Faktor Penyebab Ketidakpatuhan terhadap Peraturan Pangan: Studi Kualitatif pada Distributor Pangan Olahan di Kota Gorontalo

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i3.65455

Lyna Nurhayati(1), Satibi Satibi(2*), Sumarni Sumarni(3)

(1) Magister Manajemen Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Kedokteran dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepatuhan pelaku usaha terhadap peraturan pangan penting dalam menjamin keamanan produk yang diproduksi atau diedarkannya. Tujuan penelitian ini adalah menggali faktor-faktor penyebab ketidakpatuhan pelaku usaha distributor pangan olahan terhadap peraturan di bidang pangan di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam yang direkam dengan alat perekam. Responden utama adalah pelaku usaha yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan jenis sarana dan jenis pelanggarannya. Jenis sarana distribusi yang terwakili yaitu kios, toko, toko berantai dan distributor besar pangan olahan. Jumlah responden utama yang diwawancarai berjumlah 12 responden, terdiri dari 5 responden utama dan 7 responden konfirmasi (tiap sarana 1 responden utama kecuali sarana 1 sebanyak 2 responden utama). Hasil wawancara responden utama ditranskrip untuk kemudian dianalisis.  Proses analisis meliputi penentuan pernyataan responden utama yang dianggap menjawab pertanyaan penelitian, konfirmasi pernyataan tersebut ke responden konfirmasi, coding, penentuan subkategori dan kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan ketidakpatuhan pelaku usaha terhadap peraturan di bidang pangan. Faktor penyebab tersebut adalah kurangnya pengetahuan pelaku usaha terhadap peraturan, faktor keuangan yang berasal dari tingginya permintaan konsumen terhadap praktek yang dilarang, serta faktor ketidakpedulian yang dikarenakan perilaku malas dan kesibukan pada pekerjaan lain.


Keywords


Pelaku Usaha; Peraturan Pangan; Kurangnya pengetahuan; Faktor Keuangan; Ketidakpedulian

Full Text:

PDF


References

Ariyani, H., 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Pada Pengobatan Penderita Tuberkulosis Paru Di Puskesmas Pekauman Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 03: 7.

Badan POM, 2017. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 27 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.

Badan POM, 2018. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.

Badan POM, 2019. 'Laporan Tahunan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2018', . Badan Pengawas Obat dan Makanan, Jakarta.

Balai POM di Gorontalo, 2020. 'Laporan Kinerja Balai Pengawas Obat dan Makanan di Gorontalo Tahun 2019', . Balai POM di Gorontalo, Gorontalo.

Erwin, R.R., Machmud, R., dan Utama, B.I., 2017. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Kepatuhan dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang Tahun 2013 6.

Fadilla, A., 2019. Perlindungan Konsumen terhadap Produk Mie Kuning yang Menggunakan Formalin Dan Boraks 3: 13.

Ibrahim, M., Zainuddin, M., dan Surusa, F.E.P., 2019. Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pendampingan Pembuatan Nama Produk, Kemasan dan Perizinan Usaha Dodol Desa Reksonegoro Kabupaten Gorontalo. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 3: 29–35.

Kadriah, A., 2018. Produk Hukum Sertifikasi Hygiene Sanitasi Usaha Berbasis Industri Rumah Tangga sebagai Upaya Peningkatan Nilai Usaha (Ditinjau dari Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen). RECHTSREGEL Jurnal Ilmu Hukum, 1: .

Kurniawan, Y.A., Sanubari, T.P.E., dan Puspita, D., 2018. Evaluasi Personal Hygiene Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah di Salatiga 1: 9.

Lukman, A.S. dan Kusnandar, F., 2015. Keamanan Pangan untuk Semua. Jurnal Mutu Pangan, 2: 152–156.

Lutfiah, A.N., 2015. 'Kesadaran Hukum Pengusaha Rumah Makan Muslim Di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali Terhadap Undang-Undang No 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal', . Jurusan Hukum Bisnis Syari’ah Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Macarthur, R.L., 2007. 'Compliance with Food Safety Measures by Traditional Cateters in the Cape Coast Municipality', . Department Geography and Tourism, Faculty of Social Sciences, University of Cape Coast, Cape Coast, Ghana.

Maulidia, R., 2009. Problem Malas Belajar pada Remaja. At-Ta’dib Jurnal of Pesantren Education, 4: 16.

Mayani, S., 2018. Perlindungan Konsumen atas Produk Pangan Impor yang tidak mencantumkan Label Berbahasa Indonesia yang Dijual di Toko. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Kenegaraan, 2: 11.

Nasution, M.L., 2020. 'Kepatuhan Hukum Pelaku Usaha Makanan Tradisional terhadap Pemenuhan Standar Kesehatan di Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal', . Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Niven, N., 2002. Psikologi Kesehatan Pengantar Untuk Perawat & Profesional Kesehatan Lain. EGC, Jakarta, Indonesia.

On, S.L.W. dan Rahayu, W.P., 2017. Estimates for the burden and costs of foodborne diarrhoeal illness in Indonesia. Asia-Pacific Journal of Food Safety and Security, 3: 14.

Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan, 2019.

Powell, D.A., Erdozain, S., Dodd, C., Costa, R., Morley, K., dan Chapman, B.J., 2013. Audits and inspections are never enough: A critique to enhance food safety. Food Control, 30: 686–691.

Rahayu, W.P., 2018. Keamanan Pangan: Peduli Kita Bersama, 1st ed. PT. Penerbit IPB Press, Bogor, Indonesia.

Saputra, Y.I., 2014. 'Analisa Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Earning Per Share (EPS) (Studi Pada PT Indosat Tbk periode 2003-2012)', . Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, 2012.

Yeni, S., 2011. 'Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Perlindungan Konsumen terkait dengan Pelanggaran Pelabelan Produk Pangan dari Industri Kecil Menengah : Studi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dae', . Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i3.65455

Article Metrics

Abstract views : 698 | views : 605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.