10 tahun terakhir dan dapat diakses secara full-text. Dari hasil penelusuran didapatkan 21 artikel yang membahas penerapan lean management pada distribusi obat kepada pasien. Penerapan lean management paling banyak dilakukan pada distribusi obat kepada pasien berdasarkan resep (pelayanan resep) di instalasi farmasi rawat jalan. Penerapan lean management menunjukan bahwa melalui upaya meminimalkan waste memberikan manfaat dalam peningkatan efisiensi pelayanan dan waktu tunggu obat. Tools lean management yang sering digunakan adalah value stream map (VSM) untuk memvisualisasikan aliran proses dan menerapkan 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke) untuk memperbaiki lingkungan kerja di instalasi farmasi sehingga produktifitas petugas farmasi meningkat.


Keywords


lean management; instalasi farmasi; distribusi obat; pelayanan farmasi

Full Text:

PDF


References

Atikah, N., Parhatiwi, S. N., Pertiwi, A. D., Utami, E. F., & Firman. (2021). Identifikasi waste: DOWNTIME pada Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram. Jurnal Ilmiah Farmasi (Scientific Journal of Pharmacy), 17(2), 107–114.

Dharmaningsih, D., Andriani, H., Bashabih, M., & Tahir, H. (2024). Implementation of Lean Hospital Intervention in Outpatient Pharmacy Depo at the National Brain Center Hospital Prof. Dr. dr. Marjono Jakarta, Indonesia. Unnes Journal of Public Health , 1, 10–22. https://doi.org/10.15294/ujph.v13i1.74992

Everdine, F. A., Tendean, L., & Pertiwi, J. M. (2023). Analisis Pemborosan (Waste) Menggunakan Pendekatan Lean Manajemen pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Hermina Manado. Jurnal Kesehatan Tamsusai, 4(2), 1776–1784. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/16050/12394

Ferdi, Nuraini, A., & Nugroho, D. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Farmasi Melalui Pendekatan Lean Management di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum M. Yunus Bengkulu. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(2), 108–124.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Graban, M. (2016). Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement Third Edition (3rd ed.). CRC Press - Taylor & Francis Group.

Gupta, S., Sharma, M., & Sunder M., V. (2016). Lean services: a systematic review. International Journal of Productivity and Performance Management, 65(8), 1025–1056. https://doi.org/10.1108/IJPPM-02-2015-0032

Hammoudeh, S., Amireh, A., Jaddoua, S., Nazer, L., Jazairy, E., & Al-Dewiri, R. (2021). The Impact of Lean Management Implementation on Waiting Time and Satisfaction of Patients and Staff at an Outpatient Pharmacy of a Comprehensive Cancer Center in Jordan. Hospital Pharmacy, 56(6), 737–744. https://doi.org/10.1177/0018578720954147

Imran, R. A., Panjaitan, D. F., & Uletika, N. S. (2022). Lean Approach of Pharmaceutical Installations at Hospital ABC Purbalingga to Increase Pharmacy Service Efficiency. Journal of Industrial Engineering and Halal Industries (JIEHIS), 2(1), 14–19.

Intan, E. R., Astari, C., & Jasril. (2023). A Lean Thinking Approach for Sustainable Improvement of Outpatient Pharmaceutical Service Processes In Hospital “X.” Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit (JMMR), 12(1), 107–122. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18196/jmmr.v12i1.31

Isfahani, H. M., Tourani, S., & Seyedin, H. (2018). Lean management approach in hospitals: a systematic review. International Journal of Lean Six Sigma, 10(1), 161–188. https://doi.org/10.1108/IJLSS-05-2017-0051

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Latue, S., Peranginangin, J. M., & Wijayanti, T. (2023). Pendekatan Lean Hospital Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan di RSUD Tobelo. Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 8(2), 445–464.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Nuraini, N., & Wijayanti, R. A. (2023). The Optimization of Pharmacy Waiting Time Using the Lean Healthcare Method. International Journal of Healthcare and Information Technology, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.25047/ijhitech.v1i1.3915

Nurlaila, Marchaban, & Yuniarti, E. (2022). Penggunaan Lean Hospital Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Resep Rawat Jalan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. Majalah Farmaseutik, 18(2), 113–121.

Putri, L. R., & Susanto. (2017). Lean Hospital Approach to Identify Critical Waste in the Outpatient Pharmacy Instalation of RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.6139

Restudana, K. A., & Darma, G. S. (2022). Upaya Penerapan Metode Lean Thinking pada Proses Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. RELASI: Jurnal Ekonomi, 18(1), 101–131.

Satibi. (2015). Manajemen Obat di Rumah Sakit. Gadjah Mada University Press.

Sukmadryani, Y., Herdwiani, W., & Wijayanti, T. (2023). Evaluation, Remedy of Waste, Lean Hospital Method, Process of Inpatient Pharmacy Services in Hospital. Jurnal Health Sains, 4(4), 98–108.

Suryana, D. (2018). Upaya menurunkan waktu tunggu obat pasien rawat jalan dengan analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit), 4(2).

Trakulsunti, Y., Antony, J., Dempsey, M., & Brennan, A. (2021). Reducing medication errors using lean six sigma methodology in a Thai hospital: an action research study. International Journal of Quality and Reliability Management, 38(1), 339–362. https://doi.org/10.1108/IJQRM-10-2019-0334

Triyani, & Syarifuddin, F. (2020). Analisis Waste (Pemborosan) pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan Lean Management di RS PKU Muhammadiyah Bantul. International Journal of Healthcare Research, 3(1), 35–41.

Wardana, S. W., Herowati, R., & Herdwiani, W. (2023). Lean Approach to Identifying Problems in Outpatient Pharmacy Installations at Simo General Hospital, Boyolali, Indonesia. Archives of The Medicine and Case Reports, 4(3), 388–392.

Wulandari, K. N., Widodo, G. P., & Rahmawati, I. (2023). Peningkatan Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan Lean Hospital. Jurnal Penelitian Kesehatan: Forum Ilmiah Kesehatan, 14(1), 218–225.

Yani, F., Maraiyuna, S., & Vonna, A. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Setelah Redesign dan Penerapan Lean Pharmacy Pada Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Journal of Medical Science, Jurnal Ilmu Medis Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin, 3(1), 19–30.

Yanong, D. W., Kristin, E., & Firman. (2023). Implementasi Lean Thinking untuk Menurunkan Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Rini. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 26(2), 44–52.

Yuganingsih, T., Widodo, G. P., & Saptarini, O. (2021). Pendekatan Lean Hospital Untuk Meminimalkan Waste di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali. Jurnal Penelitian Kesehatan: Forum Ilmiah Kesehatan, 12, 53–56.

Yuliati, V., & Andriani, H. (2021). Implementation of Lean Kaizen to Reduce Waiting Time for the Indonesian Health Social Security Agency Prescription Services in Hospital Pharmacy Installation. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(E), 1495–1503. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7610

Zahra, D. L. S. K. (2015). Penggunaan Konsep Lean untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi. Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 2(1), 29–42.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v21i1.98350

Article Metrics

Abstract views : 161 | views : 66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.