Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Berdasarkan Keberadaan Apoteker di Kota Mataram

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v17i2.53832

Aya Shaufia Itsnayain(1*), Satibi Satibi(2), Achmad Fudholi(3)

(1) Magister Manajemen Farmasi, Program Pascasarjana, Program Sudi Ilmu Farmasi, Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Perubahan paradigma pelayanan kefarmasian yang berorientasi kepada pasien menyebabkan pasien menuntut untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Keberadaan Apoteker di Puskesmas sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian sehingga dapat melindungi pasien dari penggunaan obat yang tidak rasional dan dapat memberikan kepuasan terhadap pasien. Penilaian kepuasan pasien merupakan pendekatan untuk mengidentifikasi perubahan kebutuhan, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk menentukan pelayanan yang lebih baik serta meningkatkan kinerja tenaga kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas berdasarkan keberadaan Apoteker di kota Mataram. Subjek penelitian adalah pasien rawat jalan di 11 puskesmas di kota Mataram bulan Juli-Agustus 2019 masing-masing 30 orang. Subjek penelitian harus memenuhi kriteria yaitu bersedia menjadi responden,pernah berkunjung ke Puskesmas >1 kali, berusia >17 tahun. Metode penelitian adalah cross sectional. Penelitian menggunakan kuesioner yang diadopsi dari konsep penelitian kualitas pelayanan Parasuraman dkk dengan metode SERVQUAL yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Perbedaan tingkat kepuasan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas berdasarkan keberadaan Apoteker tidak berbeda signifikan (p=0,264), namun terdapat dimensi yang dinyatakan berbeda signifikan secara statistik yaitu dimensi Tangible (p=0,031) dan Responsiveness (p=0,010).

Keywords


Kepuasan Pasien; Puskesmas; Apoteker

Full Text:

PDF


References

Aspian, K., Robiyanto., Nurmainah., 2019, Keberadaan Tenaga Apoteker dan Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kota Pontianak, Jurnal Sains Farmasi dan Klinis, 06: 8. Chusna, N., Fetriana, T., dan Adawiyah, R., 2018, Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya, Borneo Journal of Pharmacy, 1: 89–92. Faridawaty, L., Ginting, M., dan Purnomo, D.S., 2019, The Level Of Patient Satisfaction To Pharmaceutical Services At Upt Sentosa Baru Health Center Of Medan Perjuangan Sub- District, Jurnal Dunia Farmasi, 3: 9. Hartawan, I.M.P.S., Lesmana, J., dan Putra, I.G.L., 2018, Analisis Kesenjangan Antara Kinerja dan Kepuasan Pasien pada Instalasi Farmasi Puskesmas Pagesangan Tahun 2017, Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 4: 51–63. Hayaza, TH., 2013, Analisa Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 : 10. Kotler, P. dan Keller, K.L., 2007, Marketing Management Edisi 13, Prentice-Hall of India, 138-139. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia., 2019, Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, 33. Larasanty, L.P.F., Cahyadi, M.F., Sudarni, N.M.R., dan Wirasuta, I.M.A.G., 2019, Patient satisfaction with pharmaceutical care services provided at primary-level and secondary-level health facilities in Indonesia’s health coverage system, Journal of Health Research, 33: 80–88. Lee, S., Godwin, O.P., Kim, K., dan Lee, E., 2015, Predictive Factors of Patient Satisfaction with Pharmacy Services in South Korea: A Cross-Sectional Study of National Level Data, Plos One, 10: 3. Nuswantari, M., Donawati, MW., 2013, Analisis Kepuasan Pelayanan Kefarmasian pada Pasien Jamkesma di Puskesmas Ngemplak 1 Sleman, Jurnal Penelitian, 16 :194. Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry, L., 1988, SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, 64: 12–40. Wibowo, M.I.N.A., Kusuma, A.M., Kulsum, U., Diwanti, R.I.A., dan Dewi, R.K., 2016, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Apoteker Puskesmas Di Tiga Kabupaten: Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap Tahun 2015, PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 13: 46-70.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v17i2.53832

Article Metrics

Abstract views : 1018 | views : 1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.