Kesiapsiagaan Tenaga Farmasi di Pusat Kesehatan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana: Studi Kualitatif pada Daerah dengan Potensi Bencana Alam di Gunung Kidul

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.53850

Kiki Yuli Handayani(1*), Chairun Wiedyaningsih(2), Satibi Satibi(3)

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Gunung Kidul adalah Kabupaten dengan potensi bencana alam longsor dan banjir yang frekuensi kejadiannya tinggi. Tenaga farmasi berperan untuk menjamin ketersediaan obat dan perbekalan kesehatan sebagai upaya kesiapsiagaan pada tahapan pra bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapsiagaan tenaga farmasi di Puskesmas sebagai upaya dalam penanggulangan bencana. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara kepada 15 tenaga farmasi dari 8 Puskesmas di Kabupaten Gunung Kidul. Observasi juga dilakukan menggunakan lembar checklist parameter pendukung kesiapsiagaan yang dapat disiapkan oleh tenaga farmasi sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Pertanyaan wawancara dan lembar checklist terdiri dari 4 domain utama, yaitu domain pengorganisasian, domain Sumber Daya Manusia (SDM), domain obat dan perbekalan kesehatan dan domain perencanaan kesiapsiagaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kefarmasian di 8 Puskesmas secara keseluruhan belum memiliki arsip dari parameter-parameter pendukung kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana baik pada domain pengorganisasian, domain SDM, domain obat dan perbekalan kesehatan serta domain perencanaan kesiapsiagaan. Tenaga farmasi di Puskesmas perlu mendapatkan pelatihan/simulasi/gladi baik tentang manajemen kebencanaan maupun manajemen obat dalam penanggulangan bencana sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi serta kesiapsiagaan tenaga farmasi di Puskesmas.


Keywords


Kualitatif; Farmasi; Checklist; Bencana

Full Text:

PDF


References

Amri, M.R., Yulianti, G., Yunus, R., Wiguna, S., Adi, A.W., Ichwana, A.N., dkk., 2016, Risiko Bencana Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta. Anam, K., Mutholib, A., Setiyawan, F., Andini, B.A., dan Sefniwati, S., 2018, Kesiapan Institusi Lokal dalam Menghadapi Bencana Tsunami: Studi Kasus Kelurahan Air Manis dan Kelurahan Purus, Kota Padang, Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 6: 15. BPBD, 2017. Dokumentasi Bencana Banjir, Tanah Longsor Dan Angin Kencang di Kabupaten Gunungkidul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Gunungkidul. Dewi, R.N.W., 2010, 'Kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Penanggulangan Masalah Kesehatan Akibat Bencana Banjir di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2010', Thesis, Universitas Indonesia, Jakarta. Dinkes DIY, 2017, Profil Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017, Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Yogyakarta. Faradilla, M., 2018, Peran Tenaga Kefarmasian dalam Penanggulangan Bencana, Pharmaceutical Sciences and Research, 5: 15–17. Farizi, I., Ismail, N., dan Aulia, T.B., 2016, Analisis Kesiapsiagaan UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh dalam Menghadapi Gempa Bumi, Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA), 3: 89. Huriah, T. dan Farida, L.N., 2010, Gambaran Kesiapsiagaan Perawat Puskesmas dalam Manajemen Bencana di Puskesmas Kasihan I Bantul Yogyakarta, Mutiara Medika, 10: 128. Lai, E., 2013, Expanding the Pharmacist’s Role in Public Health. Universal Journal of Public Health, 1: 80. Mamahit, R., 2013, Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai di Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sulawesi Utara, Jurnal EMBA, 1: 944. Menkes RI, 2011, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 059 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Obat dan Perbekalan Kesehatan Pada Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta. Nursaadah, Mulyadi, dan Mudatsir, 2013, Kesiapsiagaan Staf dan Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Jiwa Aceh dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Idea Nursing Journal, 4: 89. Presiden RI, 2007, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta. Putra, H.A., 2018, Studi Kualitatif Kesiapsiagaan Tim Komite Bencana Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul dalam Menghadapi Bencana, Health Sciences and Pharmacy Journal, 2: 11. Watson, K.E., Tippett, V., Singleton, J.A., dan Nissen, L.M., 2019, Disaster Health Management: Do Pharmacists Fit in the Team?, Prehospital and Disaster Medicine, 1–8.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.53850

Article Metrics

Abstract views : 2694 | views : 1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.