TINDAKAN APOTEKER PADA RESEP OBAT PASIEN JKN RAWAT JALAN DI RSUD dr KANUJOSO DJATIWIBOWO BALIKPAPAN

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i2.85940

Mokhamad Haryadi Saputro(1), Dwi Endarti(2), Anna Wahyuni Widayanti, MPH., Apt., Ph.D.(3*)

(1) 1) Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Department of Pharmaceutics, Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada
(3) Department of Pharmaceutics, Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) telah mengubah 180 derajat wajah pelayanan kefarmasian di Indonesia. Perubahan tersebut, menempatkan apoteker praktik klinis sebagai tenaga kesehatan yang berperan dalam upaya kendali mutu dan kendali biaya terhadap pelayanan kesehatan pasien. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan pentingnya tindakan yang dilakukan apoteker pada resep obat pasien JKN rawat jalan di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah resep pasien JKN rawat jalan di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan periode januari – juni 2022. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2.084 lembar resep yang dilakukan telaah dan tindakan oleh apoteker, dengan rata - rata resep yang dilakukan tindakan setiap bulannya sebanyak 347 lembar resep. Jenis tindakan yang paling banyak dilakukan adalah obat tidak diberikan karena tidak sesuai tanggal. Ini terjadi karena pasien datang sebelum tanggal yang seharusnya untuk mendapatkan obat, sementara BPJS Kesehatan mengatur bahwa pasien kronis mendapatkan obat untuk 30 hari kedepan. Kesimpulan : Telaah resep dan tindakan yang dilakukan oleh apoteker pada resep pasien JKN rawat jalan sangat penting dilakukan untuk mengurangi resiko kesalahan pemberian obat, resiko klinis, serta resiko manajerial dan finansial.

Keywords


Resep JKN rawat jalan, Telaah resep; Tindakan apoteker

Full Text:

PDF


References

Menkes RI. Surat Edaran Nomor: HK/MENKES/32/I/2014 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.; 2014.

Nurmiwiyati N, Oktrivina DS A, Aritonang M, Kosasih K. Pengaruh Ketersediaan Obat dan Kualitas Pelayanan Farmasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan (Studi pada Rumah Sakit Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Cipondoh, Tangerang). J Surya Medika. 2020;6(1):32-38. doi:10.33084/jsm.v6i1.1474

Gunawan CA, Pribadi F, Risdiana I. Analisis Efisiensi Biaya Obat Setelah Dilakukan Telaah Resep Dan Intervensi Apoteker Dalam Pelayanan Farmasi Pasien JKN Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Published online 2017:10.

Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang : Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.; 2016.

Evita F. Ketidakpatuhan Pengkajian Resep pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit X Jakarta. Published online 2019.

Puspita MM, Ulfa AM. Waktu Tunggu Pelayanan Resep BPJS Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSIA Anugrah Medical Centre Metro. 2018;1(2).

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Rev. VI, Cet. 14. Rineka Cipta; 2011.

Patanduk DW, Maidin HMA, Arifah N. Gambaran Pelayanan Kefarmasian Dan Penggunaan Obat Berdasarkan Pedoman SNARS Edis 1.1 DI RS Elim Rantepao: Description of Pharmaceutical Services and Drug Use Based on the SNARS Guidelines Edition 1.1 at Elim Rantepao Hospital. HJPH. 2021;2(2):185-199. doi:10.30597/hjph.v2i2.24534

Idris F. BPJS Kesehatan Perkuat Komitmen Perbaikan Layanan. 82nd ed. Media BPJS Kesehatan; 2020.

Amalia T, Nisa NS. Kesesuaian Peresepan Obat Pasien Kronis BPJS Rawat Jalan Poliklinik Penyakit Dalam Terhadap Formularium Rumah Sakit Dengan Formularium Nasional Di Rumah Sakit X. 2020;1(2).

Yuniarti E, Handayani TM. Analisi Biaya Terapi Penyakit Diabetes Melitus Pasien Jaminan Kesehatan Nasioanl DI RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Perbandingan Terhadap Tarif INA CBG’s. Published online 2015.

Astuti NK, Kundarto W. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. J Pharm Sci Clin Res. 2018;3(2):84. doi:10.20961/jpscr.v3i2.22162

Bastaman K, Pathony T. Kualitas Pelayanan Obat BPJS di Apotek Rawat Jalan RSUD Kelas B Kabupaten Subang. wbaj. Published online December 6, 2020. doi:10.37950/wbaj.v2i2.940



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i2.85940

Article Metrics

Abstract views : 450 | views : 1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.