Analisis Proses Pengadaan, Penerimaan dan Penyimpanan dengan Pendekatan Lean Hospital di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.58658

Luthfi Himawan(1), Marchaban Hadimartono(2*), Satibi Satibi(3)

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Instalasi Farmasi jika dikelola dengan baik memberikan pendapatan terbesar terhadap rumah sakit, dan sebaliknya akan menjadi sumber pengeluaran yang besar bagi rumah sakit karena instalasi farmasi menggunakan anggaran terbesar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengambilan data diperoleh melalui wawancara, dokumen pengelolaan obat, standar prosedur operasional dan perhitungan cycle time melalui observasi pada proses pengelolaan obat. Identifikasi waste menggunakan Big Picture Mapping dan Fishbone Diagram digunakan untuk menganalisis sebab dan akibat suatu permasalahan sehingga ditemukan akar permasalahan dari waste kritis yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan persentase value added pada proses pengadaan 48,27%, proses penerimaan 20,5% dan proses penyimpanan 12,83%. Persentase necessarry but non value added pada proses pengadaan yaitu 51,72%, proses penerimaan 59% dan proses penyimpanan 5,3%. sedangkan non value added pada proses pengadaan yaitu 0,005%, proses penerimaan 20,5% dan proses penyimpanan 81,87%. Proses pengadaan, penerimaan dan penyimpanan dapat diidentifikasi dengan lean thinking, waste yang banyak terjadi diantaranya waste of overproduction, waste of waiting, waste of defect, waste of motion, waste of transportation., akar masalah sebagian besar terjadi pada pihak distributor/kurir, jika dibiarkan akan berdampak pada kekosongan obat pada pasien. Rumah sakit masih dapat melakukan perbaikan misalnya pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.


Keywords


Pengadaan Obat; Penerimaan Obat; Penyimpanan Obat; Big Picture Mapping; Lean Hospital

Full Text:

PDF


References

Graban, M., 2011. Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement, Second Edition, 2 edition. ed. Productivity Press, New York. Jackson, J., L, R., dan Mathis, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta. Novianti, 2017. 'Analisis Proses Pengelolaan Obat RSUD di Jawa Timur dengan Pendekatan Lean Hospital', . Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Pretty Kristianti Dewi, 2015. Analisis Alur Proses Penerimaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit “X” Tahun 2015 dengan Pendekatan Lean Hospital. Putri Rizkia, 2019. 'Analisis Proses Pengelolaan Obat di Rumah Sakit Khusus Bedah An Nur dengan Pendekatan Lean Hospital', . Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Satibi, 2015. Manajemen Obat Di Rumah Sakit. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). CV. Alfabeta, Bandung.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.58658

Article Metrics

Abstract views : 724 | views : 1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.