ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI RS. PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PERIODE MARET-MEI 2009



Khairul Ikhsan(1*), Abdul Karim Zulkarnain(2),

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan meningkatnya tuntutan dan harapan konsumen terhadap pelayanan kesehatan, perlu adanya peningkatan pelayanan yang berkualitas oleh pihak penyedia jasa kesehatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 100 pasien. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan uji GAP untuk menggambarkan tingkat kepuasan pasien. Chi-square untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara karakteristik pasien dengan kepuasan pasien, analisi tersebut menggunakan bantuan program SPSS for windows version 13.0.

Hasil uji IKK (tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja) dan uji GAP menunjukkan kinerja yang dilakukan RSU PKU Muhammadiyah bagian instalasi rawat jalan belum memenuhi harapan pasien atas rumah sakit tersebut,dilihat dari nilai GAP sebesar -0.79 dan dari nilai IKK sebesar 0,95. Dari uji Chi-square, memperlihatkan adanya perbedaan signifikan distribusi kepuasan berdasarkan profil (karakteristik), pasien pada dasarnya tetap ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Keywords


Kepuasan; Pelayanan Farmasi; Rawat Jalan

Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 43 | views : 31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by: