Bauran Pemasaran Obat Over The Counter Untuk Meningkatkan Efektivitas Strategi Penjualan di Perusahaan: Literatur Interview

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.93219

Desy Silvia(1*), Satibi Satibi(2), Suci Paramita Syahlani(3)

(1) Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Departmen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Department Farmasetika, Fakultas Pertenakan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri Farmasi merupakan perusahaan yang memiliki peluang tumbuh besar dalam mengembangkan obat dan mengalami persaingan yang kompetitif antar perusahaan. Persaingan obat OTC berangekaragam yang dihadapi setiap perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat menggunakan bauran pemasaran dengan elemen 4P (produk, tempat, harga dan promosi) yang dapat meningkatkan efektivitas penjualan. Artikel ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan efektivitas penjualan obat OTC di perusahaan farmasi di berbagai daerah yang diteliti sejak tahun 2018-2022. Pencarian artikel yang dilakukan menggunakan database Garuda dan Google Scholar dengan kata kunci “bauran pemasaran obat OTC” dan “efektivitas penjualan” dengan pendekatan kualitatif. Didapatkan delapan artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Delapan artikel yang direview, meliputi penelitian di berbagai daerah seperti Cikarang, Bandung, Semarang dan Jakarta. Strategi bauran pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan yaitu menggunakan strategi promosi. Aktivitas promosi yang dilakukan perusahaan yaitu mulai dari pengiklanan melalui sosial media dan browsur atau pamflet, serta pemberian potongan harga. Strategi promosi yang dilakukan perusahaan memberikan pengaruh paling besar untuk meningkatkan efektivitas obat OTC karena strategi tersebut menjadi peluang dan mempermudah pelanggan untuk mengetahui obat yang dijual oleh perusahaan

Keywords


Bauran Pemasaran Obat OTC: Efektivias Penjualan



References

Rifki M, Mazaya M. The Relationship of The Marketing Mix to Customer Loyalty in DetailBOX Autodetailing Center. PROPAGANDA. 2022;2(1):110-120. doi:10.37010/prop.v2i1.586

Setyaningsih F. ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP

PENINGKATAN PELANGGAN PADA LEMBAGA RAFI BIMBEL TANGERANG.

JMB J Manaj Dan Bisnis. 2021;10(1). doi:10.31000/jmb.v10i1.4233

Ahmad RS, Harnani N, Setiadiiwiba L. Peningkatan Volume Penjualan Pada

UMKM Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Sosial. 2020;22 (2):172-180. doi:10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.93219

Article Metrics

Abstract views : 57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.