Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien dengan Gangguan Jiwa: Studi Literature Review

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.96306

Wahid Hasyim Asyari(1), Anna Wahyuni Widayanti(2*)

(1) faculty of pharmacy, gadjah mada university
(2) faculty of pharmacy, gadjah mada university
(*) Corresponding Author

Abstract


Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) adalah seseorang yang mengalami gangguan fikiran, perilaku dan emosi, ditunjukkan pada peningkatan gejala dan perubahan perilaku yang signifikan, sehingga menyebabkan penderitaan dan gangguan kinerja dalam kehidupan. Salah satu aspek penting dalam pengobatan gangguan kesehatan jiwa adalah kepatuhan pasien dalam minum obat. Kepatuhan minum obat pada pasien gangguan jiwa dapat diawasi dengan baik jika ada dukungan dari anggota keluarga. Pasien dengan gangguan jiwa sangat bergantung pada dukungan keluarga, yang merupakan komponen penting dalam menentukan kepatuhan mereka terhadap minum obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pasien dengan gangguan jiwa di Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature Review, pengumpulan data/ artikel dilakukan dengan mengakses database jurnal Garuda dan Researchgate. Berdasarkan hasil review dari sepuluh artikel memberikan hasil yang signifikan antara dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat pasien jiwa. Kesimpulan dari hasil tinjauan menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat pasien dengan gangguan jiwa. Semakin banyak dukungan keluarga yang diberikan, semakin baik kepatuhan minum obat pasien dengan gangguan jiwa.


Keywords


Dukungan keluarga; Kepatuhan Minum Obat; Pasien Jiwa

Full Text:

PDF


References

Butarbutar, M. H., Lasmawanti, S., Purba, I. K., & Bangun, H. (2022). Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Jiwa. Journal of Pharmaceutical And Sciences, 5(2), 201–204. https://doi.org/10.36490/journal-jps.com.v5i2.120

Dianty, F. E., Rahayu, D., & Triana, N. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33369/jvk.v2i1.10654

Esti, A., Putri, S. B., & Sari, S. U. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Sicincin. 5.

Friedman. (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Teori dan Praktik Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC (5th ed.).

Hamdani, R., Haryanto, T., & Dewi, N. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi NTB. Nursing News, 2.

Hardiyanti, D. P. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Poli Jiwa Puskesmas Bacem Kabupaten Blitar.

Karmila, K., Lestari, D. R., & Herawati, H. (2017). Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarbaru. Dunia Keperawatan, 4(2), 88. https://doi.org/10.20527/dk.v4i2.2558

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Info Datin Pusat Data dan Informasi Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

Lani, T., & Septiana, N. W. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (Odgj) Di Wilayah Kerja Puskesmas Astambul. 3(2).

Lidwina, D., & Jakri, Y. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Rawat Jalan Dengan Gangguan Jiwa Di Klinik Jiwa Renceng Mose Kabupaten Manggarai. Jurnal Wawasan Kesehatan.

Martin, W., & Ramadhan, R. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Gangguan Jiwa Wilayah Kerja Puskesmas Manggopoh Lubuk Basung.

Nasihin. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Neglasari Kota Tangerang. Jurnal Teknologi Kesehatan Borneo Vol. 3 ,No. 2, Pp 63-67.

Nurhapiyah, E. S., Wibowo, D. A., & Rohman, A. A. (2022). Studi Literatur Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia. Jurnal Mahasiswa Keperawatan Galuh, Vol 1, No 1 Halaman 9-20.

Syamson, M. M., & Rahman, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Jiwa. 7.

Sarafino, E.P., 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, Seventh Edition The United States of America: John Wiley and Sons, Inc.

Tahapary, E., & Lameky, Y. V. (2024). Dukungan Keluarga dan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia di RSKD Provinsi Maluku. Jurnal Penelitian Kesehatan. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf15nk133



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.96306

Article Metrics

Abstract views : 185 | views : 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.