Analisis Manajemen Pendukung dalam Pengelolaan Obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v19i3.84296

Nanang Munif Yasin(1*), Angela Flora Stephanie Lawalata(2), Satibi satibi(3)

(1) Faculty of Pharmacy UGM
(2) Fakultas Farmasi UGM
(3) Fakultas Farmasi UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Management Support diperlukan dalam menunjang kegiatan pengelolaan obat dari tahap seleksi obat, perencanaan obat, permintaan dan penerimaan obat, penyimpanan obat, pendistribusian obat, pengendalian obat, pencatatan, pelaporan, pengarsipan, pemantauan dan evaluasi pengelolaan obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis gambaran Management Support dalam pengelolaan obat yang meliputi organisasi, sumber daya manusia, anggaran dan Sistem Manajemen Informasi yang mempengaruhi proses pengelolaan obat sebagai bentuk evaluasi dan pengembangan kebijakan dalam pengelolaan obat. Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif, data di kumpulkan melalui penelusuran data pengelolaan obat tahun 2020-2021, observasi dan wawancara mendalam menggunakan lembar checklist dan pedoman wawancara yang telah divalidasi oleh expert judgement, data dianalisis secara content analysis. Berdasarkan hasil penelitian organisasi di Dinas Kesehatan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur No. 56 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata kerja Dinas Kabupaten Kolaka Timur, Anggaran pengelolaan obat bersumber dari dana DAK dan DAU namun pemanfaatannya masih terbatas, SDM di Instalasi Farmasi sudah cukup namun terbatas pada staf perencanaan dan pengadaan, pengelolaan obat memanfaatkan SIM dari Perencanaan hingga pendistribusian obat namun masih terbatas oleh sarana-prasarana, dari hasil penelitian pengelolaan obat belum berjalan optimal karena Management Support di Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur belum sepenuhnya dengan baik

Keywords


Dinas Kesehatan; kolaka timur; manajemen support; pengelolaan obat

Full Text:

PDF


References

Aisah, N., Satibi, Suryawati, S., n.d. Evaluasi Pengelolaan Obat pada Tahap Perencanaan dan Pengadaan di Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Majalah Farmaseutik Vol. 16 No. 1: 34-42.

Boku, Y., Satibi, Yasin, N.M., n.d. Evaluasi Perencanaan dan Distribusi Obat Program di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. JMPF Vol. 9 No. 2 : 88-100.

Bupati Kolaka Timur. 2016. Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur No. 56 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata kerja Dinas Kabupaten Kolaka Timur.

Bupati Kolaka Timur. 2017.Peraturan Bupati Kolaka Timur Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur. Kolaka Timur.

Depkes RI. 2009. Undang Undang RI Nomor 51 Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Hia, A.K., 2013. Evaluasi Pengelolaan Obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat Tahun 2010,2011 & 2012 (Thesis). Gadjah Mada, Yogyakarta.

Itsnayain, A.S., 2020. Pengaruh Intervensi Pelatihan Menggunakan Buku Indikator Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Terhadap Pengelolaan Obat dan Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas Kota Mataram (Thesis). Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kemenkes RI, 2010. Materi Pelatihan Manajemen Kefarmasian di Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota.

Nesi, G., Kristin, E., n.d. EVALUASI PERENCANAAN DAN PENGADAAN OBAT DI INSTALASI FARMASI RSUD KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA.

Panut, I., n.d. Evaluasi Pengelolaan Obat Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua (Thesis). Gadjah Mada, Yogyakarta.

Presiden RI. 2007. Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Pemerintahan Daerah Provinsi Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kota.

Presiden RI. 2014. Undang-undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Presiden RI. 2019. Permenkes No. 971/Menkes/PER/XI/2019 tentang standar kompetensi pejabat struktural kesehatan.

Satibi, Prasetyo, S. dwi prasetyo, Rokhman, M.R., Aditama, H., n.d. Penilaian Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Gadjah Mada University Press.

SDMK, K.Ti., 2022. Profil SDM Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur, Kolaka Timur.

Ubit, T.M.U., 2015. Analisis Pengelolaan Obat pada Era Jaminan Kesehatan Nasional Di Instalasi Farmasi Kota Banda Aceh dan Instalasi Farmasi Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh (Thesis). Gadjah Mada, Yogyakarta.

Wahyudi, S., Suryawati, S., 2013. Evaluasi penyimpanan dan distribusi obat di Instalasi Famasi Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong (Thesis). Gadjah Mada, Yogyakarta.

Yuniarti, F.D., Satibi, S., Andayani, T.M., 2021. Evaluasi Management Support pada Pengelolaan Obat di RSUD Kabupaten Ngawi. Majalah Farmaseutik 17, 69. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v17i1.52157



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v19i3.84296

Article Metrics

Abstract views : 34 | views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.